6 Cara Membuat Link WA Dengan Cepat dan Mudah

Di awal tahun 2022, We Are Social mengungkapkan bahwa 88,7% pengguna internet di Indonesia menggunakan Whatsapp untuk berbagai kebutuhan. Seperti silaturahmi, mengirim tugas sekolah, pekerjaan, hingga jual beli online.

Whatsapp sendiri terus memperbaiki layanannya dengan menambah beragam fitur baru, salah satunya adalah “Click to Chat”. Fitur ini memudahkan komunikasi antara pengguna dengan cara membuat link WA yang bisa langsung menuju ke chat.

Baca juga: Cara Kirim Video Ukuran Besar di WA

Biasanya “Click to Chat” banyak digunakan oleh online shop atau bisnis lainnya untuk memudahkan proses transaksi dan meningkatkan penjualan. Sayangnya, masih ada yang belum tahu bagaimana cara menggunakan fitur ini.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat link WA yang mudah, cepat, dan gratis.

Untuk membuat link WA “Click to Chat”, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi/website (otomatis), atau langsung dari Whatsapp-nya (manual). Kamu bebas memilih cara mana yang paling sesuai dan lebih mudah untuk dipraktekkan.

Cara Membuat Link WA me tanpa Aplikasi (Manual)

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur pada aplikasi Whatsapp-nya langsung. Dengan cara ini, kamu hanya perlu menambahkan nomor telepon di bagian akhir link berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=

atau

https://wa.me/

Misalnya, kamu ingin membuat link untuk nomor 081234567891, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalin salah satu link yang di atas. Kemudian tempelkan di notes atau aplikasi pencatat dokumen lain yang ada di hp.

Setelah itu ketikkan nomor tadi dibelakang link-nya. Dengan catatan, angka 0 nya harus diganti terlebih dulu dengan angka 62 yang merupakan kode telepon Indonesia. Dengan begitu, link akhir akan terlihat seperti berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=61281234567891

atau

https://wa.me/6281234567891

Selesai, deh! Kamu bisa langsung meyebarkan link ini ke seluruh platform media sosial yang kamu miliki.

Cara Membuat Link WA dengan Website atau Aplikasi (Otomatis)

Cara Membuat Link WA dengan Bitly

Jika kamu ingin membuat link WA yang lebih pendek lagi, coba gunakan bantuan website Bitly. Bitly sendiri merupakan website penyingkat URL yang dipercaya oleh jutaan pelanggan di Indonesia.

Dengan cara ini kamu bisa membuat link yang lebih pendek agar terlihat lebih rapi dan mudah diingat. Adapun tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Ketik bit.ly pada browser
  • Kemudian tempelkan link manual yang sudah kamu buat sebelumnya
  • Selanjutnya klik pada tombol “Shorten”cara membuat link wa dengan bitly
  • Setelah itu, akan terlihat tampilan link yang lebih pendek dengan tombol “copy” di sampingnya
  • Klik tombol “Copy” untuk menyalin link pendek tersebut lalu tempelkan di tempat yang kamu inginkan

Cara Membuat Link WA di Instagram

Apabila kamu mempunyai bisnis atau olshop di Instagram dan ingin calon pelanggan untuk menghubungi kamu tanpa ribet, kamu bisa mencoba membuat link WA di Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka Instagram dan login ke akun kamu
  • Klik Profil kemudian klik “Edit Profil”
  • Di kolom website, tempelkan link bitly atau wa.me yang telah dibuat
  • Simpan perubahan dengan tap tombol “Simpan”

Cara Membuat Link WA dengan Pesan Custom

Jika kamu ingin membuat link WA dengan pesan custom yang cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan website wa.wizard.id.

Dengan bantuan website ini kamu bisa menambahkan pesan custom yang akan terketik otomatis setelah pelanggan mengklik link wa kamu.

Lebih efektif dan efisien, kan? Yuk, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat link WA secara otomatis:

  • Ketikkan wa.wizard.id di browser
  • Lalu tulis nomor telepon yang kamu gunakan pada kolom “Isi Nomor Whatsapp Anda”
  • Setelah itu, tuliskan pesan otomatis dalam kolom “Isi pesan Whatsapp auto order anda di sini”
  • Selanjutnya klik tombol “Generate Link” untuk mendapatkan link nomor WA milikmu
    cara membuat link wa dengan pesan custom
  • Salin dan tempelkan link tersebut di seluruh platform yang kamu inginkan

Cara Membuat Link WA untuk Olshop

Saat browsing di internet, kamu pasti pernah melihat tombol atau gambar seperti di bawah ini.

cara membuat link wa untuk olshop

Gambar tersebut disebut juga sebagai “Call To Action Whatsapp Button” yang digunakan untuk mengajak pengunjung website menghubungi atau melakukan transaksi secara langsung lewat Whatsapp.

Ternyata untuk membuat gambar seperti itu, bisa dilakukan dengan mudah menggunakan CMS WordPress, lho! Cara ini hanya bisa dilakukan untuk online shop yang membuat website sendiri dengan WordPress. Berikut panduannya:

  1. Cari desain CTA Whatsapp Button di Google dan pilih yang paling kamu sukai
  2. Setelah itu, “Add Media” pada WordPres yang kamu kelola
  3. Kemudian klik ikon “link” lalu tambahkan gambar yang kamu simpan sebelumnya
  4. Tempelkan link WA milikmu dan isi Alt Image-nya
  5. Setelah menempelkan link-nya, tinggal klik “Add Link”.

Silakan tes dengan cara meng-klik gambar CTA Whatsapp yang kamu buat dan cek apakah nomor WA yang dituju sudah sesuai atau belum.

Cara Membuat Link WA dengan Nama Menggunakan S.id

S.id merupakan penyingkat link buatan Indonesia yang syarat penggunaannya lebih ringkas dan praktis. Selain itu, kamu juga bisa membuat link sendiri menggunakan nama perusahaan atau olshop milikmu agar terlihat lebih unik.

Misalnya, kamu bisa membuat link s.id/[nama_olshop] dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru. Terlebih di jaman sekarang, banyak sekali link spam yang disalahgunakan untuk keperluan buruk.

Untuk membuat link-nya, pertama kamu harus mengunjungi website home.s.id lalu membuat akun menggunakan email aktif milikmu. Setelah itu, salin link WA yang sudah kamu buat sebelumnya dan tempelkan pada kotak yang tersedia.

Klik tombol “Singkatkan” dan tunggu prosesnya sampai selesai. Setelah selesai, kamu akan melihat tombol “Ganti” di bagian bawah link-nya. Klik tombol tersebut, dan tuliskan nama sesuai keinginanmu.

Terakhir, klik tombol “Simpan” dan tempelkan link-nya di seluruh platform yang kamu inginkan.

Nah selesai sudah pembahasan tentang cara membuat link WA secara otomatis atau manual yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar