tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Cara mudah mengganti domain blogspot.com ke domain TLD (domain sendiri)

2 min read

Cara mengubah domain blogspot dengan domain sendiri – Saat ini blog tedieka telah resmi berubah sejak tanggal 9 juni yang lalu menjadi www.tedieka.com. Telah banyak suka duka sebagai blogger baik pahit dan asin yang telah dilewati. Tentunya ada beberapa alasan kenapa saya mengubah domain ini yang semula blogspot dot com ke domain sendiri ( TLD/ top level domain).

Apakah wajib punya domain sendiri??

Jawabannya terserah kamu..

Blog tidak harus punya domain sendiri yang jelas ada beberapa kelebihan apabila kamu menggunakan domain sendiri di bandingkan dengan menggunkan subdomain blogspot.

Apa saja kelebihannya??

Apabila kamu menggunakan domain sendri :

  • Alamat blog jadi singkat sehingga mudah diingat
  • Lebih terlihat proffesional
  • Menggunakan domain sendiri lebih terlihat keseriusan kamu dalam membangun sebuah blog
  • Bisa dipindahkan ke wordpress tanpa kehilangan pangunjung apabila suatu saat anda berminat pindah ke wodrpress.
  • Pernah baca juga di suatu blog, mengatakan bahwa tongkrongan blog dengan domain sendiri lebih kuat di mesin pencari dibandingkan dengan menggunakan subdomain blog gratisan.

Jadi silahkan pertimbangkan menurut kamu baik yang mana..:)

Untuk melakukan penggantian dari domain blogspot ke domain sendiri caranya juga mudah kok. Berikut caranya:

#1 Mendaftarkan nama domain

Langkah pertama adalah mendaftarkan nama domain. Saya sarankan menggunakan niagahoster karena selain murah juga terbukti kualitasnya. Tapi itu terserah kamu mau daftar dimana. Pilih penyedia layanan domain dan hosting yang memang benar-benar terpercaya.

Gimana cara daftarnya domainnya??

1. Silahkan kunjungi halaman https://www.niagahoster.co.id/

2. Silahkan masukkan nama domain blog yang ingin kamu buat dan jenis domainnya (dot com, dot net, dot ac.id, dot org dll).

3. Apabila domain yang kamu pesan tersedia selanjutnya silhkan klik tombol selanjutnya.

4. Selanjutnya pilih order tanpa hosting, kalau  ada pop up muncul klik selanjutnya saja.

5. Klik selanjutnya lagi. setelah itu kamu akan disuguhi menu checkout. Silahkan daftar akun baru terlebih dahulu untuk bisa login di niagahoster.

6. Isi semua biodata yang di sediakan, pilih metode pembayaran yang paling mudah menurut kamu. Apabila telah selesai silahkan pilih checkout sekarang.

7. Silahkan lakukan pembayaran tagihan dan konfirmasi pembayarannya. tunggu sampai muncul email balasan bahwa pembayaran telah diterima.

#2 Tahap penggantian blogspot.com dengan domain sendiri

Berikut caranya:

1. Silahkan login ke akun blogger, masuk ke setelan

2. Isikan pada alamat blog dengan alamat blog domain yang baru di buat

3. Apabila pada saat proses simpan terjadi error (apapun itu) jangan panik biarkan saja seperti itu.

4. Masuk ke https://www.niagahoster.co.id, pilih member area. Silahkan login dengan akun yang telah kamu buat sebelumnya, pilih produk & layanan, dan klik kelola.

5. Klik DNS Management, kemudian klik Add New Record

Kita akan menginput 4 tipe IP blogspot dan 2 buah kode Cname record. Isi Record Type dengan nama “A Record”, Host di isi dengan “@”, TTL biarkan default “14400” sementara Value di isi dengan beberapa IP blogspot berikut ini, yang di masukan satu persatu :

“216.239.32.21”
“216.239.34.21”
“216.239.36.21”
“216.239.38.21”

Ingat kamu harus 4 kali isinya menggunakan IP diatas!

Selanjutnya yaitu input CNAME record sebanyak 2kali. klik Add New Record lagi kemudian pada record type pilih Cname, selanjutnya untuk value dan host silahkan perhatikan baik-baik gambar di bawah ini.

6. Setelah DNS Record dan Cname selesai selanjutnya adalah nameserver, pada menu nameserver pastikan bahwa nameserver domain yang kita miliki sudah ter set seperti berikut:

Gunakan Nameserver berikut jika Anda ingin menggunakan DNS Management :

clie398657.mars.orderbox-dns.com
clie398657.earth.orderbox-dns.com
clie398657.venus.orderbox-dns.com
clie398657.mercury.orderbox-dns.com

#3 Finising

Silahkan kamu kembali setelan blogger, kemudian simpan setelan yang di ubah ke pihak ketiga tadi. Apabila masih menemukan notifikasi Error 12 maupun pesan kesalahan sejenisnya, silahkan tunggu proses pointing karena terkadang membutuhkan waktu hingga 1×24 jam.

TAMBAHAN

Apabila setelah kamu ganti domain dan ketika akses dengan menulis domain.com di browser muncul error 404. Kamu gak usah panik hanya ada satu kesalahan saja yang perlu kamu perbaiki. itu juga yang terjadi pada blog saya ini setelah saya baru selesai ganti domain.

Cara memperbaikinya adalah:

>Masuk ke blogger.com > setelan dasar > lihat bagian alamat blog > klik edit > centang bagian alihkan domain.com ke www.domain.com

Masalah beres..:)

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Cara Kompres File Gambar Postingan Blog Hingga 70% Mudah…

Gambar merupakan salah satu sumber byte terbesar yang didownload dalam sebuah halaman web. Dengan mengoptimalkannya kita bisa menghemat banyak byte dan mempercepat perenderan konten pada...
tedieka
1 min read

Gunakan Format Video (WebM/MPEG4) untuk Konten Animasi GIF Agar…

“GIF cenderung besar tidak efisien untuk mengirimkan konten animasi. Pertimbangkan menggunakan video MPEG4/WebM untuk animasi dan PNG/WebP untuk gambar statis”. Kira-kira seperti itulah bunyi...
tedieka
3 min read

Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Berkualitas dengan Harga…

Hosting Berkualitas dengan harga PAS adalah tipe hosting yang dicari-cari oleh kebanyakan para blogger di Indonesia. Pasalnya kebanyakan hosting yang bagus pasti hosting luar negeri...
tedieka
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *