Menghilangkan malware tag atau share video senonoh di grup facebook

Sekarang banyak sekali di facebook kiriman di sebuah grup berupa kiriman video por_no/tak senonoh. padahal bukan orang yang punya akun yang mengirimkan video tersebut. Teruuss,, lalu siapa dong?? kalau sudah begini kan bisa gaswat ntar di kira kita ahli maksiat lagi.

Salah satu pintu masuk virus ini  adalah melalui script. virus ini akan meminta korban untuk menginstal sejenis codec jika ingin melihat video, padahal yag diinstal adalah malware atau bisa juga melalui add ons-plugins browser. jadi solusinya sederhananya jika anda tidak membuka video yang aneh itu ya gak bakalan terjangkit malware ini. πŸ˜€

Cara mengatasi malware tag atau share video por_no di grup facebook


Langsung saja ke solusinya :

1. Hapus semua aplikasi di facebook anda

Buka menu setting, kemudian pilih aplikasi dan situs web. Lihat daftar aplikasi yang aktif dan buang semua aplikasi atau game yang mencurigakan kecuali yang benar-benar yakin apa fungsinya. Tapi supaya lebih aman, sebaiknya buang semua aplikasi.

Untuk menghapusnya silahkan Checklist bagian sebelah kanan pada semua aplikasi yang aktif, kemudian klik Hapus.

Berikut ini adalah tampilan aplikasi yang tertaut dengan FB saya setelah saya bersihkan:

Hapus aplikasi yang tertaut dengan facebook

2. Setting β€œtinjauan tanda” menjadi ON

Setting, klik timeline and tagging (Linimasa dan Penandaan), pada review pos friend tag (Tinjau), atur menjadi on (aktif). Kurang lebih pengaturannya seperti ini:

Aktifkan tinjau penandaan di facebook

Dengan demikian semua tag tidak langsug tampil di timeline teman-teman anda.

3. Cek  add ons 

Perhatikan plugins pada browser anda, apabila ada plugins yang tidak anda kenali segera nonaktifkan plugin tersebut.

Tambahan:
Bagi anda yang belum terjangkit malware ini, sebaiknya jangan pernah sekali-kali membuka tautan video yang dikirimkan jika Anda tidak mau ikut terjangkit. Pastikan selalu periksa log aktivitas facebook anda, cek tinjauan tanda dan kiriman. hal ini untuk mengetahui aktivitas apa saja yang ada di facebook anda.

Tinggalkan komentar