Cara Kirim Video Ukuran Besar Lewat Whatsapp (lebih dari 16mb)

Bingung cara kirim video ukuran besar lewat whatsapp? Pada dasarnya whatsapp membatasi penggunanya untuk mengirim file video dengan batas maksimal 16mb. Tapi kita masih bisa mengirimkan video dengan ukuran lebih dari 16 mb dengan trik tertentu.

Banyak orang saat ini menggunakan media whatsapp untuk berkomunikasi. Terkadang tidak hanya sekedar mengirimkan teks biasa, tapi juga mengirimkan video ke klien atau orang lain. Namun sayangnya whatsapp memberikan batasan terkait foto, video, atau pesan suara yang dapat dikirim yaitu sebesar 16 mb.

Berikut keterangan resmi yang saya ambil dari halaman resmi whatsapp:

Ukuran file maksimum yang diizinkan untuk semua media (foto, video, atau pesan suara) yang dapat dikirim atau diteruskan melalui WhatsApp adalah 16 MB pada semua platform. Pada kebanyakan telepon, ukuran ini sama dengan video yang berdurasi sekitar 90 detik hingga 3 menit. Durasi maksimum video berbeda-beda tergantung pada kualitas kamera video telepon Anda.

Halaman FAQ Whatsapp

Tidak hanya mengirim, tapi kita juga tidak bisa meneruskan pesan video yang ukurannya lebih dari 16mb.

Lantas bagaimana cara kirim video ukuran besar lewat whatsapp jika lebih dari 16mb?

Bayak cara yang bisa digunakan. Berikut beberapa cara paling mudah yang bisa digunakan

1. Kirim video seperti biasa

Whatsapp versi terbaru saat ini sudah mendukung otomatis kompres video. Jadi jangan khawatir jika video yang ingin Anda kirimkan mempunyai ukuran lebih dari 16 mb. Bisa saja setelah terkompres oleh whatsapp ukurannya tidak sampai 16mb.

Selain itu di whatsapp versi terbaru batas video yang bisa dikirim sepertinya bukan 16mb. Karena saya coba kirim video 17mb berhasil terkirim tidak ada masalah. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Update terlebih dahulu versi whatsapp yang digunakan
  • Cari file video yang ingin dikirimkan kemudian pilih bagikan melalui whatsapp.
  • Pilih kontak WA yang ingin dikirimkan videonya.
  • Akan tampil preview videonya seperti gambar berikut (video contoh yang saya kirim ini ukuran aslinya 33 mb kemudian terkompres oleh WA menjadi 14 mb).
Kirim video lewat whatsapp
  • Terakhir klik kirim.

2. Kirim video di whatsapp sebagai file

Berbeda dengan foto, video atau audio, mengirim pesan dalam bentuk file di whatsapp diberi batas maksimum hingga 100mb. Oleh karena itu jika Anda ingin mengirim video full dengan ukuran lebih besar dari 16mb, lebih baik gunakan format file dalam mengirim videonya. Cara ini juga bisa digunakan untuk kirim video di whatsapp web.

Berikut langkah-langkah cara mengirim video lewat wa lebih dari 16mb:

  • Klik ikon file di whatsapp kemudian pilih dokumen seperti gambar berikut.
Kirim video  di whatsapp sebagai dokumen
  • Pilih file video yang ingin dikirim. Sebagai contoh saya akan mengirimkan video dengan ukuran 23.5 MB. Selanjutnya pilih Buka.
cara mengirim video lewat wa lebih dari 16mb
  • Terakhir klik kirim.

3. Kirim video yang lebih besar dari 100 MB

Dua cara di atas berlaku untuk kirim video yang ukurannya di bawah 100 mb. Jika melebihi itu, maka cara tersebut tidak bisa digunakan lagi. Karena whatsapp memberikan batas maksimalnya 100 MB.

Untuk mengirim video lewat whatsapp yang lebih dari 100 mb, saya sarankan Anda menyimpannya di google drive. Karena cara ini menurut saya yang paling mudah. Saya yakin semua orang pasti mempunyai akun google drive.

Anda juga bisa mengakalinya dengan mengkompres terlebih dahulu video tersebut. Cara ini memang terkesan agak ribet. Jika jaringan Anda bagus, lewati saja cara ini.

Namun jika ukuran videonya sampai 1 GB atau lebih dan jaringan Anda tidak mendukung. Saya sarankan lebih baik kompres terlebih dahulu agar saat upload video tidak terlalu lama.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk kirim video whatsapp yang lebih besar dari 100 mb.

  • Login ke akun google drive terlebih dahulu
  • Upload videonya ke akun google drive
  • Bagikan videonya dengan cara klik titik tiga pilih Bagikan.
Kirim video whatsapp lebih dari 100mb
  • Klik tanda gembok di bagian bawah tulisan “Yang memiliki akses” seperti gambar di bawah. Kemudian klik Ubah > Pengakses lihat saja.
Kirim video lebih dari 100mb di whatsapp
  • Silahkan copy linknya, kemudian paste kan ke kotak pesan whatsapp dan klik kirim.

Itulah beberapa cara kirim video ukuran besar lewat whatsapp (lebih dari 16mb) yang bisa digunakan. Silahkan pilih mana yang cocok sesuai kebutuhan Anda. Semoga membantu!

Leave a Comment