Daftar Aplikasi Scanner Tanpa Watermark Terbaik (Gratis)

Sebenarnya banyak aplikasi scanner tanpa watermark. Rata-rata aplikasi scanner saat ini sudah tidak menyertakan watermark lagi. Karena mereka sadar pasti penggunanya akan lebih memilih aplikasi yang hasil scannya tampil rapi dan bersih.

Meskipun tujuannya mungkin sebagai branding si pembuat aplikasi, tapi watermark sangat mengganggu jika muncul di file hasil scan. Terlebih lagi jika file tersebut akan digunakan secara formal.

Oleh karena itu pada artikel ini saya akan merangkum daftar terbaik aplikasi scan tanpa watermark. Sehingga Anda tidak pusing memilih aplikasi scanner mana yang sebaiknya digunakan.

1. Microsoft Lens – PDF Scanner

Microsoft Lens adalah aplikasi scanner buatan microsoft yang dirilis sejak tahun 2015. Aplikasi ini nama awalnya adalah Office Lens, namun sejak awal 2021 berubah namanya menjadi Microsoft Lens.

Aplikasi scan ini mempunyai fungsi utama tidak hanya scan dalam bentuk file tapi juga bisa mengambil informasi dari dokumen, papan tulis, kartu nama, tanda terima, menu, tanda tangan, memo atau apa pun yang berisi teks yang ingin Anda impor tulisannya tapi males mengetik secara manual.

Dengan Microsoft Lens, Anda tidak perlu menuliskan catatan apa pun secara manual, hanya modal jepret maka semua tulisan yang ada didalamnya bisa Anda edit dan simpan dalam bentuk teks.

Jumlah DownloadSistem OperasiRating Google Play
10 juta+Andoid 7 atau diatasnya4.7 (Saat artikel ini dibuat)

Dikutip dari halaman kompas, aplikasi ini mampu melakukan scan hingga 100 halaman untuk disatukan menjadi satu dokumen.

Fitur

Support scan ke jpg, pdf, word (OCR) dan PPT dengan hasil file tanpa menyertakan watermark. Selain itu juga ada beberapa mode yang bisa dipilih yakni:

  • Mode papan tulis (cocok untuk mengambil gambar tulisan tangan atau sketsa dipapan tulis atau sejenisnya).
  • Mode Dokumen (scan dokumen atau catatan),
  • Mode Tindakan (ada beberapa sub mode yaitu ekstrak teks, ekstrak tabel, mode baca, ekstrak informasi kontak, dan kode QR).
  • Mode Kartu Nama (mengambil informasi kontak dari kartu bisnis).
  • Mode Foto (Cocok untuk mengambil foto pemandangan atau orang).

Untuk mengedit file hasil scan, cukup lengkap fiturnya mulai dari atur filter, pangkas, rotasi, stabilo, tambah teks dan menyusun urutan file.

Kelebihan dan kekurangan

Mengutip dari pernyatan Microsoft, Aplikasi ini mempunyai kelebihan yakni bisa menghilangkan bayangan dan sudut yang aneh, sehingga hasil pengambilan gambar akhir lebih mudah dilihat dan jelas.

Setelah saya coba memang hasil dokumen yang discan tampak lebih bersih. Terlebih lagi fitur ekstrak teksnya, semua teks bisa diekstrak dengan rapi. Jadi bisa diandalkan sekali jika Anda males nulis catatan. Hanya modal jepret, jadi deh tingal copy paste ke word.

Sedangkan kekurangannya yakni membutuhkan spesifikasi OS Android 7 atau yang lebih tinggi.

2. Tiny Scanner – PDF Scanner App

Aplikasi ini dikembangkan oleh Apppoxy dengan fitur utamanya tentu adalah melakukan scan file atau dokumen. Kita juga bisa mengeksport hasil scan tersebut ke dalam bentuk gambar ataupun pdf dengan cara membagikannya.

Jumlah DownloadSistem OperasiRating Google Play
10 juta+Android 4.1 atau diatasnya4.7 (Saat artikel ini dibuat)

Fitur

Fitur aplikasi ini sangat sederhana. Kita hanya diberikan dua mode yaitu scan dari kamera atau scan dari file foto yang sudah ada. Ada juga efek scan berupa warna, hitam putih atau tetap mempertahankan bentuk aslinya (tanpa efek).

