Cara Mengetahui Resolusi Citra Satelit yang Mudah

Pada kali ini saya akan menuliskan tutorial dasar tentang bagaimana cara mengetahui resolusi citra satelit dari data citranya langsung.

Sekilas tentang Resolusi Spasial

Resolusi spasial mengacu pada ukuran satu pixel di permukaan tanah (eos.com). Pixel sendiri adalah titik terkecil yang membentuk data raster (citra satelit) yang menentukan seberapa detail sebuah gambar.

Sehingga resolusi dapat diartikan sebagai ukuran terkecil dari sebuah objek yang dapat direpresentasikan dalam gambar. Semakin tinggi resolusi maka akan semakin detail dan semakin kecil ukuran pixelnya.

Sebagai contoh, citra yang mempunyai resolusi 1 meter akan menggambarkan detail objek dengan ukuran lebih besar atau sama dengan 1mx1m. Tetapi citra ini akan menggabungkan objek dengan ukuran kurang dari resolusi tersebut menjadi satu hingga mencapai ukuran 1mx1m per pixel.

Supaya lebih jelas silahkan lihat gambar berikut:

Definisi resolusi citra
Sumber: intermap.com

Biasanya resolusi spasial citra satelit di kelompokkan menjadi tiga yaitu:

  • Resolusi rendah: lebih dari 30 m/pixel
  • Resolusi menengah: antara 4-30 m/pixel
  • Resolusi tinggi: Kurang dari 4 m/pixel

Cara mengetahui resolusi citra satelit

Cara ini bermanfaat jika kita punya data citra tapi lupa berapa resolusi dari citra satelit tersebut. Meskipun kondisi ini jarang ditemui, tapi kita sebagai pegiat mapping wajib tahu trik dasar ini.

Artikel ini juga sekaligus sebagai catatan saya, siapa tahu saya lupa dikemudian hari. Saya tinggal cari lagi catatan saya di blog ini.

Berdasarkan pengertian resolusi yaitu ukuran terkecil dari sebuah objek yang direpresentasikan dalam tiap pixel gambar. Maka cara mengetahui resolusi citra adalah dengan mengukur ukuran pixelnya.

Berikut langkah-langkah untuk melihat resolusi data citra secara lengkapnya:

1. Menggunakan ArcGIS

  • Zoom citra yang ingin dilihat resolusinya hingga nampak kotak-kotak pixelnya.
  • Klik ikon Measure di Arcgis
  • Klik ujung pixel kiri dan kemudian arahkan ke batas pixel kanan
  • Resolusinya akan tampak pada kotak dialog Measure yang muncul pada gambar di bawah yaitu 0.29 m
Mengukur resolusi citra di Arcgis

2. Menggunakan QGIS

Caranya sama dengan aplikasi Arcgis, yaitu pertama zoom dulu citranya hingga terlihat pixelnya. Kemudian klik ikon Measure Line dan ukur lebar pixelnya.

Melihat resolusi citra satelit di QGIS

Sangat mudah kan? Sekarang jika ada data citra, tidak perlu bingung lagi berapa resolusi spasialnya. Cukup ukur pixelnya kita sudah bisa tahu berapa resolusi citra tersebut.

Leave a Comment