Cara Membuat Landscape pada Halaman Tertentu di Word

Membuat layout halaman landscape di Word memang mudah. Namun bagaimana jika kita ingin membuat landscape hanya pada halaman tertentu saja? Misalnya pada halaman 10, sedangkan untuk halaman lain layoutnya tetap portrait?

Biasanya untuk membuat halaman landscape, bisa kita lakukan dengan cara mengubah orientasinya pada menu layout. Akan tetapi cara ini akan mengubah layout keseluruhan dokumen menjadi landscape.

Oleh karena itu pada tutorial kali ini, saya akan menuliskan cara praktis supaya layoutnya tidak berubah menjadi landscape semua. Anda bebas mempraktekkannya dengan Word versi berapapun.

Menggunakan fitur Breaks

Fitur breaks adalah fitur Microsoft Word yang bisa digunakan untuk memisahkan format halaman. Sehingga fitur ini juga bisa kita manfaatkan untuk membuat layout landscape pada satu atau beberapa halaman saja.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat landscape di halaman tertentu menggunakan fitur breaks:

  • Buka dokumen dengan Microsoft Word

    Buka file dokumen Anda dengan Microsoft Word versi berapapun.

  • Posisikan kursor diakhir paragraf

    Letakkan kursor sebelum halaman yang dibuat landscape

    Letakkan kursor diakhir paragraf halaman, sebelum bagian halaman yang ingin dibuat landscape. Misal Anda ingin membuat landscape pada halama 10, maka letakkan kursor diakhir halaman 9.

  • Atur Section Breaks menjadi Next Page

    Atur layout section break menjadi Next Page

    Supaya halaman tidak menjadi landscape semua, kita pisahkan dulu format halamannya dengan halaman sebelumnya menggunakan fitur Next Page. Caranya yaitu klik menu Layout > Breaks > Next Page.

  • Ubah Orientasi halaman menjadi Landscape

    Orientasi halaman di word

    Ubah layout halaman menjadi landscape dengan cara klik Orientation > pilih Landscape.

  • Atur Section Breaks kembali

    Supaya halaman yang selanjutnya tidak menjadi landscape semua, kita pisahkan lagi formatnya dengan Next Page. Caranya yaitu dengan terlebih dahulu meletakkan posisi kursor diakhir halaman lagi (misal Anda ingin layout landscape hanya pada halaman 10, maka letakkan kursor diakhir paragraf halaman 10). Tujuannya supaya halaman 11 dan selanjutnya formatnya tidak mengikuti halaman sebelumnya.

    Setelah itu klik menu Layout > Breaks > pilih Next Page.

  • Ubah orientasi halaman menjadi portrait

    Setelah kita pisah format halamannya supaya tidak mengikuti halaman sebelumnya, kita kembalikan lagi orientasi kertasnya menjadi potrait. Dengan cara klik Orientation > Portrait.

    Selesai sekarang kita sudah berhasil membuat landscape 1 halaman di Word (dalam contoh ini halaman 10). Sedangkan untuk halaman lainnya akan tetap portrait. Mudah kan?

Menggunakan fitur Selected Text

Cara kedua ini lebih simpel, karena kita hanya mengeblok teks yang ingin diubah layoutnya menjadi landscape. Sehingga halaman lainnya tidak ikut berubah sama sekali alias tetap portrait. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Blok semua teks, tabel maupun gambar yang ingin diubah layoutnya menjadi landscape.
  • Setelah itu klik menu Layout > Margins > Custom Margins.
  • Kemudian pada Orientation pilih Landscape dan bagian Apply to pilih Selected Text.Membuat landscape halaman tertentu di word
  • Terakhir klik OK.
  • Selesai, sekarang teks yang dipilih layoutnya sudah berubah menjadi landscape.

Baca juga: Cara memunculkan kembali ukuran kertas yang hilang di Word.

Saya juga membuatkan tutorial versi videonya, silahkan tonton video berikut apabila kurang jelas.

Sekian artikel tentang cara membuat landscape pada halaman tertentu di Word. Semoga tutorial ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Tinggalkan komentar