Wajib Tahu! Pentingnya Memahami Polis Asuransi Mobil Sebelum Melakukan Pembelian

Apakah kamu sudah memberikan perlindungan khusus untuk mobil baru kamu itu? Jika belum, tak ada salahnya mempertimbangkan membeli asuransi kendaraan mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun, perlu diperhatikan juga, sebelum melakukan pembelian produk asuransi, penting untuk membaca dan memahami polis asuransi mobil yang ditawarkan.

Pada dasarnya, setiap asuransi pastinya memiliki polis asuransi. Secara umum, polis asuransi adalah dokumen legal yang menjadi kontrak tertulis antara pihak yang melakukan pembayaran premi asuransi, dalam hal ini pemegang polis, dan pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung. Dalam kesepakatan tersebut, terdapat sejumlah ketentuan yang terkait dengan perlindungan dan segala risiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Dalam polis asuransi mobil juga terdapat sejumlah perjanjian terkait hak dan kewajiban untuk disepakati pihak pemegang polis dan perusahaan asuransi. Karena itulah penting sekali membaca dan memahami keseluruhan isi polis asuransi mobil agar di kemudian hari bisa terhindar dari kesalahpahaman terkait hak dan kewajiban.

Fungsi Polis Asuransi Mobil

Dalam polis asuransi mobil, tercantum hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak-pihak yang melakukan perjanjian. Secara fungsi, ada perbedaan yang dimiliki bagi pemegang polis (tertanggung) dan perusahaan asuransi (penanggung). Di bawah ini bisa dilihat penjelasannya.

Bagi tertanggung

  • Sebagai bukti yang terdokumentasi atas jaminan penanggungan berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung sesuai yang tertulis dalam perjanjian polis.
  • Menjadi pengingat kewajiban yang harus dilakukan, yaitu melakukan pembayaran premi secara berkala.
  • Sebagai alat bukti pengajuan tuntutan hukum andaikata penanggung tidak memenuhi kewajibannya.

Bagi penanggung

  • Polis asuransi menjadi bukti tertulis bahwa perusahaan sudah menerima premi asuransi yang kamu bayarkan secara berkala.
  • Pengingat bahwa perusahaan terikat pada ketentuan akan memberikan pertanggungan sesuai ketentuan polis.
  • Polis juga bisa menjadi alat bukti penolakan klaim asuransi jika risiko yang terjadi tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berada di dalam polis.

Yang perlu dipahami dalam polis asuransi mobil

Jika kamu tahu pengertian dan fungsi dari polis asuransi mobil, langkah berikutnya adalah memahaminya. Sebelum melakukan pembelian produk asuransi, kamu harus lebih dahulu apa saja yang bakal ada dalam perjanjian dan kesepakatan pada polis tersebut. Ada hal mendasar yang bakal temui dalam polis tersebut, yaitu:

1. Data pemilik polis

Di dalamnya akan berisi data-data pribadi pemegang polis, baik itu nama, tempat dan tanggal lahir, nomor identitas kependudukan dan juga alamat domisili.

2. Tipe perlindungan asuransi

Di sini akan dijelaskan mengenai tipe perlindungan yang dipilih untuk mobil kamu. Biasanya, ada dua tipe asuransi mobil yang ditawarkan, yaitu Asuransi All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Perbedaannya adalah sifat pertanggungan, di mana asuransi All Risk memberikan perlindungan dengan cakupan yang lebih luas dibanding asuransi TLO.

3. Data-data mobil

Di dalamnya terdapat data-data mengenai mobil kamu, mulai dari merek mobil, tipe hingga usia mobil. Perlu diketahui, usia mobil akan berpengaruh pada premi yang dibayarkan. Semakin muda usia mobil, semakin murah premi yang dibayarkan.

4. Kesepakatan harga dan pembayaran premi

Kamu akan melihat berapa premi yang harus dibayarkan sekaligus nilai total biaya kerugian yang didapat jika ada risiko terjadi.

5. Pertanggungan atau jaminan

Pertanggung dan jaminan akan memberikan informasi mengenai kepada kamu terkait dengan hak yang didapatkan oleh tertanggung.

6. Penentuan nilai ganti rugi

Seperti disebutkan pada salah satu poin di atas, kamu akan mengetahui berapa nilai ganti rugi yang didapat dari setiap risiko yang terjadi pada mobil kamu.

7. Perluasan tanggungan dan cara mengajukan ganti rugi

Kamu akan mendapatkan informasi mengenai metode dan mekanisme dalam mengajukan ganti rugi atas setiap risiko yang terjadi pada kendaraan kamu, termasuk di dalamnya informasi mengenai perluasan tanggungan.

8. Penghentian pertanggungan

Kamu akan mendapatkan informasi mengenai apa yang mungkin terjadi jika salah satu pihak, antara tertanggung dan penanggung, tidak memenuhi kewajibannya sesuai dengan kesepakatan di dalam polis.

9. Penanganan perselisihan

Jika terjadi perselisihan, kedua pihak setuju dengan metode penyelesaian yang sudah disepakati dalam polis.

Nah, semoga gambaran umum mengenai polis asuransi mobil di atas bisa sedikit banyak membantu kamu mendapatkan pemahaman mengenai pentingnya membaca dan mengetahui perjanjian apa yang bakal sepakati saat membeli asuransi.

Tinggalkan komentar