Apa itu Pecahan dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari?

Ide aplikasi pecahan sudah ada sejak zaman kuno. Istilah pecahan berasal dari kata Latin yaitu fraksi, yang berarti membagi sesuatu menjadi bagian yang lebih kecil.

Pecahan adalah prinsip dasar dalam matematika yang juga memiliki beberapa penerapan di dunia nyata. Pecahan sering digunakan di berbagai bidang, mulai dari memecah pai menjadi dua bagian yang sama hingga arsitektur dan sains.

Di blog ini, kita akan melihat penggunaan pecahan di dunia nyata dan bagaimana mereka dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Belajar akan jauh lebih baik jika referensi kehidupan nyata digunakan dan membuat mata pelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Mari kita mulai dengan definisi pecahan.

Pengertian Bilangan Pecahan

Pecahan adalah cara untuk merepresentasikan bilangan yang tidak dapat direpresentasikan dalam bentuk utuh. Pecahan digunakan untuk membaca atau menulis kuantitas dibandingkan dengan kuantitas keseluruhan.

Ini adalah bilangan yang mewakili bilangan bulat yang telah dibagi menjadi beberapa bagian yang sama. Bagian atas pecahan disebut sebagai pembilang dan bagian bawahnya disebut penyebut. 3/7, 35/52, 5/12 adalah beberapa contoh pecahan.

Manfaat pecahan dalam kehidupan sehari-hari

Belajar pecahan itu mudah dan lugas, yang harus Anda lakukan hanyalah berpegang pada fundamental. Selain itu, persiapan penting untuk menghindari kesalahan. Karena pecahan adalah konsep fundamental dalam matematika, ia memiliki banyak penerapan di dunia nyata.

Representasi kehidupan nyata membuat pecahan mudah dipahami karena konsepnya dapat dilihat secara langsung dan Anda dapat melihat tujuan di balik teori matematikanya. Pecahan banyak digunakan di beberapa bidang dalam kehidupan sehari-hari seperti:

1. Pekerjaan konstruksi

Untuk menimbang apa pun, biasanya orang menggunakan satuan seperti inci dan kaki. Sebagai contoh, misal Anda ingin tukang kayu membangunkan pintu dan Anda melakukan pengukuran hasilnya adalah delapan kaki, tiga setengah inci.

Maka tukang kayu akan menggunakan prinsip pecahan untuk menguraikan ukuran dan memotong kayu lapis sesuai spesifikasi tersebut. Pengukuran seperti itu tidak akan mungkin dilakukan tanpa gagasan tentang pecahan. Pecahan memudahkan kita untuk mengerjakan bagian demi bagian.

2. Dapur & Resep

Ini mungkin terdengar sedikit mengejutkan, tetapi memang faktanya seperti itu. Pernahkah Anda melihat lomba memasak di televisi? Ambil seperempat sendok teh bahan ini dan tiga perempat tepung ini ke dalam cangkir. Anda mungkin juga pernah menemukan kata-kata ini saat membaca buku masak.

Tanpa gagasan pecahan, akan sulit untuk mengungkapkan jumlah tersebut saat memasak. Selain itu, juru masak paling berpengalaman menggunakan konsep ini untuk menimbang dan menempatkan bahan dalam resep. Saya yakin Anda dapat melihat betapa pentingnya konsep pecahan sekarang!

3. Sains & Teknologi

Penggunaan pecahan sangat luas dalam bidang sains dan teknologi. Saat mengukur jumlah yang sangat kecil atau besar, kebanyakan ilmuwan menggunakan gagasan pecahan. Asumsikan Anda memilih untuk menghitung jumlah sel dalam suatu masalah, karena Anda memiliki berbagai jenis masalah. Kami mewakili jumlah sel dari materi tertentu dalam satu kata menggunakan pecahan.

Mari kita asumsikan jika dua perempat materi X ada di pelat dan seperempat materi Y juga ada di pelat itu. Pecahan menyederhanakan tantangan dengan memungkinkan seseorang membedakan jenis sel berdasarkan setiap materi.

Baca juga: Cara meningkatkan nilai IPK.

Bagaimana cara menyelesaikan pecahan paling mudah?

Meracalculator adalah platform online yang berfokus pada prinsip-prinsip dasar matematika, fisika, dan kimia dengan menggunakan metode pembelajaran modern.

Meracalculator juga menawarkan lembar kerja pembelajaran yang imersif dan perhitungan langkah demi langkah dengan kalkulator online pecahan untuk membantu siswa memahami mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Alat ini menawarkan kalkulasi langkah demi langkah untuk soal pecahan. Anda dapat menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi dua pecahan menggunakan alat ini.

Tool Kalkulator pecahan online

Anda hanya perlu memasukkan kedua pecahan yang ingin Anda selesaikan. Ada opsi untuk memilih jenis operasi yang ingin Anda lakukan pada pecahan. Anda dapat memilih dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Kalkulator ini akan mempercepat penghitungan pecahan Anda dan Anda juga dapat mempelajari cara menyelesaikan pecahan menggunakan alat ini.

Menyelesaikan pecahan dengan kalkulator online

Kesimpulan

Pecahan membuat hidup kita lebih mudah karena memberi kita kemampuan untuk membaca dan menulis bagian dari keseluruhan. Kita hanya menggunakannya ketika harus mendiskusikan porsi dari keseluruhan hal atau objek. Itulah mengapa kadang kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari tanpa menyadari pentingnya hal itu.

Tinggalkan komentar