tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Tips Upgrade RAM dengan Harga Murah Tanpa Harus Kehilangan Garansi Laptop

1 min read

Tips upgrade RAM laptop

Pertanyaan pertama jika kamu ingin upgrade RAM laptop pasti adalah berapa kisaran harga RAMnya? Ya, Itulah pertanyaan saya juga ketika ingin mengupgrade RAM laptop beberapa saat yang lalu. Jauh-jauh hari saya sudah riset informasi mengenai harga rata-rata untuk RAM sebesar 2GB. Tapi justru pas mengganti RAMnya saya menghabiskan biaya yang diluar ekspektasi sebelumnya.

Sekedar informasi, laptop saya adalah Acer ES1-432 dengan RAM awal 2GB. Namun saya merasa kapasitas memori RAM tersebut tidak memadai untuk menunjang kegiatan saya. Akhirnya saya memutuskan untuk upgrade RAMnya menjadi 4GB. Rencana ini sudah saya rencanakan beberapa bulan yang lalu dan akhirnya fix saya nambah RAM pada tanggal 23 februari 2019.

Berapa biaya saya upgrade RAM 2GB tersebut?

harga ram 2gb

Mahal Cooyy..

Biaya yang saya habiskan yaitu 400ribuan, jauh dari perkiraan saya sebelumnya . Padahal menurut riset saya tentang harga RAM yang sama persis untuk kapasitas 2GB dibanderol dengan harga 300ribuan (ini sudah harga paling mahal yang saya dapatkan).

Kenapa tidak mengupgradenya di tukang service biasa/memasangnya sendiri?

Alasan saya memilih di service centernya adalah untuk mengatasi hilangnya garansi. Jika kita memasangnya sendiri akan merusak garansi karena sticker garansi menutupi satu baut. Otomatis jika ingin membuka casing laptop harus membuka baut tersebut dan sticker tersebut akan robek.

(Ralat: Ternayata membuka stiker garansi tidak akan merusak garansi laptop Acer. Stiker tersebut hanya menunjukkan bahwa laptop tersebut belum pernah diubah/diganti suku cadangnya.)

Entah bagaimana caranya mereka mengganti RAM tanpa membuka sticker tersebut. Mungkin ada trik tersendirinya atau memang mereka punya cadangan stiker tersebut.

Setelah saya pulang dari service center tersebut, ada teman saya yang memberikan sarannya terkait hal ini. Jika kamu mempunyai laptop yang masih bergaransi dan ingin mengupgrade RAM, saya sarankan untuk mengikuti nasehat teman saya ini. Sarannya ini dia katakan setelah saya selesai mengupgrade RAM laptop. Jadi sedikit terlambat buat saya. 😑

Apa tipsnya?

Tipsnya adalah dengan terlebih dahulu menanyakan tipe RAM apa yang cocok dengan laptop yang kamu miliki ke service centernya. Kemudian kamu sendiri yang membeli RAM tersebut di luar. Setelah RAMnya kamu beli, barulah kita datang ke service center tersebut untuk memasangkan RAM tersebut.

Kalau begitu jadi lebih hemat kan? Kamu hanya perlu membayar biaya pemasangannya saja. Mungkin tips ini sudah banyak yang tahu, hanya saya saja yang baru sadar dan tidak kepikiran ke sana.

Mas tapi saya ragu jika ingin beli RAM sendiri takut barangnya palsu!

Solusinya adalah dengan belanja secara online. Loh, bukannya belanja online lebih berbahaya? Kalau belanjanya sembarangan ya emang berbahaya. Jika kamu tidak mempunyai tempat terpercaya untuk beli RAM secara langsung, saya sarankan untuk membelinya secara online. Kuncinya adalah sebelum membeli barang di toko online pastikan untuk meihat review beberapa pembeli sebelumnya. Jika tidak ada review maka jangan dibeli. Mudah kan?

Semoga kalian tidak mendapatkan pengalaman yang sama dengan saya. Sekian tips ringan tentang masalah upgrade RAM semoga bermanfaat.

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *