Cara Mengatasi HP Samsung yang Tidak Bisa Atur Kecerahan Layar

Kecerahan layar hp samsung sering menjadi masalah ketika kita sudah mengganti LCD orinya. Masalahnya yaitu kecerahan layarnya tidak bisa diatur. Sebenarnya masih bisa dikurangi atau dinaikkan, namun tingkat kecerahannya tidak berubah sama sekali. Kejadian ini saya alami di HP samsung J5 prime.

Awalnya saat baru-baru mengganti LCD memang tidak ada masalah. Kecerahan layar bisa di atur normal seperti biasa. Namun setelah pemakaian 2 bulan lebih, tiba-tiba kecerahan layarnya tidak bisa diatur lagi. Jadinya layar HP menjadi sangat terang dan itu tidak nyaman dilihat saat kondisi agak gelap.

Baca juga: Cara kirim video ukuran besar di whatsapp android.

Setelah browsing ternyata saya menemukan banyak orang yang juga mengeluhkan HPnya tidak bisa atur kontras layar. Saya juga baru tahu bahwa kejadian ini umum dialami oleh orang yang mengganti LCD hpnya dengan LCD bukan ori dari samsung. Bahkan toko online yang menjual LCD dengan klaim ori bisa atur kontras kecerahan pun banyak pelanggannya yang mengeluh mereka tidak bisa mengatur kecerahan layar.

Solusi HP Samsung tidak bisa atur kecerahan layar (brightness)

Sejauh ini saya belum menemukan solusi pakem selain membeli LCD ori resmi dari samsung. Kebanyakan orang akan menyarankan update OS, reset ke pengaturan pabrik atau flash ulang hpnya. Namun menurut saya cara itu percuma, jika LCD Anda adalah KW.

Saya sendiri dengan HP samsung j5 sudah update OS sampai mentok, kemudian reset ke pengaturan pabrik juga masih aja tetap tidak bisa atur kontras hp.

Akhirnya saya iseng-iseng cari aplikasi yang bisa buat layar redup. Beruntungnya ternyata aplikasi tersebut benar-benar ada. 😀 Akhirnya menggunakan cara ini berhasil, layar HP bisa diatur kembali kontrasnya.

1. Menggunakan Aplikasi Night Screen dari Arrows app

Buat kamu yang penasaran bagaimana caranya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut.

  • Download dan instal aplikasi Night Screeen. Aplikasi sudah didownload sebanyak 5 juta kali jadi reputasinya sudah tidak bisa diragukan lagi.
  • Buka aplikasinya kemudian akan muncul peringatan bahwa aplikasi ini memerlukan izin. Klik lanjutkan dan berikan izin untuk opsi aplikasi yang dapat muncul di atas.
  • Kembali ke aplikasinya dan atur kecerahan layar sesuka hati.

Buat Anda yang maish bingung silahkan lihat video ini.

2. Aplikasi Night Screen dari Paper Airplane Dev Team

Saya lebih menyarankan aplikasi ini, karena selain diunduh lebih dari 10juta kali. Ada juga fitur filter sinar birunya. Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya:

Atur kecerahan layar dengan Night Screen
  • Klik tombol tersebut dan kemudian berikan izin aplikasinya untuk dapat muncul di atas aplikasi lain.
  • Aktifkan mode malam, atur intensitas dan juga keredupan layar.
Mengatur tingkat kecerahan layar
  • Selesai. Sekarang tingkat kecerahan layar sudah bisa diredupkan. Anda juga bisa mengatur bagian lain jika diperlukan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi HP samsung yang tidak bisa atur kecerahan layar. Cara ini meskipun menggunakan aplikasi tambahan, tapi sangat simpel dibandingkan harus beli LCD lagi. Karena sekarang cari LCD ri sangat susah, terlebih lagi hp samsung jadul.

Leave a Comment