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihannya adalah medukung OS android mulai dari Android 4.1 dan ukuran filenya kecil hanya sekitar 17MB (tergantung versi OS). Selain itu tampilannya juga simpel hanya ada dua mode scan. Serta terakhir tentunya tanpa ada embel-embel watermark pada file hasil scannya.

Sedangkan kekurangan ada beberapa point setelah saya coba yaitu:

  • Terkadang efek scan terlalu berlebihan sehingga tulisan menjadi semakin tidak jelas. Kamera tanpa blits dianjurkan berada di tempat yang lumayan terang supaya hasil scan jelas.
  • Tidak ada fitur OCR (ekstrak teks) di versi gratisnya.

3. CamScanner

CamScanner ini awal saya coba menyertakan watermark pada hasil scannya. Namun diversi terbarunya, kini watermark tersebut sudah dihilangkan. Sehingga aplikasi ini saya masukkan di daftar aplikasi scan terbaik tanpa watermark pada artikel ini.

Aplikasi ini bisa berjalan pada OS Android 5 atau yang lebih baru. Jadi buat Anda pengguna HP jadul, masih bisa menikmati aplikasi scan yang memiliki fitur lumayan lengkap.

Jumlah DownloadSistem OperasiRating Google Play
100 juta+ Minimal Andorid 54.7 (Saat artikel ini dibuat)

Fitur

Aplikasi CamScanner mempunyai fitur yang cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

  • Scan dokumen ke jpg maupun pdf.
  • Pengenalan OCR (hanya bisa 10x versi gratisnya).
  • Scan PPT.
  • Scan foto KTP dengan ukuran sesuai bentuk aslinya.
  • Scan buku dll.
  • Versi terbaru sudah tidak ada lagi watermark pada file hasil scan.

Kelebihan dan kekurangan

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi scan ini, ada beberapa kelebihan yang saya rasakan terutama fitur autodeteksi margin yang sangat presisi, dan tersedia juga margin khusus KTP. Selain itu meskipun objek tidak rata, hasil scan tetap presisi dan jelas.

Sedangkan kekurangannya adalah ketika Anda ingin menyimpan versi PDF secara langsung biasanya akan muncul watermark. Namun jika tidak ingin ada watermark, silahkan simpan PDF dengan cara Bagikan PDF > Open dengan aplikasi PDF atau share ke whatsapp.

Kelemahan kedua yaitu hasil OCR tidak serapi Microsoft Lens, paragraf tulisan hasil OCR CamScanner mengikuti bentuk file aslinya. Jika di file aslinya terpotong maka hasil OCR juga akan terpotong.

4. Simple Scan – Free PDF Scanner

Sekilas Simple Scan ini sangat mirip dengan Tiny Scanner. Hal yang membuat aplikasi ini sangat mirip adalah interface editornya sama-sama memiliki 5 level kontras monokrom.

Namun perbedannya, aplikasi ini hanya mempunyai satu mode scan. Selain itu perbedaan yang paling mencolok lagi adalah ukuran kedua aplikasi ini. Simple scan mempunyai ukuran sekitar 34MB sedangkan Tiny Scanner hanya 17MB saja.

Jumlah DownloadSistem OperasiRating Google Play
10 juta+Android 4.4 atau diatasnya4.8 (Saat artikel ini dibuat)

Fitur

Tidak banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi scan ini. Yah namanya saja simple scanner. Intinya aplikasi ini sudah bisa Anda gunakan untuk scan dokumen dengan baik tanpa ada watermark di hasil scannya.

Selain itu dalam versi gratis juga sudah mendukung fitur OCR. Hanya saja setelah saya coba ya biasa saja, masih kalah jauh dari Microsoft Lens.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan aplikasi ini sangat simpel, juga sudah support mulai dari OS Android 4.4. Sedangkan untuk kekurangannya adalah fitur OCR di versi gratis terkadang salah deteksi kata dan juga hasil OCR belum terurut dalam satu paragraf yang rapi.

Kekurangan lain adalah ukuran aplikasinya yang lebih besar dari Tiny Scanner. Meskipun secara garis besar fiturnya tidak jauh berbeda.

