Cara Kompres PDF Menjadi 300 kb dengan Hasil Terbaik

Cara kompres pdf menjadi 300 kb atau bahkan sampai 200 kb tidaklah sulit. Ada banyak cara yang bisa kita gunakan baik online maupun offline. Terkadang situasi seperti ini kita temui saat akan mendaftar kerja atau mendaftar apapun itu. Si pendaftar dituntut untuk mengupload dokumen dengan syarat ukuran file tidak boleh lebih dari yang ditentukan, misalnya tidak boleh lebih dari 300 kb. Sedangkan file dokumen yang kita punya ternyata ukurannya melebihi itu. Maka jalan satu-satunya adalah kamu harus mengkompres file pdf tersebut.

Meskipun sudah banyak cara untuk mengecilkan file pdf, namun untuk memperkecil sampai diukuran 300 kb saya yakin tidak semua cara bisa. Selain cara yang digunakan, kondisi file yang akan dikompres juga sangat berpegaruh terhadap hasilnya nanti.

Cara kompres pdf menjadi 300 kb

Apa saja syarat agar file pdf yang kita kompres berhasil dan sesuai (baik dari segi ukuran file dan kualitas)?

  1. File pdf harus asli (bukan berasal dari file yang sudah dikompress sebelumnya)
  2. Apabila file pdf tersebut hasil scan, maka pastikan gambar hasil scan yang dijadikan pdf belum pernah di kompres sedikitpun.

Kenapa demikian? Karena apabila kita mengecilkan file yang sudah dikompres sebelumnya, sudah pasti hasilnya tidak akan sesuai dan kualitasnya justru akan semakin buruk.

Pada artikel sebelumnya saya sudah menulis tentang topik yang sama yaitu cara terbaik untuk mengecilkan file pdf. Apabila kamu belum membacanya silahkan baca artikel tersebut. Cara pada artikel tersebut juga saya rekomendasikan untuk mengecilkan file pdf hingga menjadi 300 kb. Adapun bagaimana hasilnya, berikut saya berikan presentasinya setelah saya coba kompres file pdf yang sama:

  • Small pdf dapat mengurangi ukuran file pdf hingga 90%.
  • PDF compressor pro mengurangi ukuran pdf sebanyak 93% dengan compress quality 30% DPI 120.
kompres pdf menjadi 300 kb menggunakan smallpdf
kompres pdf menggunakan smallpdf

Jika kamu menggunakan cara di atas saya yakin pasti sudah berhasil memperkecil file pdf sesuai yang kamu inginkan. Namun apabila tidak berhasil, saya masih mempunyai cara lain.

Cara lain ubah ukuran pdf menjadi 300 kb

Sebagai catatan bahwa cara ini khusus diperuntukkan file hasil scan yang belum diubah ke file pdf (masih dalam format gambar jpeg, tiff dll). Selain itu juga cara ini cocok untuk compress file hasil scan yang hanya terdiri dari beberapa lembar file saja .

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Silakan buka aplikasi Ms. Word
  2. Masukkan file hasil scan yang ingin di compress
  3. Atur margin wordnya agar sesuai contoh kompres pdf 300 kb
  4. Klik file > export > pilih create PDF/XPS. Pada kotak dialog export pilih minimum size (publishing online). contoh kompres minimum size
  5. Selesai

Sebagai gambaran, saya mencoba mengecilkan file hasil scan sebesar 1.53 Mb dan hasil compressnya menjadi 150 kb. Cara ini sangat simpel dan hasil kompresnya tidak terlalu mengecewakan.

Oiya cara di atas khusus untuk file yang masih berupa gambar, jadi file tersebut dibuat pdf di word sekaligus dikompres. Namun jika filenya sudah menjadi pdf, saya sarankan untuk menggunakan smallpdf tools. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka halaman kompres smallpdf.
  2. Klik “Pilih PDF”, kemudian cari file pdf yang ingin dikompres. Pilih open.
  3. Tunggu proses upload selesai. Kemudian pilih “Kompresi Dasar” (versi gratis) dan klik “Pilih Opsi”.
  4. Terakhir klik “Unduh”. File pdf sudah terkompres.

Jika cara di atas masih belum bisa juga untuk kompres pdf menjadi 300 kb, silahkan baca cara mengecilkan pdf dengan hasil kompres paling kecil. Atau cara terakhir kamu gunakan cara kompres pdf offline yang bisa diubah ukuran pdfnya sesuka hati. Silahkan baca artikelnya pada link pertama di atas (cara tersebut lebih baik daripada teknik kompres smallpdf gratisan).

Kesimpulan

  • Jika file yang ingin kamu kecilkan masih berupa gambar, silahkan gunakan cara pertama menggunakan microsoft word.
  • Namun jika filenya sudah dalam bentuk pdf, silakan gunakan cara kedua yaitu menggunakan smallpdf.
  • Jika masih belum berhasil juga, cara yang paling ampuh adalah menggunakan alat kompres pdf offline. Silahkan cari aplikasi PDF Compressor Pro (ingat yang pro ya). Dengan cara ini kamu bisa kompres pdf hingga ukuran terkecil.

Silahkan kamu coba sendiri mana yang lebih baik untuk kompres pdf menjadi 300 kb, semoga bermanfaat!

1 thought on “Cara Kompres PDF Menjadi 300 kb dengan Hasil Terbaik”

Leave a Comment