Cara Mencari Jurnal Nasional Terakreditasi (Paling Mudah)

Cara mencari jurnal nasional terakreditasi sebenarnya tidak sulit. Biasanya di Indonesia yang menangani proses akreditasi jurnal adalah ARJUNA dan kemudian selanjutnya jurnal tersebut akan diindeks oleh SINTA jika mempunyai nilai minimal lebih dari atau sama dengan 30.

SINTA adalah Singkatan dari Science and Technology Index. Meskipun namanya terdengar dipaksakan, tapi ya sudahlah memang begitu adanya. Jadi singkatnya SINTA adalah database jurnal nasional yang sudah terakreditasi melalui ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).

Sistem peringkat di SINTA sendiri ada enam yaitu mulai dari SINTA 1 sampai SINTA 6. Semakin rendah peringkat akreditasi SINTA maka kualitas jurnal tersebut akan semakin baik.

Jadi jika kita ingin mencari jurnal nasional yang sudah terakreditasi, langkah paling mudah adalah mengeceknya langsung melalui situs web SINTA atau ARJUNA. Berikut tutorial lengkapnya!

Mencari jurnal Terakreditasi di ARJUNA

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mencari jurnal nasional terakreditasi melalui situs ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional):

  • Buka halaman web ARJUNA: http://arjuna.ristekbrin.go.id/
  • Klik menu Lihat Daftar Jurnal.
  • Ketikkan judul jurnal nasional yang Anda cari.
  • Apabila keluar hasil pencariannya, klik pada bagian History Akreditasi. Jurnal yang sudah terakreditasi akan tampil detail akreditasinya seperti gambar berikut:
    Jurnal nasional terakreditasi ARJUNA
    Selain histori akreditasi, jurnal yang sudah lolos akreditasi biasanya akan mempunyai URL SINTA. Silahkan cek saja langsung pada bagian url SINTAnya pada gambar di atas. Perhatikan juga masa berlaku akreditasinya.
  • Selanjutnya jika ingin melihat detail jurnalnya, silahkan klik url SINTAnya atau judul jurnal tersebut. Maka semua daftar jurnal yang ada didalamnya akan tampil.

Mencari jurnal nasional terakreditasi melalui SINTA

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa semua jurnal yang sudah lolos akreditasi akan diindeks oleh SINTA dengan peringkat tertentu. Saat artikel ini dibuat (mei 2021), ada sekitar 5.990 jurnal yang sudah terindeks oleh SINTA.

Untuk mencari jurnal nasional terindeks SINTA, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman web journal SINTA.
  • Ketikkan topik bidang yang dicari (bisa juga menggunakan ISSN/PISSSN) pada menu pencarian. Jangan gunakan judul jurnalnya langsung, karena tidak akan ditemukan hasilnya. Misalnya saya ingin mencari jurnal bidang geofisika. Maka hasilnya akan seperti ini:
    Cara mencari jurnal terakreditasi SINTA
  • Selanjutnya klik judul hasil pencarian tersebut untuk melihat daftar jurnal yang ada di dalamnya.
  • Gunakan pencarian untuk mencari secara spesifik judul jurnal yang Anda inginkan. Misal saya ingin mencari jurnal dengan judul “seismik”, maka hasilnya akan seperti ini:
    jurnal terakreditasi SINTA

Anda juga bisa melakukan filter berdasarkan peringkat dengan mengklik menu S1-S6 saat membuka halaman awal jurnal SINTA.

Oiya sekedar informasi, buat mahasiswa yang ingin mencari jurnal nasional yang gratis indonesia punya databasenya yaitu GARUDA (Garba Rujukan Digital). Untuk masalah akreditasi, kita harus mengeceknya secara manual di situs SINTA dengan mengcopy nomor ISSNnya. Pada saat artikel ini dibuat ada sekitar 12,173 jurnal yang tersedia disitus ini.

Jika ingin mencari jurnal internasional, silahkan baca cara mencari jurnal internasional secara gratis yang sudah saya tulis sebelumnya.

Sekian cara mencari jurnal nasional terakreditasi SINTA. Semoga bisa bermanfaat!

Satu pemikiran pada “Cara Mencari Jurnal Nasional Terakreditasi (Paling Mudah)”

Tinggalkan komentar