Bingung Cara Memilih Jasa Financial Consultant? Coba Tips ini

Memilih konsultan keuangan atau Financial Consultant memang sedikit membutuhkan kejelian. Pasalnya Anda akan mencari orang yang mengurus masalah terkait keuangan Anda pribadi maupun perusahaan. Sama halnya dengan membeli baju di pasar. Anda terlebih dahulu harus mengamati, dan mencari dalam beberapa saat agar mendapat baju sesuai dengan yang diinginkan.

Kenapa memilih jasa financial consultant itu penting?

Seperti yang saya katakan di awal, bahwa memilih jasa konsultan keuangan mirip dengan Anda memilih baju di pasar. Anda tentu ingin mencari baju yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan nyaman. Begitu juga dengan konsultan keuangan, Anda harus mencari orang yang benar-benar bisa menghandle masalah keuangan bukan justru menambah masalah yang ada.

Oleh karena itu pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa parameter yang perlu Anda perhatikan ketika memilih konsultan keuangan.

1. Tentukan layanan yang Anda butuhkan

Sebelum masuk ke hal lainnya pastikan Anda sudah tahu apa kebutuhan spesifik yang diinginkan. Apakah Anda mencari bantuan dengan perencanaan keuangan, rencana pensiun, simulasi kredit atau hanya seseorang yang membantu Anda membuat laporan pajak?

Konsultan keuangan ibarat dokter, mereka pasti mempunyai keunggulan dibidang tertentu. Mustahil jika mereka bisa ahli di semua bidang. Karena terkait dengan pengalaman yang sering mereka lakukan. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu apa kebutuhan Anda agar bisa mendapatkan orang yang sesuai.

2. Tanyakan terkait latar belakang financial consultant dan pengalamannya

Biasanya mereka akan langsung menjelaskan latar belakang dan keunggulannya. Anda jangan terpaku dengan apa yang mereka sampaikan saja. Tapi coba gali informasi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Misalnya “klien seperti apa saja yang pernah mereka tangani? dan berapa lama?” Hal ini untuk meyakinkan Anda sendiri, apakah mereka orang yang tepat atau bukan.

Kemudian misalnya jika Anda dihadapkan dengan konsultan yang memiliki gelar tinggi dan yang tidak. Saran saya abaikan terlebih dahulu gelar tersebut. Gelar tidak menjamin seseorang ahli ketika menghadapi masalah langsung dilapangan. Perhatikan pengalamannya terlebih dahulu. Semakin banyak pengalaman tentunya pasti akan semakin ahli.

3. Tanyakan fee terkait jasa mereka

Tentu biaya akan sesuai dengan detail pekerjaan yang Anda minta. Semakin kompleks akan semakin mahal. Oleh karena itu sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki. Diskusikan layanan apa saja yang diberikan dan perlu atau tidak Anda menggunakannya.

Tanyakan juga terkait metode pembayaran, apakah bisa dilakukan pembayaran bertahap? Karena sekarang banyak konsultan keuangan yang membuka sistem seperti ini.

4. Interview dengan beberapa financial consultant

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memilih orang yang tepat. Tanyakan semua hal yang sama terhadap mereka mulai dari kebutuhan Anda, klien yang pernah mereka tangani, hingga ke biaya. Secara tidak sadar Anda akan tahu apakah orang tersebut cocok. Apakah Anda perlu menyesuaikan diri dengan mereka atau mereka yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Terkadang bentuk komunikasi bagi seseorang itu penting. Karena tidak semua orang mempunyai kecocokan yang sama. Pertimbangkan juga seberapa sering dan bagaimana mereka akan berkomunikasi nantinya.

5. Tanyakan terkait sertifikasi

Apabila Anda butuh seorang perencana keuangan, pertimbangkan untuk menanyakan terkait sertifikasi mereka (jika ada). Karena perencana keuangan bukanlah tugas yang simpel. Butuh orang yang ahli dan berpengalaman. Salah satunya yaitu dibuktikan dengan CFP (Certified Financial Planner).

Untuk di Indoensia sendiri, biasanya sertifikasi profesi untuk perencana keuangan dipegang oleh lembaga Financial Planning Standards Board (FPSB).

Lain halnya jika hanya ingin mencari konsultan keuangan untuk membuat SPT Anda. Cukup cari orang yang sering mengurusi hal ini, tanpa harus memperhatikan sertifikasi juga sudah cukup.

Dimana saya bisa mencari jasa financial consultant?

Di era pandemi sekarang ini mengharuskan kita untuk mengurangi aktivitas luar ruangan. Meskipun demikian, hal ini tidak akan mempersulit kita untuk mencari jasa mereka. Sekarang justru banyak orang-orang yang membuka layanan konsultan finansial freelance untuk skala mikro.

Salah satunya yaitu melalu situs Fastwork. Situs ini merupakan salah satu situs freelance profesional yang terkenal di Indonesia. Silahkan kunjungi halaman https://fastwork.id/financial. Ada banyak jenis jasa konsultan keuangan yang ditawarkan disana. Mulai dari pembuatan jasa akuntansi, konsultan pajak, laporan keuangan, pembukuan, pembuatan estimasi RAB/RAP, dll.

Selain mudah, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui platform fastwork ini yaitu harga jasa yang ditawarkan bersaing bahkan mulai dari 150ribu. Meskipun terjangkau, Fastwork telah memastikan tenaga freelance yang Anda gunakan merupakan profesional yang telah berpengalaman di bidangnya. Fastwork melakukan verifikasi khusus terlebih dahulu untuk menentukan apakah seseorang layak untuk dipekerjakan dan digunakan jasanya.

Tersedia metode pembayaran bertahap dan Anda juga bisa minta melakukan revisi sebelum menyetujui hasil pekerjaannya. Cukup simpel dan aman!

Itulah beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan ketika memilih jasa konsultan keungan. Hal paling penting adalah utamakan cek dan ricek terlebih dahulu. Terutama jika Anda belum pernah menggunakan jasa konsultan keuangan sebelumnya.

Leave a Comment