Cara Download Gambar Tanpa Background

Saya yakin setiap orang yang bergelut dengan dunia desain pasti butuh dengan gambar yang backgroundnya transparan. Gambar ini biasanya adalah gambar dengan format PNG. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara download gambar tanpa background paling mudah.

Sebenarnya kita bisa menghapus background gambar secara manual, hanya saja terkadang cara ini kurang praktis. Apabila ada yang lebih mudah tinggal download, untuk apa kita gunakan cara manual. Ya kan? Lumayan bisa hemat waktu.

Untuk mendownloadnya, kita bisa memanfaatkan situs-situs yang menyediakan stok gambar PNG. Seperti pixabay, pngdownload, pngtree dan masih banyak lainnya. Namun situs tersebut terlalu banyak, sehingga kadang susah untuk mengingatnya satu persatu.

Cara mudah mencari dan download gambar tanpa background

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa kita bisa saja mencari gambarnya di situs-situs penyedia gambar PNG langsung. Hanya saja sangat susah mengahafal situs-situs tersebut, karena lumayan banyak. Oleh karena itu kita memanfaatkan pencarian google yang lebih mudah.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka pencarian google

Anda bisa mengetikkan google.com maupun google.co.id.

2. Ketikkan kata kunci gambar yang dicari dengan akhiran PNG

Misalnya Anda ingin mencari gambar motor tanpa background. Maka ketikkan di pencarian google seperti ini “Motor PNG”. Pastikan untuk menyertakan ekstensi PNG di akhir kata kunci Anda.

Hal ini untuk memfilter pencarian kita agar yang tampil hanya gambar motor dengan format PNG saja. Format PNG adalah format gambar yang biasanya digunakan untuk gambar backgrund transparan.

3. Pilih gambar

Cara Mencari gambar tanpa background

Setelah mengetikkan kata kunci gambar, maka akan muncul beberapa gambar dengan format PNG. Silahkan klik Image untuk menampilkan hasil pencarian gambar lebih banyak.

Setelah itu pilih salah satu gambar yang Anda inginkan. Ciri-ciri gambar yang memiliki background transparan adalah muncul kotak-kotak pada backgroundnya. Lihat ilustrasi di atas!

4. Download gambar

Download gambar

Untuk mendownload gambarnya, kita tidak bisa langsung menyimpan dengan cara klik kanan kemudian Save as Image. Jika menggunakan cara tersebut gambar tetap memiliki background.

Agar tidak memiliki background, Anda harus mendownloadnya melalui halaman penyedia gambar tersebut. Silahkan klik url pada gambar, maka Anda akan diarahkan ke halaman webnya langsung. Kemudian klik tombol download > centang captcha, maka gambar akan langsung terdownload otomatis.

Saat ini untuk mendownload gambar png transparan kita tidak bisa menyimpannya langsung dari pencarian google. Karena situs penyedia png sudah pintar, mereka tahu kalau ini merugikan mereka. Sehingga mereka menyertakan watermark pada gambar yang tampil di google.

Lagi pula cara download di situs mereka kebanyakan juga tidak susah. Tidak seperti download film yang muter-muter baru dapat link aslinya. Yahh,, itung-itung support ke mereka kan?

Baca juga: Cara memperoleh gambar gratis bebas hak cipta.

Itulah cara yang saya gunakan selama ini untuk mencari gambar-gambar yang tidak memiliki background. Cara ini menurut saya lebih simpel daripada harus membuka satu-satu situs tertentu. Sekian, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan komentar