Cara Kompres File Word (Berkurang Hingga 86%)

Banyak orang yang masih bingung tentang cara kompres file word. Padahal caranya sangat mudah bahkan microsoft word sendiri menyediakan toolsnya untuk melakukan itu. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menuliskan cara memperkecil file word yang mudah dalam beberapa klik saja.

Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang cara memperkecil ukuran file pdf. Silahkan dibaca jika ingin kompres file pdf.

Apa penyebab file word ukurannya menjadi besar?

Penyebab utamanya adalah file gambar dan format text atau grafik yang diembed. Semakin banyak gambar yang dimasukkan ke dalam file, maka akan semakin besar pula ukurannya. Selain itu pastikan untuk tidak mengcopy tulisan beserta formatnya maupun grafik dari web ke word. Hal ini bisa menambah ukuran file dan sulit dikompres.

Pastikan kamu hanya mengcopy teks saja tanpa format dan jika ingin menyisipkan grafik gunakan gambar. Download terlebih dahulu gambarnya kemudian insert ke word. Akan lebih baik lagi jika kamu membuat grafik langsung di aplikasi word.

Cara kompres file word

Kebanyakan website di google saya lihat menyediakan cara kompres yang ribet. Harus mulai dengan mengklik picture tools format > compress picture > ubah ukuran gambar dll. Padahal ada cara untuk melakukan itu semua secara mudah dan lebih singkat.

Cara mengecilkan file word offline

Untuk mengecilkan file word secara offline kita cukup menggunakan microsoft word. Pada dasarnya cara ini sama dengan yang dituliskan oleh website lain, hanya saja cara ini lebih singkat dan praktis. Karena dilakukan bersamaan saat kita ingin menyimpan file wordnya. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Silahkan buka file word yang ingin dikecilkan.
  • Klik File > Save As > Browse seperti saat kita ingin menyimpan file.
  • Kemudian klik pada bagian Tools > Compress Picture
  • Centang Deleted cropped areas of picture dan bagian Resolution pilih Email (96 ppi).
kompress file word offline
  • Klik Ok dan Save untuk menyimpan.
  • Selesai

Cara compress file word jadi kecil online

Dari sekian banyak cara kompres file word online, menurut saya hanya tool ini yang memberikan hasil paling kecil. Saya sudah mencoba bandingkan dengan tool smallpdf versi free dan wecompress, tapi tidak ada yang lebih baik dari ini. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk kompres word online.

  • Kunjungi situs Clipcompress
  • Drop file wordnya atau klik Select file to compress.
  • Tunggu proses upload dan kompres selesai.
  • Download file.

Setelah mendownload file hasil kompress, kita bisa langsung menghapus filenya dari server dengan mengklik Delete file from server.

Cara online di atas juga bisa digunakan untuk kompres file word di Android atau melalui device apa saja. Berikut perbandingan hasil kompress dari cara online dan offline tersebut:

Perbandingan hasil kompres file word

Lumayan kan hasilnya? Bisa berkurang hingga 86% dari ukuran aslinya yang 15 MB. Selain menggunakan situs clipcompress.com, kamu juga bisa menggunakan situs wecompress.com.

Oiya hasil ini terkadang bisa saja berbeda tergantung dari kondisi file word yang Anda buat.

Tips yang mungkin bisa mengurangi ukuran dokumen word

Selalu gunakan insert untuk memasukkan gambar

Seperti yang saya jelaskan di awal, agar file bisa terkompres sempurna jangan langsung copy paste gambar maupun grafik. Karena akan membuat ukuran word membengkak dan sulit terkompresi. Kemudian gunakan format gambar jpg untuk warna kompleks (photo) dan png untuk gambar sederhana (sedikit warna).

Resize ukuran gambar

Setelah melakukan insert gambar jangan lupa untuk membuang bagian gambar yang tidak diperlukan. Misalnya seperti gambar screenshot, sebaiknya gunakan bagian gambar yang diperlukan saja.

Jangan copy paste format text dari aplikasi lain

Entah ini berhubungan secara langsung atau tidak. Tapi microsoft word tidak merekomendasikan untuk melakukan embed style font jika ingin memperkecil ukuran file.

Bagikan:

Leave a Comment