Keuntungan Mendaftar di Startup Studio Indonesia (SSI)

Startup Studio Indonesia (SSI) adalah program yang diselenggarakan dan dikelola langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Tujuan dibentuknya program ini adalah untuk memfasilitasi semua startup digital, yang sedang dalam proses mencapai tahapan product-market fit dengan traction yang menjanjikan. Selain itu, tujuan lain dari dibentuknya program ini adalah untuk membantu para startup digital memiliki founder yang potensial.

Dengan memiliki founder yang potensial seperti ini, para pelaku usaha startup dapat lebih mudah untuk menjalankan bisnisnya. Tidak hanya itu, keuntungan ini juga bisa mereka manfaatkan untuk meraih keuntungan yang lebih besar pada bisnisnya. Jadi, tidak akan menjadi hal yang mengherankan jika semakin ada banyak pelaku usaha startup digital yang mendaftar di program ini.

Keuntungan yang ditawarkan dalam Startup Studio Indonesia (SSI)

Ada 2 jenis program yang tersedia di SSI ini, yaitu founder’s camp dan 1-on-1 coaching. Jika founder’s camp itu sendiri adalah rangkaian pembelajaran atau brainstorming dengan para founder startup yang sudah berpengalaman, untuk program 1-on-1 coaching adalah sesi privat yang ditujukan untuk mendapatkan sesi konsultasi dan supervisi eksekusi bersama para founder berpengalaman lainnya.

Umumnya, di dalam program founder’s camp akan dibagikan sebuah diskusi yang berkaitan dengan ilmu praktis untuk mencapai product-market fit bagi para founder yang berkepentingan. Dengan adanya ilmu praktis dalam hal ini, perkembangan skala usaha dapat memperoleh dampak yang lebih positif.

Sementara untuk di dalam program 1-on-1 coaching akan lebih berfokus ke banyak hal sekaligus, seperti product-market fit, market implementation, dan business model. Dengan begitu, para pemilik startup dapat lebih mudah untuk mencari strategi marketing yang sesuai perkembangan teknologi sekarang ini.

Pada dasarnya, kedua jenis program ini sama-sama memiliki keuntungan yang besar bagi para founder startup. Sebagai informasi tambahan, berikut kami sampaikan daftar benefit yang ditawarkan oleh SSI, yaitu:

1. Mendapatkan coaching dan mentoring handal

Dengan mendaftarkan diri ke SSI seperti ini, para founder atau pun pemilik usaha startup dapat memperoleh coaching dan mentoring yang handal. Umumnya, aktivitas coaching dan mentoring ini akan dilakukan secara online selama 3 bulan penuh. Jadi, ilmu yang dimiliki para founder pun bisa selalu bertambah.

2. Akses bimbingan langsung dari pakar produk profesional

Benefit kedua yang ditawarkan oleh SSI adalah akses bimbingan langsung dari pakar produk yang profesional dan berpengalaman. Bahkan, akses bimbingan langsung ini juga akan diikuti oleh pakar tech engineers ternama yang ada di Indonesia. Maka dari itu, pengalaman ini wajib dimiliki oleh setiap founder startup.

3. Mendapatkan kurikulum mentoring yang profesional

Kurikulum mentoring profesional yang bisa didapatkan oleh para founder ini akan berkaitan dengan perkembangan strategi produk, tim, teknologi, dan kemampuan berbisnis yang handal. Beberapa jenis kemampuan ini nantinya dapat membantu para founder untuk siap scale up secara lebih baik lagi.

4. Mendapat dukungan bebas ekuitas dan 17 sesi mentoring

Keuntungan keempat yang bisa diperoleh para founder adalah mendapat dukungan bebas ekuitas serta 17 sesi mentoring atau bahkan lebih. Umumnya, 17 sesi mentoring atau lebih ini akan didapatkan oleh para startup yang berpartisipasi dalam program SSI. Jadi, segera daftarkan bisnis startup Anda ke program ini.

5. Mendapat pengalaman mentoring secara personal dan dukungan teknis profesional

Keuntungan terakhir namun tidak kalah penting dari program ini adalah dapat memperoleh pengalaman mentoring secara personal dan dukungan teknis profesional dari pakar industri. Pengalaman ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis startup Anda. Bahkan, pengalaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari strategi pemasaran produk yang lebih menjanjikan.

Kesimpulan

Dapat dipastikan bahwa Startup Studio Indonesia (SSI) mampu memberikan beragam keuntungan kepada para founder startup Indonesia. Beberapa keuntungan ini tidak hanya bisa didapatkan oleh para founder startup yang sudah berpengalaman saja, tapi para founder startup yang masih pemula juga bisa mendapatkannya.

Tinggalkan komentar