Laptop Lemot Setelah Update Windows 10? Berikut Solusinya!

Pada artikel ini saya akan membahas tentang cara mengatasi laptop windows 10 yang lemot setelah update. Masalah windows 10 lemot setelah update adalah masalah yang biasa. Hal ini biasa terjadi jika kamu mengupgrade windows ke versi yang lebih tinggi. Misalnya dari windows 7 ke windows 8 atau dari windows 8 ke windows 10 dan bahkan dari windows 10 ke versi terbaru juga akan mengalami hal ini. Terkecuali jika laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi kelas high maka masalah windows lambat tidak terjadi.

Kenapa windows 10 lambat setelah update? Apa penyebabnya?

Penyebab windows 10 jadi lambat setelah update adalah:

1. Spesifikasi laptop rendah

Kamu pasti tahu jika semakin baru sebuah sistem operasi maka dari segi ukuran dan spesifikasi yang dibutuhkan tentu akan semakin meningkat. Karena di dalam OS tersebut pasti akan menambahkan berbagai layanan baru seperti halnya windows 10.

Di windows 10 banyak layanan modern yang memerlukan spesifikasi grafik dan processor mumpuni. Jadi pastikan sebelum mengupdate windows, kamu sudah melihat syarat minimum yang dibutuhkan agar windows tidak lambat.

2. Memori local disk c penuh

Selain spesifikasi, penyebab utama dan paling sering membuat windows 10 lambat adalah memori local disk c yang penuh. Ketika kamu mengupdate windows, otomatis windows akan mendownload updatean terbaru dan menyimpan file windows yang lama ke system. Hal ini dimaksudkan supaya kita dapat dengan mudah mengembalikan windows ke kondisi sebelumnya jika terjadi masalah.

Namun hal ini juga akan menghabiskan memori. Buat kamu yang punya memori local disk c sedikit, saya sarankan untuk membuatnya menjadi 100GB. Itu sudah lebih dari cukup menurut pengalaman saya.

Dari dua penyebab di atas, hal yang paling sering menyebabkan windows lambat setelah update adalah memori local disk c yang penuh atau kotor (banyak file sampah menumpuk).

Bagaimana cara mengatasi windows 10 lemot setelah update?

Cara untuk mengatasinya sangat mudah.  Silahkan kosongkan beberapa space pada local disk c dengan menghapus file yang tidak dibutuhkan. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Buka windows pencarian, kemudian ketikkan disk cleanup. Setelah muncul buka disk cleanup tersebut.
  • Kemudian akan muncul dialog select the drive you want to cleanup pilih C dan klik OK.
  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul dialog seperti dibawah ini, pilih cleanup system files.
    disk celanup windows 10
  • Sekarang akan muncul dialog seperti dibawah ini. Jika sudah tidak terdapat tulisan cleanup system files, silahkan checklist semua pilihannya pada files to delete.
    Pilihan file yang akan dihapus
  • Jika sudah, klik OK dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah selesai silahkan restart laptop kamu. Sekarang coba gunakan kembali, apakah masih terasa lambat?

Jika kamu mengikuti cara di atas dengan benar, saya yakin laptop kamu sudah kembali berjalan dengan normal. Namun apabila masih lemot juga, silahkan gunakan cara mudah mengatasi windows 10 yang lemot. Sekian cara mengatasi laptop lemot setelah update windows 10. Semoga ada manfaatnya!

Tinggalkan komentar