Cara Memilih Kampus yang Tepat dan Menilai Kualitas Sebuah Perguruan Tinggi

Ternyata masih banyak dikalangan lulusan SMA/SMK yang masih bingung dalam memilih universitas tempat kuliahnya. Padahal sekarang jaman sudah canggih, butuh apa saja mudah mencarinya. Semua informasi berada dalam satu tempat. Cukup ketikkan nama kampusnya maka semua informasi tentang kampus tersebut akan muncul.

Namun jika kamu malas membaca isi setiap website kampus yang isinya banyak banget. Beberapa tips dibawah ini dapat kamu jadikan rujukan untuk memilih dan menilai kualitas dari perguruan tinggi yang akan kamu pilih:

1. Nama, Pastikan Terdaftar di Kemenristekdikti

Pertama yang harus kamu lihat adalah namanya terlebih dahulu. Cek apakah nama kampusnya terdaftar resmi di kementerian pendidikan tinggi. Cara ceknya juga sangat mudah, silahkan kunjungi (https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi). Kemudian isikan nama universitas yang akan kamu cek.

Ingat jangan sekali-kali kuliah ditempat yang tidak terdaftar resmi di Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi. Karena ijazahnya nanti akan percuma. Ijazah tersebut tidak akan diakui dimanapun.

2. Usia = Popularitas Kampus

Setelah mengecek namanya dan terdaftar di ristekdikti, hal selanjutnya adalah usia kampus tersebut. Kenapa usia kampus penting? Penting karena jangan sampai kamu menjadi alumni yang serba keterbatasan dan perintis. Memang tidak ada salahnya, namun jika ada pilihan yang lebih baik mending tidak usah.

Kampus yang usianya sudah mapan tidak hanya lebih unggul dari segi fasilitas tetapi juga kualitas. Seperti prestasi, kerjasama, dan tentunya tenaga pendidiknya.

3. Akreditasi

Hal selanjutnya adalah akreditasinya baik akreditasi kampus maupun program studi yang akan dipilih.

Apa pentingnya sebuah akreditasi? Penting sekali!

Kamu akan merasakan betapa pentingnya sebuah akreditasi ketika mendaftar sebuah beasiswa atau lamaran kerja. Akreditasi ibarat tingkatan dan menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi maupun program studi di indonesia. Tingkatannya bervariasi antara A, B dan C. Namun sebagai acuan pilih kampus dan jurusan minimal terakreditasi B.

Bagaimana cara cek akreditasi perguruan tinggi dan program studi (prodi) terbaru?

Cara mengeceknya secara akurat yaitu dengan mengunjungi website BAN PT. Hindari mencari akreditasi dengan mengetikkan keyword di google. Karena banyak data akreditasi yang disajikan kadang sudah kadaluarsa. Silahkan kunjungi (https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php) untuk cek akreditasi perguruan tinggi sedangkan untuk jurusan  di (https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php).

4. Biaya kuliah

Cara memilih kampus yang tepat selanjutnya adalah dengan mengecek terlebih dahulu biaya kuliahnya. Terutama jika kampus tersebut adalah kampus swasta. Biasanya kampus swasta mempunyai biaya kuliah lumayan besar, karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Periksa secara rinci biaya apa saja yang harus dikeluarkan selama kuliah di kampus tersebut. Pastikan untuk mengeceknya berdasarkan jurusan. Karena setiap jurusan mempunyai biaya kuliah berbeda.

Baca juga: Siapapun Bisa Kuliah di Perguruan Tinggi Favorit, Bahkan GRATIS!

Cara mengeceknya biaya kuliahnya bagaimana?

Cara satu-satunya dan paling valid adalah dengan bertanya ke mahasiswa yang kuliah disana. Namun terkadang banyak juga universitas sudah menjelaskan berapa biaya kuliah setiap prodi di websitenya.

5. Lingkungan

Dengan menggunakan empat cara di atas saya yakin kamu sudah menemukan mana kampus yang tepat. Tapi tidak hanya itu saja, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jarak dan lingkungan.

Sudah pasti semakin jauh tempatnya biaya hidup juga akan bertambah. Belum lagi lingkungan disana, jika lokasinya berada di perkotaan sudah bisa dipastikan biaya hidup akan mahal. So, pertimbangkan baik-baik! Tanyakan ke orang yang berada di lingkungan tersebut untuk informasi lengkapnya.

7. Alumni

Kebanyakan universitas yang berkualitas mereka akan mempunyai data alumninya secara lengkap. Lihat siapa-siapa saja alumni terkenal dari univesitas tersebut. Lihat melalui berita alumni di website mereka. Jika hal ini susah, kamu langsung cari saja melalui om google dengan keyword “Alumni sukses (nama universitas)”, atau bisa juga dengan “Tokoh penting (nama universitas).

8. Jurnal/Publikasi

cara menilai kualitas perguruan tinggi

Hal penting selanjutnya yang menjadi tolok ukur berkembangnya suatu perguruan tinggi adalah banyaknya jurnal publikasi penelitiannya. Selain melakukan pencarian secara umum melalui google, kamu juga bisa melihatnya melalui data di ristekdikti.

Caranya silahkan kunjungi link berikut Data Publikasi Penelitian Perguruan Tinggi. Masukkan kata kunci bidang ilmu (nama program studi), masukkan captcha dan klik cari. Maka semua data penelitian akan muncul.

9. Kualitas tenaga pengajar (dosen)

Biasanya kita melihat kualitas tenaga pengajar darimana? Dari gelarnya kan? Ya benar sekali. Dari gelar kita bisa tahu kebanyakan lulusan apa dan lulusan darimana dosen tersebut. Kamu juga bisa mengecek semua data ini dengan mudah di ristekdikti. Silahkan kunjungi Data Dosen Perguruan Tinggi. Kamu hanya perlu memasukkan nama universitas dan isikan captcha kemudian klik cari dosen. Maka semua dosen kampus tersebut akan muncul.

Berdasarkan penjelasan di atas, sekarang kamu menjadi tahu banyak tentang kampus yang akan kamu pilih kan? Sudah tidak ragu lagi untuk memilih mana perguruan tinggi yang berkualitas dan tidak.

Sekian dari saya tentang artikel cara memilih kampus yang tepat dan menilai kualitas sebuah perguruan tinggi. Jika bermanfaat silahkan dishare ke teman-teman lain yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar