Cara Mengatasi Google We’re Sorry (tidak bisa akses google search)

Banyak orang masih bingung tentang cara mengatasi google we’re sorry yang muncul saat membuka pencarian google maupun google scholar. Error ini muncul dengan pesan lengkapnya “Your computer or network may send automated queries. To protect our users, we can not process your request right now“.

Belum lama teman saya mengalami masalah ini. Saat dia mengakses google cendekia (google scholar). Tiba-tiba saja halaman webnya tidak bisa di akses dan muncul error seperti di atas. Padahal dari segi koneksi lancar tidak ada masalah.

Apa penyebab error google Your computer or network may send automated queries ini?

Masalah utamanya adalah ada pada jaringan yang mengirim queries otomatis saat sedang mengakses halaman. Bahasa sederhananya google akan memblokir setiap lalulintas otomatis yang tidak biasa, yang dikirimkan oleh perangkat.

Apa yang dikategorikan sebagai trafik otomatis okeh google?

  • Pencarian dari robot, aplikasi, layanan otomatis, maupun scraper.
  • Menggunakan perangkat lunak yang mengirimkan penelusuran ke Google untuk melihat bagaimana peringkat situs atau halaman web di Google

Cara mengatasi google we’re sorry tidak bisa akses google scholar maupun pencarian google

Error google “your computer or network may send automated queries. To protect our users, we can not process your request right now” ini biasa juga menampilkan reCAPTCHA. Jika muncul reCAPTCHA, silahkan selesaikan terlebih dahulu. Hal ini untuk memverifikasi apakah pencariannya dari manusia atau dari robot. Setelah menyelesaikan verifikasi tersebut, error ini akan hilang.

Tapi jika tidak muncul reCAPTCHA, coba langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

1. Hapus cache dan cookie browser.

Google Chrome

Cara ini akan menghapus password yang tersimpan di browser, pastikan Anda sudah membackup datanya sebelum melakukan langkah ini.

Copy dan paste kode chrome://settings/clearBrowserData di pencarian browser chrome dan tekan enter. Kemudian pilih Advanced > Time range = All > Centang semua kotak pilihan > Clear data.

Mozilla Firefox

Copy dan paste kode about:preferences#privacy di pencarian mozilla firefox dan tekan enter. Kemudian pada bagian Cookies and site data pilih Clear data.

Tambahan untuk pengguna Android setelah melakukan langkah di atas silahkan masuk ke Setelan > Aplikasi > Hapus cache dan penyimpanan.

2. Gunaka Browser atau perangkat lain

Cara mengatasi masalah Your computer or network may send automated queries bisa juga dicoba dengan mengganti browser yang digunakan dengan browser lain. Hal ini manjur jika browser penyebab utama masalah tersebut. Selain itu jika berganti browser/perangkat dengan jaringan sama lantas bisa akses, berarti perangkat atau browser Anda yang bermasalah.

3. Hapus aplikasi atau add on yang mengirimkan trafik otomatis

Apabila sudah yakin bahwa masalah terletak pada perangkat, silahkan periksa dan hapus aplikasi yang tidak diketahui fungsinya. Namun jika bingung, cukup install aplikasi antivirus kemudian scan secara menyeluruh perangkat yang digunakan. Sambil menunggu proses scan, Anda juga dapat menonaktifkan semua ekstensi di browser. Cek apakah cara tersebut berhasil.

4. Ganti atau reset jaringan

Pada halaman bantuannya, salah satu pakar google mengatakan bahwa cara termudah mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti jaringan yang sedang digunakan. Saya sendiri mengatasi masalah ini dengan ganti jaringan memang terbukti berhasil. Tapi ya memang itu agak merepotkan!

Silahkan dicoba reset jaringan atau modem terlebih dahulu. Karena biasa google memblokir aktivitas tidak wajar berdasarkan IP.

5. VPN

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan VPN. Jika Anda sebelumnya sudah menggunakan VPN dan mengalami masalah google we’re sorry seperti di atas, maka nonaktifkan VPNnya.

Namun jika Anda tidak menggunakan VPN tapi justru mengalami masalah di atas, coba akses melalui VPN. VPN yang saya sarankan disini bukanlah VPN aplikasi. Melainkan VPN proxy dalam bentuk website yang bisa digunakan tanpa harus install.

Silahkan cari di google dengan kata kunci VPN proxy, maka banyak website yang akan bermunculan.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi google we’re sorry dengan pesan Your computer or network may send automated queries. Jika anda punya pengalaman berbeda, mari berbagi melalui kolom komentar.

Bagikan:

Leave a Comment