Cara Uninstall Banyak Aplikasi Sekaligus di Windows 10

Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan cara untuk uninstall aplikasi yang susah dihapus. Kali ini masih seputar tentang uninstal aplikasi, hanya sedikit berbeda yaitu tentang cara uninstall banyak aplikasi sekaligus di windows 10. Cara ini bisa juga diterapkan untuk pengguna windows 7 dan 8.

Menghapus aplikasi memang bisa dilakukan melalui control panel windows. Namun hal itu hanya bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi satu persatu. Langkah ini tentu akan memakan waktu yang lama. Terlebih lagi jika aplikasi yang akan Anda hapus lumayan banyak.

Lantas ada tidak cara yang lebih mudah? yang bisa menghapus aplikasi sekaligus? Ada, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan Revo Uninstaller Pro.

Cara menggunakan Revo Uninstaller Pro untuk menghapus banyak aplikasi

Aplikasi Revo Uninstaller Pro mempunyai fitur untuk menghapus beberapa program sekaligus yang bernama Quick Uninstall. Quick Uninstall mirip dengan proses uninstal normal karena akan membuka jendela notifikasi dan memulai penghapusan program yang dipilih. Perbedaannya adalah, Quick Uninstall akan mencoba menjalankan penghapusan diam-diam tanpa adanya proses uninstal seperti kita menghapus aplikasi di control panel.

1. Buka aplikasi Revo Uninstaller Pro

Revo uninstaller pro

Jika Anda belum punya aplikasinya, silahkan download dan install terlebih dahulu. Anda bisa mencarinya di web kuyhaa, atau membelinya secara langsung jika banyak uang (sekitar 15$). Pastikan Anda juga mengikuti langkah-langkah untuk menginstall aplikasinya.

2. Pilih daftar aplikasi yang akan diuninstal

Pilih beberapa aplikasi yang akan di uninstall

Untuk memilih lebih dari satu aplikasi, gunakan tombol CTRL. Tekan dan tahan tombol CTRL kemudian klik aplikasi mana saja yang ingin dihapus secara bersamaan.

3. Pilih Quick Uninstall

Quick uninstaller Revo

Setelah semua aplikasi yang ingin dihapus dipilih, selanjutnya adalah klik Quick Uninstall. Fitur ini hanya tersedia di Revo Uninstaller Pro, jadi pastikan Anda sudah menggunakan versi pronya. Karena versi gratis tidak mendukung multiple uninstall program.

Jika muncul peringatan “Are you sure you want to do Quick Uninstall of selected program(s)” klik Yes saja.

4. Tunggu proses Uninstall selesai

Continue uninstall program

Proses uninstall akan berjalan secara otomatis. Jika muncul dialog seperti gambar di atas silahkan klik Continue. Setiap selesai menginstall aplikasi biasanya akan muncul seperti itu hingga semua aplikasi selesai dihapus.

Setelah semua aplikasi berhasil dihapus, akan muncul tulisan Quick Uninstall Complete. Selanjutnya silahkan klik Finish dan tutup aplikasi Revonya.

Tools:

  • Revo Uninstaller Pro

Keuntungan menghapus beberapa aplikasi sekaligus

Manfaat yang pasti adalah bisa menghemat waktu dan tidak perlu lagi capek2 untuk menghapus aplikasi satu persatu. Menurut saya prosesnya ini juga lumayan cepat. Keuuntungan lain yang bisa Anda dapatkan melalui cara ini adalah:

  • Terhindar dari adanya kesalahan uninstall
    Biasanya beberapa program ada yang sulit dihapus, bahkan metode uninstallnya terkesan membingungkan. Jika Anda pemula, menggunakan aplikasi ini bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan adanya aplikasi error karena proses uninstall.
  • Mudah, hanya modal beberapa kali klik saja
    Entah ini manfaat atau bukan. Tapi bagi orang yang tidak suka keruwetan proses uninstall, ini sangat membantu. Dengan melakukan beberapa kali klik, memori local disk Anda akan bersih dari file instalan yang tidak digunakan. Dimana tingkat space kosong pada memori locak disk C ini juga akan mempengaruhi performa laptop.

Saya juga sudah membuatkan tutorial versi videonya, silahkan tonton video berikut ini jika langkah-langkah di atas ada yang kurang jelas.

Aplikasi ini menurut saya cukup bisa diandalkan untuk masalah hapus meghapus. Silahkan Anda coba sendiri dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar terkait aplikasi tersebut atau alternatif lain yang Anda punya.

Leave a Comment