tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Apa Bedanya Windows yang Selalu Update dan tidak diupdate?

1 min read

Windows update

Mungkin sebagian dari Anda pernah kepikiran, kira-kira apa perbedaan windows yang update dengan tidak? Apakah perlu untuk mengupdate windows? Apalagi sekarang windows selalu rutin mengirimkan updatenya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini akan sangat mengganggu jika harus update terus menerus.

Baiklah santai saja, kita bahas pelan-pelan. Pada dasarnya tujuan microsoft menyediakan update untuk windows adalah perbaikan bug, fitur atau keamanan. Kita tahu bahwa yang menggunakan windows tidak hanya satu merek perangkat saja. Tapi hampir semua jenis laptop selain MAC kebanyakan menggunakan windows. Oleh karena itu terkadang windows mengirimkan update perbaikan tertentu.

Tidak hanya masalah dengan perangkat saja, masalah keamanan saat ini juga menjadi prioritas windows. Jika kamu menggunakan windows 10, kamu akan sadar bahwa microsoft hampir tiap minggu memberikan update untuk windows defender.

Hal ini dikarenakan banyak kejahatan internet berkembang saat ini, terutama ransomeware. Microsoft tidak ingin di cap sebagai sistem operasi yang tidak aman. Terlebih lagi banyaknya orang yang menganggap kemampuan windows defender sebagai antivirus hanya sebelah mata.

Tapi sekarang kita tidak bisa menganggap remeh windows defender lagi. Karena windows defender dinyatakan sebagai antivirus terbaik untuk windows (Versi AVTEST tahun 2019). Berikut cuplikan hasil tesnya:

Antivirus terbaik windows 10

Coba lihat pada gambar di atas, antivirus microsoft (windows defender) mendapatkan skor sempurna (6.0) baik itu dari segi protection, performance dan kegunaan. Padahal antivirus ini dulunya dipandang sebelah mata. Namun sekarang sudah lebih baik lagi. Itu merupakan salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan ketika windowsnya up to date. Anda akan mendapatkan fitur dan keamanan terbaru.

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika windowsnya up to date:

  1. Pastinya mendapatkan fitur terbaru yang menarik, misalnya dark mode.
  2. Performance lebih baik. Perbandingannya seperti office 2019 dan 2016. Jika dibandingkan dengan pendahulunya 2016, office 2019 jauh lebih ringan. Sama halnya dengan windows 10 dan windows 8. Pasti akan lebih baik windows 10.
  3. Keamanan yang lebih terjamin. Saya sudah sebutkan pada penjelasan sebelumnya bahwa setiap ada celah keamanan pasti microsoft akan mengirimkan patch updatenya (terutama untuk versi windows terbaru).
  4. Dukungan lebih baik. Dimana-mana jika barang baru pasti akan mendapatkan dukungan yang terbaik. Sama halnya dengan windows, setiap ada masalah yang ditemukan terutama keamanan, microsoft pasti akan lebih cepat memberikan solusinya.

Bagaimana jika windows saya tidak pernah di update? apakah ada pengaruh negatifnya?

Sebenarnya sih tidak ada masalah. Selama Anda menjalankan windows di laptop/komputer lancar-lancar saja. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah tentang kemanan. Biasanya windows yang tidak up to date akan rentan dalam hal keamanan. Terutama buat Anda yang hobi internetan.

Oleh karena itu pastikan Anda menggunakan antivirus yang mumpuni dan lagi-lagi harus terbaru. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan terjadi pada perangkat maupun data Anda.

Saran saya lebih baik lakukan update sekali dua kali jika berada pada jaringan yang bagus, misal warkop. Terlebih lagi jika itu adalah laptop pribadi. Jika Anda menggunakan komputer, dan merasa malas untuk update. Gunakan saja versi OS yang dirasa lebih “cocok” digunakan dan pastikan untuk menginstall antivirus yang update.
tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *