Meski di Rumah, Sunscreen Juga Perlu Digunakan

Meski Di Rumah Sunscreen Juga Perlu Digunakan

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa kulit akan sepenuhnya terlindungi dari paparan matahari ketika sedang berada di dalam rumah. Untuk kenyataannya tidak seperti itu dan Anda masih tetap perlu menggunakan sunscreen meski sedang berada di dalam rumah. 

Sunscreen ini mempunyai nama lain yaitu tabir surya merupakan salah satu produk kecantikan yang dapat melindungi kulit bahaya sinar matahari atau UV. Pada saat kulit Anda terkena sinar matahari atau UV berlebihan akan menjadi lebih gelap, terbakar dan bisa mengakibatkan kanker kulit. 

Satu hal yang harus Anda ketahui bahwa sunscreen ini berbeda dengan sunblock. Untuk sunblock ini hanya berfungsi untuk menangis masuknya sinar matahari ke dalam kulit. Sehingga, sifatnya menyaring sinar UV yang akan masuk ke dalam kulit Anda. 

Kenapa Harus Memakai Sunscreen di Rumah?

Pada umumnya sunscreen mempunyai kandungan oxybenzone maupun avobenzone. Sedangkan untuk sunblock biasanya hanya mempunyai kandungan titanium dioxide atau zinc oxide. Anda sangat dianjurkan dan disarankan untuk menggunakan sunscreen di setiap hari meski hanya beraktivitas di dalam rumah. 

Anjuran untuk menggunakan sunscreen ini tentunya bukan lagi tanpa alasan. Namanya sinar matahari atau UV ini bisa saja masuk ke dalam rumah melalui jendela maupun kaca dan sehingga bisa memapar kulit Anda. 

Ketika kulit terkena sinar matahari atau UV secara kelamaan bisa menyebabkan penuaan dini. Parahnya lagi bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker kulit. Ada salah satu riset yang menyebutkan bahwa sinar UV ini masih bisa menembus ke dalam rumah meski cuaca mendung. 

Jadi Anda jangan beranggapan bahwa kulit bisa terbebas dari paparan sinar matahari atau UV ini tidak benar. Pada saat Anda di dalam rumah bisa menggunakan sunscreen cukup satu kali saja. Akan tetapi, ketika Anda berkeringat dan terkena air lebih baik menggunakan sunscreen ulang. 

Untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas di luar rumah lebih baik menggunakan sunscreen minimal 30 menit sebelumnya. Sehingga, ketika Anda di bawah sinar matahari atau UV tidak perlu merasa khawatir. Ketika sudah melakukan aktivitas di luar rumah selama 2 jam bisa mengoleskan sunscreen kembali. 

Penggunaan Sunscreen Bisa Melindungi Kulit Dari Bahaya Sinar UV 

Pada saat anda sudah menggunakan sunscreen dan ingin melakukan aktivitas di luar rumah maka ada satu hal lagi yang harus dilakukan. Untuk satu hal yang harus diperhatikan juga adalah menggunakan pakaian dan celana panjang. Selain itu, anda juga bisa menggunakan topi dan kacamata hitam agar terhalang dari paparan sinar UV pada area wajah. 

Sunscreen yang baik dipergunakan dan bisa melindungi kulit ketika mempunyai kandungan SPF minimal 30. Dengan kandungan SPF tersebut bisa mencegah dari beberapa dampak buruk paparan sinar matahari atau UV. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa sunscreen yang bisa gunakan mempunyai formulasi yang sesuai dengan jenis kulit. 

Contoh mudahnya ketika anda mempunyai kulit dengan jenis berjerawat, maka untuk sunscreen yang dipilih mempunyai label non-comedogenic. Biasanya anda bisa menemukan sunscreen untuk kulit berjerawat seperti ini dengan mengenali label non komedogenik di bagian luar kemasan. 

Sedangkan untuk anda yang ingin terlihat lebih sehat dan awet muda bisa menjadikan sunscreen sebagai produk skincare sehari-hari. Selain itu, anda juga diperbolehkan menggunakan sunscreen pada setiap hari meski berada di dalam rumah. 

Sebelum anda memilih atau membeli sunscreen lebih baik menentukan terlebih dahulu jenis kulit. Pada saat anda salah memilih sunscreen bisa menghasilkan atau menyebabkan dampak buruk atau sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat. Supaya lebih mudah, Anda dapat melihat rekomendasi sunscreen pada website Pickybest.id yang telah dikategorikan sesuai jenis kulit.

Nah, itu dia penjelasan mengenai mengapa penggunaan sunscreen sangat penting meski berada di dalam rumah. Semoga dengan penjelasan di atas bisa membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai sunscreen.  

Tinggalkan komentar