tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Cara Mengunci Flashdisk atau Hardisk Eksternal Tanpa Software (Mudah)

1 min read

Mengunci FD maupun Hardisk

Cara mengunci flashdisk, hardisk eksternal maupun memori lainnya sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul cara memberikan password file atau folder di windows 10. Cara ini lah yang saya gunakan untuk mengunci semua file yang saya letakkan di hardisk eksternal. Sehingga jika sewaktu-waktu hardisk hilang data masih tetap aman. Kelebihan dari cara ini adalah tanpa bantuan software, jadi kita hanya memanfaatkan tools yang sudah disediakan oleh windows. Terkesan lebih mudah kan?

Namun perlu dijadikan catatan bahwa cara ini hanya bisa kamu terapkan jika menggunakan OS windows 10. Karena hanya windows 10 yang sudah support dengan metode ini. Metodenya yaitu memanfaatkan tools bitlocker yang ada di windows 10.

Ralat: Sepertinya Bitlocker sudah ada sejak versi windows 7. Hanya saja mungkin caranya agak sedikit berbeda dengan artikel ini.

Cara Mengunci Flashdisk dan Memori Eksternal

1. Silahkan masukkan hardisk eksternal atau fdmu di laptop yang sudah terinstall windows 10.

2. Buka windows explorer, klik kanan pada memori tersebut dan pilih turn on BitLocker.

3. Centang pada bagian use password to unlock the drive, isikan passwordnya dan klik Next.

Bitlocker

4. Silahkan pilih save to a file kemudian pilih lokasinya dan jika sudah, klik Next.

5.  Sesuaikan pilihan seperti gambar berikut. Untuk penjelasannya silahkan baca pada link artikel yang saya berikan di atas. Kemudian klik Next lagi.

Metode enkripsi bitlocker

6. Selanjutnya pada Choose which encryption mode to use pilih Compatible mode. Kemudian klik Next.

Pilih metode enkripsi

7. Terakhir silahkan klik Start encrypting. Tunggu hingga proses selesai!

Sekarang fd atau hardisk eksternalmu sudah terpassword. Untuk mencobanya silahkan colokkan di laptop lain atau restart laptop yang kamu gunakan dan colokkan ulang memorinya.

Kemudian bagaimana caranya kita membuka memori hardisk atau FD yang dipassword tadi?

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu klik dua kali pada fd atau hardisk eksternalnya, seperti layaknya membuka hardisk biasa. Kemudian akan muncul popup yang memerintahkan untuk memasukkan password. Silahkan masukkan password yang barusan kamu buat tadi kemudian klik Unlock.

Kalau seandainya saya ingin mengganti password memorinya apakah bisa?

Bisa saja! Kamu bisa menggantinya dengan mudah. Caranya kamu harus terlebih dahulu membuka (unlock) memori tersebut. Setelah memori fd atau hardisk dalam keadaan terbuka, klik kanan pada partisinya kemudian pilih Manage Bitlocker. Setelah terbuka silahkan pilih Change password!

Mengubah password Bitlocker

Oiya, disini kita tidak hanya bisa mengganti password tapi juga bisa menonaktifkan fitur bitlocker ini.

Kemudian seandainya saya lupa passwordnya gimana?

Jika kamu lupa terhadap password yang kamu buat, kamu hanya perlu membuka recovery keynya. Oleh karena itu wajib hukumnya untuk menyimpan baik-baik bitlocker recovery keynya, supaya kalau lupa password bisa dipulihkan. Cara menggunakan recovery keynya yaitu dengan klik 2x pada partisi yang terkunci, dan klik pada More option.

Recovery key bitlocker

Kemudian klik pada Enter recovery key. Masukkan 48 digit kodenya untuk membuka kuncinya.

Gimana simpel dan mudahkan caranya? Itulah cara mengunci flashdisk atau hardisk eksternal secara aman dengan password.

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *