Cara Translate Aksara Jawa ke Indonesia

Cara translate aksara jawa saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Sebenarnya kata yang tepat bukan translate melainkan hanya pengalih aksara saja. Karena sampai saat ini belum ada aplikasi yang bisa translate secara langsung. Kebanyakan mereka hanya mengalih aksara dari aksara jawa ke latin atau sebaliknya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini kebanyakan orang hanya bisa menulis bahasa jawa dalam aksara latin, bukan dalam aksara jawa. Padahal ini merupakan salah satu warisan budaya yang wajib dijaga.

Untungnya sekarang jaman sudah canggih. Kita bisa memanfaatkan kamus atau aplikasi untuk belajar aksara jawa. Mulai dari huruf hanacaraka hingga pasangan semuanya bisa kita pelajari.

Cara translate aksara jawa ke indonesia

Untuk bisa translate aksara jawa ke bahasa Indonesia, kita harus terlebih dahulu mengubah aksaranya ke latin. Setelah itu barulah kita bisa menerjemahkan artinya ke Indonesia. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mentranslate aksara jawa.

Menggunakan web

Ada beberapa web yang bisa digunakan untuk translate aksara jawa ke latin. Semuanya bisa Anda gunakan secara gratis. Namun disini saya hanya merekomendasikan web mas Benny Lin. Karena memang asalnya pengembangan tool transliterasi aksara jawa ini dari Mas Benny.

Baca juga: cara translate pdf bahasa inggris.

Untuk cara translatenya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi halaman Bennylin.
    Akan ada dua form yang bisa Anda gunakan. Form pertama (bagian atas) untuk translate latin ke aksara jawa. Kemudian yang kedua (bagian bawah) untuk translate sebaliknya yaitu dari aksara jawa ke latin.
  • Sebagai contoh saya akan translate kata “web tedieka” ke aksara jawa. Maka saya akan mengetikkan kata tersebut pada form pertama. Hasilnya akan tampil pada bagian pratayang seperti gambar berikut:
    translate latin ke aksara jawa
  • Sedangkan untuk translate dari aksara jawa ke latin silahkan gunakan form yang kedua. Caranya sama yaitu dengan menuliskan manual atau dengan cara copy aksaranya kemudian paste ke form yang disediakan. Terakhir klik Transliterasi jawa > latin untuk lihat hasilnya.
    translate aksara jawa ke latin

Pada web ini Anda juga bisa mengatur parameter transliterasinya, apakah menggunakan murda, diftong, spasi dll. Semuanya sudah ada penjelasannya di sana.

Menggunakan aplikasi Android

Tidak hanya translate menggunakan web, saat ini sudah banyak orang yang mengembangkan aplikasi aksara jawa. Tentu saja acuannya tetap dari program yang dikembangkan mas Benny. Karena memang awalnya dari sana.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk translate aksara jawa.

1. Aplikasi Aksara Jawa

Aplikasi konversi aksara jawa ke latin yang pertama adalah Aksara Jawa. Aplikasi ini dirilis sejak tahun 2016 dan sudah diunduh lebih dari 1 juta kali. Sudah mendukung aksara jawa dan pasangan, aksara murda dan pasangan, aksara swara, aksara rekaan, aksara wilangan serta sandhangan.

Untuk cara menggunakannya mirip dengan google translate, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi Aksara Jawa.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Pilih menu Latin > Aksara Jawa atau Aksara Jawa > Latin (sesuai kebutuhan Anda).
  • Ketikkan tulisan latin yang ingin Anda translate.
    aplikasi aksara jawa
  • Terakhir tekan tombol translate. Maka akan keluar huruf aksara jawanya seperti gambar berikut:
    Cara translate menggunakan aplikasi Aksara Jawa
  • Anda juga bisa menyimpan hasil translate tersebut dalam bentuk gambar atau langsung membagikannya.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak mendukung fitur copy paste. Sehingga jika ingin mengkonversi latin ke aksara jawa Anda harus mengetiknya secara manual.

2. Aplikasi Nulis Aksara Jawa

Aplikasi kedua ini mempunyai fitur untuk konversi dan juga mengetik. Sudah dilengkapi dengan berbagai aksara jawa termasuk angka. Pertama kali dirilis pada tahun 2014 dan sudah didownload sebanyak 1 juta kali.

Untuk cara penggunaannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Download dan instal aplikasi Nulis Aksara Jawa di Android.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Ketikkan kata latin yang ingin Anda konversi ke aksara jawa. Kemudian klik tombol refresh agar tampil hasil konversinya.
    Translate menggunakan aplikasi Nulis Aksara Jawa
  • Anda bisa mengcopy atau menyimpan hasil translate tersebut untuk dibagikan ke orang lain.

Kekurangan aplikasi ini adalah hanya bisa mengubah huruf latin ke aksara jawa, tidak bisa sebaliknya. Kemudian pastikan juga Anda membaca keterangan cara penggunaan aplikasi ini pada petunjuk di aplikasinya. Karena kemungkinan beberapa hasil konversi akan salah jika tidak memperhatikan aturan tersebut.

Aplikasi pengalih bahasa lain yang bisa Anda gunakan selain di atas adalah Aplikasi Aksara. Aplikasi ini terbilang masih baru karena baru dirilis sekitar tahun 2019. Fiturnya hampir mirip dengan dua aplikasi di atas. Hanya saja di aplikasi ini dilengkapi dengan aksara jawa kuno, jawa modern, sunda, bali, batak, kawi, lontara bugis dan makassar, mbojo dan rejang.

Translate aksara jawa menggunakan kamera

Apakah ada aplikasi yang bisa translate foto?

Sampai saat ini belum ada aplikasi yang mampu mengenali foto aksara jawa melalui kamera. Karena memang agak rumit. Kebanyakan aplikasi saat ini hanya mampu mendeteksi aksara latin saja.

Apabila Anda ingin menggunakan kamera untuk translate tulisan latin ke aksara jawa, saat ini ada satu aplikasi yang mempunyai fitur tersebut. Aplikasi itu adalah Bagaskara yang dikembangkan oleh Prieyudha Akadita S.

Berikut ini cara untuk menggunakan aplikasinya:

  • Download dan install aplikasi Bagaskara.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Klik ikon kamera yang ada di sudut kanan bawah.
  • Ambil foto tulisan yang ingin ditranslate. Pastikan dalam keadaan jelas hasil fotonya.
  • Jika foto sudah jelas, klik OK. maka akan otomatis keluar hasilnya dalam aksara jawa.

Kemungkinan hasil konversi tulisan dalam aksara jawa ada kesalahan. Karena dalam aksara, kita harus menuliskan bunyinya bukan bentuk tulisan. Jadi pastikan Anda mengedit teks latin yang diekstrak dari foto kamera tersebut.

Demikian cara translate aksara jawa ke bahasa indonesia. Untuk translate ke indonesia, saat ini kita harus mengkonversi tulisan aksara ke latin terlebih dahulu. Kemudian barulah menerjemahkan tulisan latin ke bahasa indonesia menggunakan google translate. Karena semua tools di atas belum mampu menerjemahkan, hanya sebatas mengkonversi tulisan saja (transliterasi).

2 pemikiran pada “Cara Translate Aksara Jawa ke Indonesia”

Tinggalkan komentar