Cara Mengosongkan Google Drive yang Hampir Penuh

Cara mengosongkan google drive sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu menghapus beberapa file yang tersimpan di dalamnya. Namun terkadang bagi orang awam, banyak yang tidak tahu file apa saja sebenarnya yang membuat google drive penuh. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menuliskan tentang panduan cara mengatasi google drive penuh.

Google drive adalah salah satu penyimpanan cloud yang menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB kepada setiap penggunanya. Layanan ini merupakan layanan dari google yang penyimpanannya biasa dibagi-bagi dengan aplikasi layanan google lainnya. Misal layanan seperti gmail dan google photo (mulai juni 2019 google drive tidak terintegrasi otomatis dengan google photo).

Penyimpanan google drive menurut saya memang paling bagus di antara beberapa layanan cloud gratis lainnya.

Apakah tidak ada layanan penyimpanan cloud gratis yang lebih besar dari google drive? Banyak!

Tapi penyimpanan cloud yang cepat dan bisa terintegrasi dengan baik merupakan satu-satunya alasan google drive diminati banyak orang. Contoh sederhananya saja integrasi aplikasi di Android. Kita bisa dengan mudah melakukan backup maupun upload data melalui ponsel.

Apa yang terjadi jika penyimpanan google drive saya melebihi 15 GB?

Anda tidak bisa lagi melakukan backup atau upload data apapun jika sudah mencapai limit 15 GB. Kecuali Anda melakukan upgrade penyimpanan dengan berlangganan tiap bulan. Biayanya yang paling murah sekitar Rp. 30.000/bulan.

Jika Anda tidak ingin berlangganan bisa diakali dengan membuat akun google drive baru. Atau Anda menghapus sebagaian file tidak penting yang ada di penyimpanan google drive.

Cara mengosongkan google drive

Untuk mengatasi google drive penuh, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka halaman google drive melalui url berikut https://drive.google.com/drive/u/1/quota

2. Url tersebut akan mengarahkan Anda langsung ke daftar file yang menghabiskan penyimpanan seperti gambar berikut.

File di penyimpanan google drive

File tersebut berurut dari yang terbesar (atas) ke yang terkecil (bawah).

3. Hapus file yang sudah tidak penting. Tekan CTRL kemudian klik file untuk memilih lebih dari satu file. Kemudian klik Remove.

membersihkan file di google drive

4. Hapus lagi secara permanen

File di atas memang sudah terhapus tapi belum hilang permanen. Pernah mengalami kejadian google drive penuh padahal kosong tidak ada isinya? Ya, terkadang banyak orang bingung tentang masalah ini. Banyak orang yang ternyata belum tahu kalau file yang dihapus belum benar-benar terhapus.

Oleh karena itu penyimpananannya belum berkurang sama sekali meskipun nampak kosong. Untuk menghapusnya secara permanen klik Trash kemudian pilih filenya dan terakhir klik Delete forever.

cara menghapus permanen file google drive

5. Reload halaman google drive untuk melihat status penyimpanan google drive Anda.

Informasi: Semua file yang tersimpan di google drive (baik file dari google photo maupun lampiran email) akan tampil saat Anda melakukan langkah 1 di atas. Anda tidak perlu lagi membuka google photo karena sejak juni 2019 keduanya memiliki penyimpanan yang berbeda.

Itulah cara mengosongkan google drive yang hampir penuh. Anda juga bisa membedakan akun google drive khusus untuk file backup dan file lainnya agar tidak cepat penuh. Silahkan tambahkan akun lain melalui aplikasi google drive di ponsel Anda. Karena kita bisa menambahkan banyak akun google drive di satu perangkat yang sama.

Bagikan:

Leave a Comment