5. Adobe scan

Adobe Scan adalah aplikasi scanner portable besutan dari Adobe. Pada awal 2021 aplikasi ini berhasil meraih aplikasi scan terbaik pilihan editor di Google Play. Dengan alasan sebagai berikut:

  • Aplikasi scanner modern yang dapat mendeteksi file secara otomatis dan mengubah file ke bentuk PDF.
  • Adanya fitur OCR.
  • Bisa melakukan scan kertu nama dan menyimpan data kartu nama secara digital.
Jumlah DownloadSistem OperasiRating Google Play
50 juta+Android 7 atau di atasnya4.7 (Saat artikel ini dibuat)

Fitur

Berbicara mengenai fitur, Adobe Scan memang sudah cukup mumpuni. Berikut daftar fitur utamanya:

  • Tanpa watermark.
  • Mode scan cukup lengkap mulai dari scan Whiteboard, Form, Document, dan Business Card.
  • Bisa otomatis deteksi dan scan dokumen.
  • Bisa menghapus teks tertentu pada file scan.
  • Sudah ada fitur OCR.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan yang paling saya rasakan saat pertama menggunakan aplikasi ini adalah fitur deteksi otomatis dokumen dan melakukan scan dengan sendirinya. Ini menurut saya sangat membantu jika kita ingin melakukan scan dengan cepat. Selain itu Adobe scan juga menawarkan fitur untuk menghapus bagian teks tertentu pada file. Hal ini saya rasa masih jarang dimiliki oleh aplikasi scanner lain.

Sedangkan kekurangan yang paling saya rasakan adalah saat pertama kali menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar akun terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut terintegrasi dengan penyimpanan cloud Adobe.

Kemudian selain harus mendaftar, menurut saya loading aplikasi juga lumayan berat. Saya tidak menyarankan Anda untuk menginstal aplikasi ini jika spesifikasi hp pas-pasan.

6. Clear scan

Aplikasi Clear Scan mengklaim bahwa mereka mampu melakukan scan dengan hasil profesional (kualitas tinggi) dan juga cepat. Dari segi kualitas scan memang aplikasi ini cukup baik. Tapi dari segi kecepatan, saya rasa ada yang lebih cepat (mungkin tergantung versi Android yang digunakan).

Satu hal yang saya suka dari aplikasi scan ini adalah fitur otomatis kompresnya. Kita diberikan pilihan untuk menyimpan pdf dengan ukuran asli atau yang terkompres (medium, kecil dan terkecil).

Jumlah DownloadSistem OperasiRating Google Play
10 juta+Android 4.2 atau di atasnya4.7 (Saat artikel ini dibuat)

Fitur

Aplikasi ini adalah aplikasi yang simpel dan ukuran filenya juga tidak terlalu besar. Namun fiturnya sudah cukup mumpuni. Dari beberapa fitur yang ditawarkan, ada beberapa fitur yang menurut saya menarik yaitu:

  • Bisa disambungkan otomatis dengan google drive dan tentunya tanpa watermark.
  • Fitur kompresi otomatis.
  • FItur OCR dan catatan.

Kelebihan dan kekurangan

Berbicara tentang kelebihan, menurut saya yang paling membedakan dengan aplikasi scan lain adalah adanya fitur kompres otomatis. Kemudian bisa disambungkan otomatis dengan akun google drive dan proses penyimpanan ke pdf nya tidak ribet.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu fitur OCR yang terkadang salah deteksi. Untuk hal lain sudah cukup baik, tidak ada kekurangan yang berarti.

Kesimpulan

Apabila HP anda bagus, dan ingin aplikasi scan dengan fitur lengkap. Maka pilihannya ada tiga yaitu Microsoft Lens, CamScanner dan Adobe Scan. Dari tiga pilihan tersebut menurut saya yang terbaik adalah Microsoft Lens. Alasanya karena sudah terintegrasi dengan fitur senter HP (cocok ditempat gelap sekalipun), ada fitur auto deteksi border, dan hasil scan sangat baik. Selain itu OCRnya juga sangat bisa diandalkan buat Anda yang malas mengetik catatan.

Kemudian untuk Anda yang menggunakan hp dengan spesifikasi terbatas, pilihannya ada tiga juga yaitu Tiny Scanner, Simple Scan dan Clear Scan. Untuk kategori terbaik saya memilih Clear Scan. Karena fiturnya sudah cukup mumpuni dengan ukuran aplikasi yang kecil. Ada juga fitur untuk kompres pdf otomatis dan juga OCR.

Leave a Comment