Kelebihan dan Kekurangan Adsterra Sebagai Alternatif Adsense: Review Singkat

Bisa menghasilkan uang tentu menjadi keinginan semua orang khususnya seorang blogger. Salah satu cara yang paling diminati kebanyakan blogger adalah melalui platform pengiklan seperti Google Adsense. Platform ini akan menyediakan iklan dan kemudian kita sebagai blogger akan mendaftar sebagai publisher dari iklan mereka.

Lantas apa jadinya jika web yang Anda miliki terus menerus ditolak Adsense? Padahal trafiknya sudah lumayan tinggi? Sangat disayangkan bukan? Padahal dengan trafik sebanyak itu Anda bisa menghasilkan uang yang cukup.

Solusi terbaiknya adalah mencari platform pengiklan lain yang mau membayar trafik Anda, salah satunya adalah Adsterra.

Adsterra adalah platform pengiklan yang sudah ada sejak tahun 2013 dan sistemnya adalah berbasis CPM atau impresi. Dimana Anda akan dibayar berdasarkan total iklan yang tampil dengan nilai CPM tertentu.

Buat Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai jaringan iklan Adsterra, pada artikel ini saya akan mengulas seputar apa saja kelebihan dan kekurangan dari Adsterra ini.

Kelebihan Adsterra

Saya sudah mencoba mendaftar Adsterra baru-baru ini dan berikut beberapa kelebihan yang menurut saya cukup mencolok dari Adsterra.

1. Pendaftaran yang mudah

Pendaftaran di Adsterra sangat mudah bahkan tidak sampai 5 menit akun saya sudah diterima. Ini merupakan kabar baik bagi Anda yang mempunyai blog bertrafik tinggi namun masih ditolak oleh Adsense.

Untuk mendaftar, Anda cukup masuk ke halaman Publisher Adsterra kemudian klik Start Monetizing. Akan tampil form seperti berikut.

Pendaftaran publisher adsterra

Silahkan isi dengan nama dan alamat email Anda, kemudian klik Continue.

Akan tampil form selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi Username, Password, Contact, Pembayaran dan Alamat web. Silahkan isi sesuai data Anda dan klik Complete Registration.

Pendaftaran publisher adsterra tahap ke 2

Setelah itu Anda akan dikirimi tautan verifikasi di email yang digunakan untuk mendaftar. Silahkan klik tautan tersebut > login ke akun Adsterra dan tambahkan lagi alamat web Anda disana.

Tunggu beberapa menit hingga ada email notifikasi approve dari Adsterra.

Anda juga bebas menambahkan web lain agar bisa menambah pendapatan dan prosesnya juga cepat. Jauh lebih cepat dari add site di Google Adsense.

2. Cocok untuk semua jenis trafik

Jika di Google Adsense Anda terkendala dengan aturan yang sangat ketat terkait jenis konten. Di Adsterra semua trafik dari konten apapun mempunyai peluang untuk Anda monetisasi termasuk situs film, game, anime, atau yang lain.

Bahkan trafik aplikasi sosial dan seluler bisa juga dimonetisasi. Cocok buat Anda yang mempunyai banyak pengikut di media sosisal seperi facebook, Instagram, tiktok, atau snapchat. Monetisasi bisa dilakukan melalui pemasaran afiliasi salah satunya yaitu Adsterra smart direct link.

3. Format iklan cukup bervariatif

Cukup banyak juga format iklan yang ditawarkan oleh Adsterra, mulai dari iklan Banner dengan berbagai ukuran, Popunder, Direct Smartlink, Push ads, Native ads, hingga Social Bar.

Format iklan yang ada di Adsterra

Selain itu Adsterra juga memberikan fitur pilihan untuk memblokir iklan yang Anda rasa kurang pantas. Jadi tidak perlu khawatir lagi dengan adanya iklan tidak senonoh. Karena Anda diberikan pilihan untuk memblokirnya dengan mudah.

4. Pembayaran dua minggu sekali

Adsterra memiliki jadwal pembayaran yang menarik yaitu bisa dilakukan dua kali dalam sebulan. Setiap tanggal 1-2 dan 16-17 setiap bulannya kecuali hari libur. Minimum pembayarannya juga rendah mulai dari $5 yang dapat ditarik melalui Paxum dan Webmoney, USDT, dan bitcoin.

Pilihan penarikan melalui wesel juga tersedia, hanya saja minimal penarikan adalah $1000 sedangkan untuk Paypal minimal $100. Minimum pembayaran tergantung dari sistem pembayaran yang Anda pilih.

5. Anti adblock

Adsterra pada halaman webnya mengklaim bahwa mereka mengembangkan fitur Anti Adblock yang dapat meningkatkan pendapatan publisher sebesar 20%. Entah sistemnya seperti apa, saya juga masih belum banyak mendapatkan informasi terkait ini.

6. Support yang mudah

Kelebihan terakhir yang saya rasa sangat menarik dari Adsterra selain kemudahan mendaftarnya adalah adanya dukungan via live chat. Ini merupakan fitur yang jarang ada di platform pengiklan lain, bahkan Adsense sekalipun. Melalui live chat Anda bisa menanyakan terkait kendala yang Anda alami sebagi publisher dan Anda akan mendapatkan response langsung dari mereka.

Kekurangan Adsterra

Sejauh ini saya belum menemukan kekurangan yang berarti dari Adsterra ini. Hanya saja ada beberapa kekurangan kecil yang saya temukan. Seperti fitur pembayaran tidak bisa melalui transfer bank seperti google Adsense. Kemudian juga Adsterra belum mendukung format iklan banner responsive.

Sebenarnya kita bisa mengakali hal ini dengan menggunakan kode media query. Yaitu memasang iklan berdasarkan lebar layar tertentu. Mungkin saja kedepannya Adsterra akan menambahkan iklan banner responsive ke dalam format iklannya (semoga saja).

Leave a Comment