Ada 16 Jenis: Begini Cara Menghafal Tenses yang Mudah

Cara menghafal tenses sebenarnya tidaklah sulit. Tenses digunakan untuk menyatakan waktu dari suatu peristiwa atau kejadian.

Peristiwa atau kejadian dibedakan dalam tiga waktu, yaitu the past (masa lampau), the present (sekarang), dan the future (masa mendatang). Simak artikel ini sampai selesai untuk membantu kalian leih memahami bagaimana cara menghafal tenses.

Pengertian Tenses

Tenses merupakan tata bahasa (grammar) yang berarti waktu. Dengan demikian, dapat diartikan pengertian tenses adalah waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian di masa lampau, masa sekarang, dan masa mendatang.

Tips cara menghafal tenses

Tips menghafal tenses sebenarnya cukup mudah, asalkan kalian paham betul rumus yang mesti digunakan. Selain rumus, kalian juga bisa mengingat “waktu” seharusnya. Misalnya, kalian harus paham jika peristiwa itu terjadi di masa sekarang, maka harus menggunakan jenis tenses yang mana.

Berikut ini adalah jenis-jenis tenses, perhatikan rumus yang sudah kami beri warna sebagai highlight. Perhatikan juga waktu yang tepat kapan tenses tersebut digunakan.

Baca juga: Cara belajar bahasa inggris secara otodidak

1. Simple Present Tense

Simple present tense adalah jenis tenses yang pada umumnya sering digunakan pada kalimat atau percakapan bahasa Inggris. Simple present tense biasa digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung.

Simple present tense bisa diterapkan pada penggunaan kalimat positif, negatif, maupun interogatif. Waktu yang digunakan untuk menyatakan tense ini dapat berupa usually, every, always, seldom, dan lain-lain.

Rumus: subject + verb 1

Contoh:

I usually sleep early in the night.
(Saya biasanya tidur awal di malam hari.)

2. Simple Past Tense

Sesuai dengan fungsinya, past tense (masa lampau) digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Simple past tense ini biasa diterapkan pada cerita-cerita legenda atau dongeng dengan keterangan waktu last year, last Sunday, last month, in 1995, dan lain-lain.

Rumus: subject + verb 2

Contoh:

I bought vegetabls in the market.
(Kemarin saya membeli sayuran di pasar)

3. Simple Future Tense

Seperti nama pada jenis tense ini, future berarti masa yang akan datang. Tense ini dapat dinyatakan dengan next, in the future, a weeks later, dan lain-lain.

Rumus: subject + will / be going to + verb

Contoh:

She will go to the concert tomorrow.
(Dia akan pergi ke konser besok.)

4. Present Continuous Tense

Tense ini dapat digunakan untuk menyatakan kejadian yang berlangsung atau pun kejadian yang akan direncanakan (masa depan). Waktu yang digunakan untuk menyatakan tense ini dapat berupa now, at this moment, at the time, at this present, dan lain-lain.

Rumus: subject + am/is/are + verb-ing

Contoh:

He is swimming in the swimming pool.
(Dia sedang berenang di kolam renang.)

5. Present Perfect Tense

Present perfect tense digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian yang berlangsung sejak masa lampau hingga sekarang. Gunakan kata seperti: ever, never, so far, just, until now, already, not yet, dan lain-lain.

Rumus: subject + has/have + verb 3

Contoh:

She has stayed here until now.
(Dia telah menetap di sini sampai sekarang.)

6. Present Perfect Continuous Tense

Jenis tense ini hampir sama dengan present perfect tense yakni untuk menjabarkan kejadian sejak masa lalu hingga sekarang, tetapi dapat juga hanya menjelaskan kejadian di masa lampau saja. Tense ini dapat dinyatakan dengan for the past, the whole week, dan lain-lain.

Rumus: subject + has or have + been + verb-ing

Contoh:

I have been dancing in here for one hours.
(Saya telah menari di sini selama satu jam.)

7. Past Future Tense

Past future tense berupa kalimat tidak langsung yang dinyatakan untuk menyatakan rencana kejadian di masa lalu yang gagal terjadi. Tense ini biasanya dapat dinyatakan dengan last week, yesterday, the day before, dan lain-lain.

Rumus:
subject + would + verb 1
subject + was or were + going to + verb 1

Contoh:

She told me that she would study today.
(Dia memberi tahu saya bahwa dia akan belajar hari ini.)

8. Past Continuous Tense

Jenis tense ini digunakan untuk menceritakan kembali peristiwa yang terjadi di masa lampau. Di dalam kalimat tense ini dapat ditambah dengan kata when, at this time, while, dan lain-lain.

Rumus: subject + was/were + verb-ing

Contoh:

He was writing when I talked in the class.
(Dia menulis saat saya sedang berbicara di kelas.)

9. Past Future Continuous Tense

Tense ini digunakan untuk menyatakan kalimat tidak langsung yang terjadi di masa lampau dan berlangsung hanya di masa lampau itu juga.

Rumus: subject + should/would be + verb-ing

Contoh:

Mom said that she would be cooking for us today.
(Ibu berkata bahwa dia akan memasak untuk kita hari ini.)

10. Past Perfect Tense

Past perfect tense digunakan untuk menyatakan atau mengaitkan kejadian di masa lalu dengan fakta yang dialami sekarang. Tense ini dapat dinyatakan dengan already, before yesterday, dan lain-lain.

Rumus: subject + had + verb 3

Contoh:

I had finished my project two days ago.
(Saya sudah menyelesaikan proyek saya dua hari yang lalu.)

11. Past Perfect Continuous Tense

Past perfect continuous tense digunakan untuk menyatakan kejadian di masa lampau yang hanya terjadi dan selesai di masa itu juga. Tense ini menekankan pada durasi kejadian. Dapat dinyatakan dengan since, all day, whole day, dan lain-lain.

Rumus: subject + had + been + verb+ing

Contoh:

The man with a black jacket had been living here for seven years old.
(Lelaki dengan jaket hitam telah tinggal di sini selama tujuh tahun.)

12. Past Future Perfect Tense

Tense ini digunakan untuk menyatakan kejadian di masa lampau namun gagal dilakukan. Past future perfect dibedakan dalam tiga waktu, yakni waktu di masa lalu, waktu masa lalu tetapi kejadian tersebut sudah selesai, dan masa mendatang.

Rumus: subject + should/would have + verb 3

Contoh:

My mom said that I should have cleaned the floor.
(Ibu saya bilang bahwa saya seharusnya membersihkan lantai.)

13. Past Future Perfect Continuous Tense

Menunjukkan waktu pada peristiwa yang akan dan sedang dilakukan namun faktanya tidak terjadi. Kalian dapat menggunakan kata for, but, unfortunately, dan lain-lain untuk menyatakan tense ini.

Rumus: subject + would have been + verb-ing

Contoh:

I heard that you would have been learning math for the national exam.
(Saya dengar kamu akan belajar matematika untuk ujian nasional.)

14. Future Continuous Tense

Future continuous tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi di masa mendatang. Tense ini dapat digunakan sebagai kalimat untuk merencanakan sesuatu seperti menggunakan kata in five years, tomorrow, dan lain-lain.

Rumus: subject + will/going to + be + verb-ing

Contoh:

I will be doing my thesis tomorrow.
(Saya akan mengerjakan tesis saya besok.)

15. Future Perfect Tense

Jenis tense ini digunakan untuk menyatakan keadaan atau kejadian yang akan berakhir di masa mendatang. Kata yang dapat digunakan untuk menyatakan tense ini yaitu in a week, next, dan lain-lain.

Rumus: subject + will have + verb 3

Contoh:

I will have finished my study at the University of Indonesia in a year.
(Saya akan menyelesaikan studi saya di Universitas Indonesia dalam waktu satu tahun.)

16. Future Perfect Continuous Tense

Tense yang lebih menekankan pada hasil atau fakta ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terus terjadi di masa mendatang. Penerapan tense ini dapat dinyatakan dengan kata all day long, the last, dan lain-lain.

Rumus: subject + will have been + verb-ing

Contoh:

I will have been reading a book all day long.
(Saya akan membaca sebuah buku sepanjang hari.)

Demikian penjelasan dan sedikit tips yang bisa digunakan sebagai cara menghafal tenses. Gunakan kamus bahasa Inggris dan sumber-sumber belajar bahasa inggris di internet untuk lebih mempermudah hafalan kalian ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Tinggalkan komentar