Apa Itu Streaming? Temukan Jawabannya Disini!

Apa itu streaming? Pertanyaan ini telah menjadi salah satu jenis pertanyaan yang sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, akan ada beberapa jenis pengertian tertentu yang dapat mengartikan istilah streaming itu sendiri. Dalam hal ini, kami akan membahasnya secara lengkap dan tepat.

Apa itu streaming?

Di era teknologi dan digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, istilah streaming termasuk dalam beberapa jenis fitur menarik yang sudah banyak dikenal oleh publik. Pada saat kamu melihat konten yang ada di salah satu media sosial, nantinya kamu bisa dengan mudah mengklik konten tersebut dan memainkannya secara otomatis. Nah, itulah momen yang dimana bisa disebut sebagai aktivitas streaming.

Jadi, bisa dipastikan bahwa arti dari streaming adalah sebuah aktivitas yang memungkinkan para penggunanya dalam menonton suatu konten tertentu secara langsung, tanpa harus mengunduh konten tersebut terlebih dahulu.

Selain itu, masih ada pengertian lain lagi yang dapat mendefinisikan istilah ini dengan baik. Pengertian lain dari istilah streaming adalah proses transfer data maupun informasi dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Aktivitas ini bisa dilakukan secara langsung maupun melalui aplikasi-aplikasi tertentu lainnya.

Nantinya, aktivitas streaming seperti ini akan bersifat lebih fleksibel dibanding aktivitas download. Sebab, aktivitas streaming tidak mengharuskan para penggunanya untuk mengunduh terlebih dahulu jenis konten yang hendak ditontonnya. Mereka bisa langsung menontonnya tanpa harus melalui proses pengunduhan terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, contoh aplikasi media sosial yang menyediakan fitur ini adalah Youtube, Facebook, dan Instagram.

Apa itu live streaming?

livestreaming
Source: Pexels

Beralih dari pembahasan tentang arti istilah streaming itu sendiri, sekarang kami juga akan membahas tentang pengertian dari istilah live streaming. Pada dasarnya, live streaming adalah sebuah metode transisi data yang digunakan pada saat seseorang menonton video secara langsung di internet.

Nantinya, website mengirimkan beberapa detik file secara sekaligus dan terus menerus melalui media internet, hal ini dapat membuat para pengguna tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Cukup berbeda dengan istilah streaming yang dimaksud di atas, untuk live streaming ini sendiri bisa dilakukan secara real-time, sehingga kamu bisa langsung menontonnya ketika ada seorang pengguna tertentu yang sedang menggunakan fitur ini di akun media sosialnya.

live streaming adalah sebuah proses perekaman audio maupun video secara live, yang dimana hasil output akan segera ditayangkan melalui aplikasi yang telah dipilih. Nantinya, live streaming ini sendiri dapat meliputi live radio, live television, dan lain sebagainya

live streaming ini sudah tersedia dan digunakan di media-media sosial terkenal seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Umumnya, konten yang ditayangkan tidak dapat diedit lagi. Oleh karena itu, livestreamer biasanya sangat berhati-hati dalam melakukan live streaming ini.

Saat ini sudah ada banyak platform streaming yang bisa kamu gunakan dengan mudah, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk mencari salah satu di antaranya. Dari sekian banyak platform streaming yang ada, Youtube adalah yang paling populer dan sering digunakan oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur live streaming seperti ini untuk menonton pertandingan sepak bola, berita terbaru, dan pertandingan game yang sedang disiarkan secara langsung.

Streaming vs. Download

Setelah memahami apa itu streaming. Muncul pertanyaan ketika para pencinta konten seperti film, anime, atau video youtube ingin melakukan streaming. Apakah streaming lebih baik dari download? atau malah sebaliknya? Berikut saya berikan beberapa poin-poin untuk menjawab pertanyaan ini:

  • Secara virtual, kuota yang dikonsumsi ketika kamu melakukan streaming ataupun download adalah sama. Dikarenakan ukuran file konten yang dikirim oleh server tidak berubah ketika kamu melakukan streaming maupun download.
  • Streaming dapat membantu kamu untuk menghemat penyimpanan memori di hp atau laptop
  • Apabila koneksi tidak stabil, akan terjadi buffering saat pemutaran konten, hal ini tentu sangat menggangu ketika kamu sedang menikmati konten
  • Dengan mendownload, kamu bisa memutar video atau audio yang kamu inginkan tanpa perlu terkoneksi dengan internet kapan saja dan di mana saja. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari masalah buffering.

Jenis-jenis streaming

Seteleh mengetahui apa itu streaming dan kelebihannya, di sini saya akan menginformasikan dua jenis streaming lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. On-Demand Streaming

apa itu on-demand streaming?
Source: Pexels

Apakah kamu pernah menonton Netflix? Netflix merupakan contoh dari on-demand streaming. On-demand streaming adalah layanan streaming film atau televisi yang memungkinkan pengguna layanan untuk menonton film atau konten televisi secara leluasa melalui perangkat handphone atau laptop.

On-demand streaming memungkinkan kamu untuk memutar, mempercepat, pause, atau menonton ulang film kesukaanmu. Untuk menggunakan layanan ini, kamu harus berlangganan terlebih dahulu kepada penyedia layanan on-demand streaming seperti Hulu, Netflix, Apple TV, HBO, dan lain sebagainya.

2. Pre-recorded streaming

apa itu streaming dan live streaming?
Source: Pexels

Selain on-demand streaming, pre-recorded streaming juga termasuk jenis fitur streaming yang sangat sering digunakan oleh anak-anak muda Indonesia. Pada dasarnya, konten-konten yang dapat diputar berulang kali merupakan pre-recorded streaming. Konten yang diunggah tersebut bisa saja merupakan rekaman video yang sudah diambil dari beberapa hari yang lalu .

Segala jenis konten yang termasuk dalam kategori ini akan disimpan di media-media tertentu, baik secara online maupun offline. Youtube merupakan salah satu media sosial yang memiliki jumlah konten pre-record streaming yang banyak.

Baca juga: Cara menerjemahkan video Youtube yang tidak ada subtitle

Sampai disini kamu sudah tahu kan tentang apa itu streaming? Jadi, kamu tidak perlu bertanya-tanya lagi mengenai istilah yang sedang populer ini. Sebab, kamu sudah mengetahui pengertiannya dengan baik dan benar.

Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, dan blogger. Mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi. Oleh karena itu, saya berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.

Tinggalkan komentar