tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Perbedaan Software ERP dan Software CRM

1 min read

Dengan bantuan teknologi dan internet pada saat ini, hampir segala sesuatunya bisa dilakukan dengan lebih efisien. Begitu pula dengan proses manajemen perusahaan, banyak terbantu oleh adanya aplikasi  dan software pendukung. Salah satunya yaitu aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dan Enterprise Resource Planning (ERP).

Kedua aplikasi tersebut diciptakan untuk memudahkan proses manajemen data, demi meningkatnya produktivitas kerja dan berguna sebagai efisiensi perusahaan. Kedua aplikasi ini bekerja saling melengkapi, namun cara kerjanya berbeda.

Untuk itu sebaiknya Anda membaca ulasan dari kami berikut ini mengenai perbedaan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dan Enterprise Resource Planning (ERP) serta pengertiannya.

Software Enterprise Resource Planning (ERP) atau Back Office System merupakan software atau aplikasi yang diciptakan untuk mendukung setiap proses operasional bisnis perusahaan. Software atau Aplikasi ERP mendukung segala aktivitas yang melibatkan distribusi produk, estimasi biaya produksi, pembuatan perencanaan dan laporan, serta data-data investor.

Sedangkan Software Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola seluruh data pelanggan untuk dijadikan referensi demi kemajuan perusahaan tersebut.

Masih banyak perusahaan yang tidak memprioritaskan manajemen data pelanggan sebagai aset utama. Sehingga, pengolahan data pelanggan hanya dilakukan secara manual berbasis kertas. Padahal, data pelanggan sangat penting dan krusial. Karena itu, sudah seharusnya perusahaan dilengkapi software CRM yang mudah diintegrasi.

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan fungsional dari Customer Relationship Management (CRM) dan Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu:

  • Software CRM didedikasikan untuk pelanggan yang meliputi titik kontak pelanggan, interaksi terhadap pelanggan, manajemen pelanggan, agar dapat menyalurkan pemasaran yang lebih baik.
  • Software ERP didedikasikan kepada seluruh komponen yang mencakup bisnis yang meliputi distribusi produk, estimasi biaya produksi, pembuatan perencanaan dan laporan, serta data-data investor.

Perbedaan Lain software ERP dan software CRM

Selain perbedaan Software ERP dan Software CRM yang telah dikemukakan di atas, perbedaan lain mengenai kedua software ini dapat dilihat dari tiga sisi, yaitu alat ukur keberhasilan, Cara Meningkatkan laba, dan Pengguna Software.

1. Alat Ukur Keberhasilan

Alat ukur keberhasilan Softawe ERP menjangkau seluruh divisi perusahaan, termasuk akuntani, faktur, marketing, menajemen vendor, penjadwalan distribusi dan lain sebagainya. Sedangkan, Alat ukur keberhasilan software CRM berkisar pada akuisisi akuisisi dan retensi pelanggan, yang mengarah pada keuntungan yang lebih tinggi untuk perusahaan tersebut.

2. Metode Meningkatkan Laba

Software ERP menghasilkan margin keuntungan yang lebih tinggi melalui pemotongan biaya operasional dan overhead. Sedangkan software CRM mendorong keuntungan yang lebih besar dengan meningkatkan jumlah pelanggan, margin penjualan dan layanan terhadap pelanggan.

3. Pengguna Software

Software ERP berorientasi terhadap produksi dan operasi logistik persahaan, sehingga Software ERP biasanya digunakan oleh kepala departemen atau atau Project Manager (PM) yang berperan dalam pengambilan keputusan di suatu perusahaan. Sedangkan, Software CRM berorientasi terhadap penjualan dan segala hal yang berhubungan dengan pelanggan, sehingga software ini digunakan staf penjualan atau marketing.

Itulah beberapa perbedaan dari Software ERP maupun Software CRM

Software ERP untuk Efektifitas Manajemen Bisnis

Untuk para pelaku bisnis tentu saja sudah tidak asing dengan Software ERP. Selain itu, software ini sudah banyak digunakan perusahaan di Indonesia. Anda dapat mengetahuinya dengan beberapa market website yang menawarkan aplikasi atau Software ERP.

RedERP Salah satunya. RedERP merupakan Software ERP Indonesia yang mampu mengefektifkan proses operasional bisnis perusahaan menjadi efektif. RedERP dapat mengintegerasikan sistem HR, keuangan, persediaan & distribusi, manajemen aset, hingga manajemen pelanggan dan penjualan menjadi satu.

Jadi sudah seharusnya untuk memaksimalkan proses efektifitas manajemen bisnis di perlukan Software ERP untuk membantu hal tersebut.

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *