Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector (Tidak Bisa di Install)

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install) . Ada beberapa penyebab laptop tidak bisa diinstal ulang antara lain: hardisk rusak/bad sector, tipe hardisk berbeda dengan bootable yang dibuat (untuk legacy biasa menggunakan tipe MBR sedangkan UEFI tipe hardisknya GPT), sampai pengaturan pada laptopnya sendiri.

Terkait dengan laptop tidak bisa instal ulang,, beberapa minggu yang lalu saya mengalami masalah terhadap laptop saya. Laptop saya hang not responding lama sekali dan tiba-tiba crash restart sendiri dan alhasil setelah restart laptop tidak bisa masuk ke windows. Setelah restart ada tulisan “your PC ran a problem and need to restart…” bla.. bla..

Saya pikir hanya masalah sepele, kemudian saya coba restart berulangkali hasilnya tetap sama saja. Saya sempat agak panik, heran kenapa laptop saya tiba-tiba not responding dan langsung rusak??

Akhirnya setelah putus asa Googling sana sini tidak dapat penyelesaian, terpaksa jalan terakhir instal ulang laptop. Pada saat install saya sempat heran lagi ketika masuk boot diklik install kenapa kok loadingnya lama sekali ? sekitar 10 menitan lebih loading, gak biasanya lama seperti ini. Begitu selesai loading saya install seperti biasa dan apa hasilnya??

Setelah menunggu lama sekali ternyata installnya tidak selesai dan ujungnya error juga bla..bla..( gak ingat apa tulisannya). Mulai dari sini saya sangat panik, kenapa laptop saya tidak bisa di install ulang? jangan-jangan hardisknya bermasalah?

Setelah googling lagi saya semakin yakin bahwa hardisknya yang error. Saya menduga hal ini terjadi mungkin karena sering mematikan laptop secara paksa. Akhirnya saya nyerah dan membawanya ke tukang service. Tapi hasilnya nihil saya justru disarankan untuk mengganti hardisk dan harganya 600rbuan. Ampuunn dehh..

Lalu apa yang saya lakukan??

Saya bawa pulang lagi laptopnya dan saya belikan kabel sambungan hardisk. Kemudian hardisk laptop saya keluarkan, setelah itu saya sambungkan dengan kabel sambungan hardisk supaya terbaca sebagai hardisk eksternal di laptop lain. pertamanya hardisk tidak terbaca tapi saya cabut dan colokkan ulang akhirnya terbaca.

Begitu selesai copy semua data laptop, hardisk saya format dengan aplikasi Hardisk low level format. Tetapi lagi-lagi setelah saya tunggu lama format hardisk gagal error di bagian akhir. Pernah juga saya format di Linux tapi ketika apply operation gagal.

Kemudian saya googling lagi dan akhirnya menemukan cara format hardisk yang bad sector melalui command prompt. Setelah saya lakukan alhamdulilah ternyata berhasil.

Langkah memperbaiki hardisk bad sector (laptop tidak bisa instal ulang windows)

  1. Pastikan semua data hardisk sudah di backup.
  2. Masuk ke bootable windows seperti pada saat melakukan install ulang laptop.
  3. Ketika sudah masuk ke boot, seperti gambar di bawah, tekan SHIFT+F10 untuk masuk ke system CMD (command prompt). memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install)
  4. Akan muncul kotak dialog CMD kemudian ketikkan diskpart tekan ENTER.
  5. list disk tekan ENTER.
  6. Akan tampak disk yang online seperti gambar di bawah. Kemudian ketikkan select disk 0 (Disk 0 adalah hardisk laptop, perhatikan ukurannya apakah sesuai/mendekati dengan ukuran hardisk laptop kamu). format hardisk bad sector melalui CMD

Terakhir ketikkan clean dan ENTER. Tunggu sampai ada tulisan “diskpart succeded in cleaning the disk”. Apabila telah selesai close CMD dan windows setup nya sehingga laptop akan kembali restart.

SELANJUTNYA :

  • Masuk booting instal ulang seperti biasa.
  • Pada bagian hardisk (dimana akan meletakkan file instalation windows) masih menyatu dan terbaca Unallocatted. Ini terjadi karena kita belum membuat partisi baru setelah di hapus.
  • Buatlah pasrtisi baru dengan pilih New. Buatlah Local Disk terlebih dahulu dan tentukan ukurannya (sebaiknya sekitar 70-100GB). Setelah itu terserah kamu ingin partisi lagi atau nanti setelah install baru ditambah partisinya. Saran sebaiknya partisi tidak lebih dari tiga.
  • Setelah selesai partisi lanjutkan install windows seperti biasa.

Cara di atas saya coba dan berhasil. Sampai saat ini alhamdulilah hardisk laptop saya masih lancar seperti biasa. Sekian cara mudah memperbaiki laptop yang tidak bisa di install ulang akibat hardisk bad sector, semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector (Tidak Bisa di Install)”

Tinggalkan komentar