Kenapa Download di Playstore Tertunda? Inilah Penyebabnya

Kenapa Download di Playstore Tertunda? Bagi pengguna Android mengakses Play Store bisa jadi sebuah hal yang biasa dilakukan setiap harinya, karena semua aplikasi yang akan di-download biasanya harus melalui Playstore untuk lebih amannya, dengan playstore kita bisa mengunduh banyak sekali aplikasi yang gratis maupun yang berbayar tanpa harus ragu ataupun takut jika file atau aplikasi itu menjadi virus di HP kita.

Karena setiap aplikasi yang didownload di Play Store sudah diverifikasi oleh Google Play Store sendiri sehingga sudah dipastikan aman. Namun kadangkala terjadi error saat melakukan pengunduhan, seperti unduhan tidak selesai, ataupun terputus secara tiba-tiba.

Atau error lainnya yang biasanya terjadi adalah unduhan aplikasi di playstore tertunda. mungkin anda mengalaminya dan anda bertanya kenapa download di playstore tertunda.

karena hal ini cukup mengganggu bagi Anda yang ingin melakukan download aplikasi ataupun game tertentu di Play Store, terlebih lagi jika aplikasi tersebut sangat penting dan ingin anda gunakan sesegera mungkin.

Error ini sudah bisa diatasi dengan beberapa ha. Berikut beberapa hal cara mengatasi error gagal download atau tertunda download yang bisa jadi solusi bagi Anda yang mencari solusi kenapa download di playstore tertunda.

Kenapa Download di Playstore Tertunda

Kenapa download di playstore tertunda?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika terjadinya download tertunda di Play Store

Periksa pengaturan koneksi internet

Terkadang gagal download di playstore bisa jadi disebabkan oleh koneksi internet yang tidak lancar seperti jaringan internet yang terputus ketika menggunakan jaringan data. Untuk itu pastikan anda mempunyai jaringan yang stabil ketika anda terkoneksi dengan jaringan data, atau Anda bisa menggunakan jaringan Wifi yang cenderung lebih stabil dibandingkan dengan jaringan data seluler.

Jika anda mengalami download di playstore tertunda, maka anda bisa segera beralih ke pengaturan koneksi lainnya yang tersedia di dekat Anda misalnya wi-fi, ataupun jika memungkinkan Anda mendapatkan koneksi tethering dari hp lain.

Bersihkan cache di Play Store

Solusi kenapa download di playstore tertunda adalah masalah cache. Terkadang masalahnya bukan lagi di koneksi internet yang gagal, karena ketika anda sudah memastikan koneksi internet yang lancar dan juga terhubung dengan wi-fi yang kuat. Namun kenapa download di playstore tertunda? Bisa jadi adalah cache di Google Play Store Anda terlalu menumpuk, sehingga perlu dilakukan pembersihan di Google Play Store Anda.

Untuk melakukan pembersihan cache adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah error download tertunda. Anda bisa langsung masuk ke menu pengaturan, cari aplikasi Play Store dan klik tombol hapus cache atau bersihkan cache. Dengan cara tersebut anda sudah melakukan pembersihan cache, dan bisa jadi error dan penyebab kenapa Download di Play Store tertunda bisa segera teratasi.

Pembaruan Play Store

Play Store sendiri biasanya melakukan pembaruan atau update secara berkala, sehingga pastikan aplikasi dari Playstore anda itu memiliki versi terbaru yang tersedia. Karena bisa jadi kesalahan atau penyebab kenapa Download di Play Store tertunda adalah disebabkan oleh Playstore yang harus diperbarui.

Untuk itu periksa versi Playstore anda dan pastikan jika ada update segera melakukan update dari aplikasi Playstore tersebut.

Memori internal penuh

Penyebab lain dari kenapa download di playstore tertunda adalah memori internal yang penuh, karena biar bagaimanapun Playstore akan melihat secara kapasitas dari memori internal anda karena, memori internal akan digunakan sebagai penyimpanan sementara, sebelum Anda menggunakan aplikasi itu di kartu memori anda.

Sehingga pastikan bahwa memori internal Anda tidak penuh, dan jika penuh Anda harus menghapus beberapa aplikasi sehingga aplikasinya Anda download tidak lagi tertunda.

Untuk hp-hp terbaru mungkin ini bukanlah masalah yang menjadi penyebab utama, karena HP versi terbaru memiliki penyimpanan internal yang sangat besar, sehingga bisa dengan mudah anda melakukan download tanpa harus mengalami error tertunda di Play Store.

Namun tidak ada salahnya untuk mengecek kembali penyimpanan dari HP anda karena bisa saja anda tidak menyadari bahwa penyimpanan internal telah penuh, sementara ketika anda melakukan unduhan atau download penyimpanan internal adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Perbarui OS HP

Jika anda pengguna Android Anda bisa langsung mengecek update terbaru dari operating system Android Anda, begitu pula jika anda pengguna iOS, anda harus memiliki iOS dengan versi terbaru yang terinstal di HP anda. Karena update yang tersedia di HP bisa jadi salah satu penyebab gagalnya unduhan di App Store atau Play Store.

Khusus untuk Android ini bisa jadi merupakan penyebab kenapa download di playstore tertunda, karena versi dari Android yang Anda gunakan sekarang mungkin saja tidak cocok dengan versi dari aplikasi yang akan anda download. Untuk itu pastikan versi Android yang ada terinstal di HP anda sekarang adalah versi terbaru.

Mengulang unduhan

Coba untuk mengulang unduhan setelah Anda membersihkan cache, dengan cara membatalkan download sebelumnya atau unduhan sebelumnya dan memulai lagi unduhan yang baru, dengan kondisi cache di playstore sudah dibersihkan.

Dengan cara ini Play Store akan memulai dengan aplikasi yang bersih dari cache, dan kemungkinan besar gagal mendownload tidak akan terjadi lagi.

Anda juga bisa melakukan restart terlebih dahulu HP anda, sehingga bisa dipastikan semua kondisi dimulai dari baru dan juga kondisi dari aplikasi Playstore setelah bersih.

Login kembali

Jika beberapa cara diatas tidak dapat menyelesaikan masalah kenapa download di playstore tertunda, maka yang perlu Anda coba berikutnya adalah untuk melakukan re-login atau login kembali ke akun Playstore anda. Anda juga bisa mencoba untuk login dengan akun lain yang mungkin saja bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah unduhan atau download yang tertunda di Play Store.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah kenapa download di playstore tertunda, jika sudah melakukan beberapa cara diatas namun tetap saja Play Store tidak dapat mendownload dengan baik. Cara lainnya adalah melakukan reset ulang atau reset factory, yang sebenarnya ini adalah hal yang sangat tidak direkomendasikan untuk dilakukan.

Karena jika anda melakukan reset factory anda akan menghapus semua data yang ada di HP anda, tanpa terkecuali. sehingga HP anda akan kembali seperti baru seperti baru keluar dari pabrikan.

Namun sekali lagi ini bukanlah cara yang direkomendasikan untuk dilakukan karena ini akan menghapus data-data Anda yang ada di HP. jika anda tidak menemukan solusi kenapa download di playstore tertunda, Anda bisa melakukan download di HP lain dan melakukan file sharing menggunakan aplikasi file sharing lainnya yang mungkin telah terinstal di HP anda.

Atau Anda juga bisa mencari file-file APK yang tersedia di website lain selain dari Google Play Store, namun tentu saja hal itu mengkhawatairkan, karena file-file apk dari website lain selain dari Google Play Store tidak dapat diverifikasi dengan jelas apakah kode yang ada di aplikasi tersebut masih murni ataukah sudah disisipi virus.

Tinggalkan komentar