Ingin Menulis Artikel Dibayar? Kirim Tulisanmu ke Situs ini

Menulis adalah aktivitas yang sangat menyenangkan terlebih lagi jika menulis artikelnya dibayar. Pasti ini menjadi dambaan bagi setiap penulis freelance. Untungnya sekarang ada situs web yang menerima tulisan artikel dengan komisi hingga ratusan ribu rupiah per artikel. Jadi, daripada hobi menulis Anda mandeg di tengah jalan, mending lanjutkan sampai cuan dan dibaca orang.

Menjual tulisan di internet, sekarang ini sangat mudah. Platform-nya sudah banyak dan para blogger ini rata-rata membayar tulisan dengan harga yang cukup memuaskan. Untuk artikel 800 kata saja Anda dibayar Rp. 100.000 sampai Rp. 250.000 tergantung kualitas dari tulisan yang dibuat.

Nah, kalau ingin mendapatkan penghasilan dari menulis artikel, silakan kirim tulisan Anda ke platform web berikut ini. Jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu lalu buat artikel yang semenarik mungkin. Ini situs web yang dimaksud:

1. Mojok.co

Situs yang membayar mahal tulisan paling populer di internet adalah Mojok Co. Di sini, setiap tulisan yang berhasil di-publish akan mendapatkan bayaran Rp. 100.000 sampai Rp. 250.000. Nominal yang cukup besar apalagi kalau Anda berhasil mem-publish 2-3 artikel setiap hari.

Sekalipun dibayar mahal, tetapi tidak semua jenis artikel bisa dikirimkan ke Mojok co. Pada umumnya, artikel yang diterima adalah artikel jenis sastra seperti cerpen hingga esai ilmiah. Sedangkan konten puisi agak sulit untuk diloloskan admin karena ketertarikan pembaca terhadapnya sangat kecil.

Cara mengirimkan tulisan ke Mojok co sangatlah mudah. Anda tidak perlu mem-publish tulisan di blog tetapi cukup mengetiknya di Microsoft Word. Setelah itu, kirim tulisan tersebut ke email admin untuk dilakukan proses seleksi. Kalau dalam waktu satu bulan artikel tidak juga dimuat, maka berarti Anda harus melakukan revisi dan mengirim ulang.

2. Remotivi.or.id

Kalau Anda suka menulis artikel berita maupun opini yang terkait dengan media, maka silakan bergabung dengan Remotivi.or.id. Ini merupakan platform kepenulisan yang cukup terkenal di Indonesia dan siap membayar mahal untuk satu tulisan yang berhasil dimuat.

Untuk artikel 800 kata, Anda akan mendapatkan bayaran hingga Rp350.000. Dan pencairannya tidak membutuhkan waktu lama, karena admin akan langsung membayar lunas maksimal 5 hari setelah artikel berhasil diposting di website. Sekalipun demikian, untuk tembus di Remotivi cukup sulit karena Anda harus bersaing dengan ratusan penulis yang lain.

Kalau Anda ingin memiliki tulisan yang berhasil muncul di Remotivi, maka buat artikel berita dengan gaya penulisan casual. Artinya, tulisan tidak terkesan menggurui pembaca serta terhindar dari istilah-istilah yang membingungkan. Sedangkan artikel dengan jumlah kata yang banyak lebih berpeluang untuk dimuat daripada artikel yang menggunakan jumlah kata terlalu singkat.

3. Kompas.id

Kompas.id juga memberi kesempatan kepada para penulis yang ingin berkontribusi dengan mengirimkan karya tulis yang berkualitas. Untuk setiap tulisan, pihak Kompas akan memberikan fee Rp100.000 sampai Rp250.000. Bahkan, Kompas akan memberikan bonus kalau tulisan berhasil dibaca oleh ribuan orang.

Sekalipun demikian, tidak semua niche tulisan akan diterima oleh Kompas.id. Pada umumnya, platform ini hanya menerima tulisan genre sastra saja terutama cerpen dan cerbung. Maka dari itu, kalau Anda hobi menulis cerita pendek dan cerita bersambung, silakan kirimkan karya tersebut ke Kompas.id agar Anda mendapatkan bayaran.

Kompas.id sendiri merupakan platform media online milik Kompas Grup yang sangat populer. Kalau berhasil menulis di sini, karya Anda juga bakal muncul di media cetak Kompas. Artinya, nama Anda juga bakal populer yang akan dilihat oleh para pembaca Kompas di seluruh Indonesia.

4. LaskarPena.id

Laskar pena.id merupakan platform menulis dapat uang yang juga populer di Indonesia. Di sini, tempatnya penulis artikel mencari penghasilan dengan mengirimkan artikel-artikel bermutu tinggi. Kalau Anda hobi menulis, silakan buka website ini lalu lakukan registrasi agar Anda bisa segera mendapatkan akses login.

Artikel yang sering diloloskan oleh admin laskarpena.id adalah artikel tema teknologi seperti, aplikasi android, review ponsel hingga tips dan trik komputer. Namun, artikel yang dimaksud bukan artikel hasil spin, melainkan artikel yang dibuat secara manual dan didasarkan pada riset KW yang menyeluruh.

Jangan sekali-kali Anda mengirimkan artikel hasil copas dari website lain ke platform ini. Sebab, admin pasti mengetahuinya karena laskar pena.id dilengkapi dengan tool plagiarism premium. Jadi, segala macam kecurangan penulisan pasti ketahuan dengan tool ini.

5. IDNTimes.com

IDNTimes.com merupakan platform kepenulisan yang aksesnya dibuka untuk seluruh penulis online di Indonesia. Di sini, tulisan yang dimuat akan mendapatkan fee sebesar Rp. 50.000 atau sesuai jumlah pembaca yang membaca tulisan tersebut. Semakin banyak viewer, bayaran yang akan diterima penulis juga semakin besar.

Tema tulisan di IDNTimes.com lebih beragam. Bahkan, di platform ini Anda bisa mengirimkan tulisan genre olahraga dan pariwisata. Jadi, bagi yang hobi traveller maka kesempatan ini jangan disia-siakan. Silakan buat karya tulis dengan tema tersebut lalu unggah di IDNTimes.com.

Sebelum mulai menulis, tentunya Anda harus membuka situs IDNTimes.com terlebih dahulu. Setelah itu, cari fitur Registrasi lalu klik dan isi kotak identitas yang muncul di layar. Jika sudah selesai silakan buka email lalu klik notifikasi di sana yang menandakan kalau Anda sudah bisa menulis di situs IDN Times.

Anda juga bisa mengirimkan tulisan ke tedieka.com, dengan beberapa syarat dan ketentuan.

Situs Tempat Menulis Artikel di atas bisa dimanfaatkan oleh para penulis di Indonesia yang ingin mendapatkan penghasilan dari menulis. Jadi, daripada tulisan hanya mandek di file komputer, mending diposting saja di platform ini lalu terima pundi-pundi rupiah yang nilainya cukup besar.

Tinggalkan komentar