tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Cara Memperkecil Ukuran PDF dengan Hasil Paling Kecil

1 min read

Hasil kompres pdf hingga ukuran terkecil

Cara memperkecil ukuran pdf sudah banyak sebenarnya saya tulis di blog ini. Silahkan kamu cari melalui menu pencarian blog. Salah satunya yaitu cara mengecilkan file pdf dengan cara online maupun offline. Namun terkadang kita menemukan file pdf yang sudah kita kompres tapi tetap tidak mau kecil.

Kita sering menjumpai kasus dimana saat mendaftar lamaran kerja atau mendaftar yang lainnya, ukuran file pdf yang kita kompres masih berada di atas syarat minimalnya. Hasilnya kita tidak bisa mengupload berkas pendaftaran karena melebihi ukuran maksimum. Hal ini terkadang membuat banyak orang gregetan. Padahal sebenarnya bisa saja itu bukan ukuran terkecil dari hasil kompresnya.

Pada artikel ini saya akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Sebenarnya penyebab masalah tersebut adalah terletak pada cara kita mengkompresnya. Terkadang antara file pdf yang satu dan file pdf yang lain itu mempunyai kondisi yang berbeda. Oleh karena itu terkadang satu metode bagus, tapi ketika diganti dengan file pdf yang lain ukurannya tidak mau kecil.

Jika kondisinya demikian, cara untuk mengatasinya adalah dengan mencoba menggunakan berbagai metode. Beberapa metode kompres pdf yang sudah saya tulis adalah:

  1. Cara memperkecil ukuran pdf menjadi 300 kb.
  2. Cara terbaik memperkecil ukuran file pdf.

Jika kamu sudah menggunakan semua cara itu namun tidak berhasil, coba gunakan cara berikut untuk mengecilkan ukuran pdf supaya ukurannya bisa lebih kecil.

Cara memperkecil ukuran pdf hingga paling kecil

  1. Silahkan buat pdf dari word.
  2. Jika file yang kamu buat dari gambar hasil scan silahkan atur sesuai keinginan.
  3. Setelah selesai, ubah ke pdf dengan cara klik File > Export > Create PDF/XPS.
  4. Kemudian pilih Minimum size (publishing online)seperti gambar berikut ini:Publish ke minimum size
  5. Setelah itu, silahkan kompres file pdf hasil export dari word tadi menggunakan smallpdf.com. Atau jika ingin mendapatkan ukuran yang lebih kecil lagi gunakan PDF Compressor (bisa juga menggunakan aplikasi kompres offline lain). Atur menjadi seperti ini:pdf compressor pro

Berikut hasil ukuran file pdf setelah dikompres dan sebelum dikompres menggunakan cara di atas. File yang saya kompres adalah file gambar hasil scan yang saya jadikan pdf dengan ukuran 1,814kb.

hasil file pdf setelah dikompres

Kemudian bagaimana dengan tulisannya apakah masih bagus? apakah masih bisa dilihat? Berikut ini hasil dari kompres pdf dengan ukuran file paling kecil yaitu 49 kb.

Hasil kompres pdf hingga ukuran terkecil

Oiya gambar di atas sudah saya kompres ulang sebelum saya upload sehingga kualitasnya mungkin agak menurun sedikit.

Sekian cara memperkecil atau cara kompres file pdf hingga ukuran paling kecil. Jika kamu mengalami kendala atau mempunyai cara lain jangan sungkan untuk berkomentar.

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *