Perbedaan AMD dan Intel

Perbedaan AMD dan Intel – Bagi kalian yang ingin mencari laptop ataupun PC, tentu saja hal yang sering kalian perhatikan adalah bagian processor yang saat ini dikuasai oleh dua merek besar yaitu AMD dan juga Intel. Kedua merk processor ini sangat memiliki persaingan ketat dari segi harga, dan juga kualitasnya. namun belakangan AMD menguasai pasar dari processor dibandingkan Intel, Banyak yang bilang bahwa AMD memiliki kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah dibandingkan Intel. pertama di beberapa tahun terakhir AMD hadir dengan prosesor kekuatan besar yang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming.

Seri AMD untuk game ini biasa kita kenal dengan nama AMD ryzen, sehingga untuk para gamer sudah sangat familiar dengan istilah AMD ryzen untuk keperluan gaming. namun pernahkah kita bertanya apakah perbedaan AMD dan Intel? Dari waktu ke waktu, processor AMD dan intel terus melakukan banyak inovasi sehingga terkadang sulit kita untuk memilih processor mana yang harus kita gunakan di laptop ataupun di PC kita. Untuk itu sering kita mencari referensi dari tutorial-tutorial yang ada di YouTube misalnya ataupun di blog-blog.

Kadang kita terlalu jauh untuk melihat spesifikasi dari masing-masing prosesor tersebut, namun kita tidak begitu paham apa perbedaan AMD dan Intel serta Plus minusnya. Artikel kali ini kita akan bahas mengenai perbedaan AMD dan Intel, yang mungkin saja bisa menjadi bahan pertimbangan kalian untuk memilih prosesor mana yang cocok untuk PC atau laptop kalian.

perbedaan intel dan amd

Perbedaan Intel dan AMD

Apa itu AMD?

Sebelum kita bahas mengenai perbedaan AMD dan Intel lebih detail sampai ke pembahasan teknis, mungkin lebih baik kita kenal dulu apa itu AMD, kepanjangan dan juga sejarah dari perusahaan prosesor ini. AMD adalah Advanced micro devices, yang mulai berproduksi pada tahun 1980 an, sehingga AMD sendiri merupakan perusahaan prosesor yang jauh lebih baru dibandingkan dengan sendiri.

Di awal awal kemunculan, AMD dikenal dengan prosesor yang memiliki kekurangan cepat panas. Sehingga banyak orang di zaman itu memilih menggunakan prosesor Intel, karena tidak memiliki kekurangan cepat panas. Cepat panas pada prosesor tentu saja akan memperlambat dan mempengaruhi dari kinerja prosesor itu sendiri. Namun belakangan, processor AMD memiliki teknologi-teknologi termutakhir, yang menyelesaikan masalah cepat panas ini. Sehingga kita bisa temukan di prosesor-prosesor terbaru AMD, tidak lagi mengalami masalah cepat panas yang biasa ditemukan pada AMD di zaman-zaman awal keluar.

Kekurangan cepat panas ini merupakan, salah satu penyebab AMD menjadi kurang terkenal di zaman itu dan Intel menjuarai pasar processor terbesar di dunia. Selain itu juga AMD terkenal dengan prosesor yang memakan banyak listrik di zamannya. Namun beberapa tahun terakhir ini, AMD melakukan banyak sekali perubahan dan inovasi, sehingga masalah cepat panas dan juga boros listrik telah teratasi. Bahkan AMD, mulai dikenal luas sebagai prosesor terbaik untuk gaming, dan juga prosesor terbaik untuk performa editing video, dengan budget yang lebih murah dibandingkan Intel.

AMD terus memperbaiki, dan melakukan upgrade terhadap prosesor untuk PC dan juga laptop. Sehingga pada laptop kita bisa menjumpai seri-seri terbaru dari prosesor AMD ini. Misalnya AMD ryzen, yang memiliki beberapa versi yang dibilang cepat upgrade-nya. Seperti AMD ryzen 3, menjadi AMD ryzen 5, kemudian AMD ryzen 7, dan juga AMD ryzen 9 yang terakhir sajak artikel ini di publish. Dari tipe tersebut, seri dari prosesor juga terus berkembang misalnya seri dari AMD ryzen 3 terus mengalami peningkatan dan juga upgrade, begitu pula juga di seri AMD ryzen 5 dan seterusnya.

Apa Itu Intel

Seperti sudah disampaikan di atas bahwa Intel merupakan salah satu perusahaan pembuat prosesor, yang jauh lebih lama dibandingkan AMD. Jika AMD baru beroperasi pada tahun 1980 an, Intel sudah mulai memproduksi prosesor pada tahun 1970-an, dan mulai mengisi kebutuhan processor dunia hingga beberapa puluh tahun ke depan sejak bisnis komputer di dunia mulai berkembang.

Jika kamu pernah mendengar istilah Pentium, itu adalah nama dari prosesor pertama Intel, atau prosesor awal-awal Intel memiliki masa kejayaan. Processor Pentium ini dimulai dari seri 1, yang dikenal dengan Pentium 1, 2, 3 dan Pentium 4. Dan menjadi sangat populer dan paling banyak diminati oleh seluruh pengguna komputer di dunia.

Pada zamannya Intel dikenal sebagai prosesor yang dingin, atau tidak cepat panas, dan juga memiliki performa yang baik. Meskipun memang harganya lebih tinggi daripada prosesor AMD. Untuk saat ini Pentium tidak lagi diproduksi, melainkan diganti dengan seri I, ya itu yang sekarang kita kenal dengan seri i9, yang dulunya diawali dengan core i3.

Core i3 sendiri didahului oleh, dual core, quad core dan juga core 2 duo. Selayaknya AMD Intel juga terus melakukan perbaikan dan perubahan, pada kemampuan dari prosesornya. Intel juga sudah masuk dalam kategori gaming, yaitu di Serie i9, yang merupakan salah satu processor gaming terbaik.

Apa perbedaan AMD dan Intel?

Jika berbicara pada perbedaan, maka kita tentunya akan melihat dari fitur, kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini kami Berikan beberapa kelebihan dan kekurangan AMD dan Intel.

Grafis

Perbedaan AMD dan Intel berikutnya dan yang paling mencolok adalah dari segi kemampuan grafis. Dalam segi grafis beberapa tahun terakhir AMD mengalahkan posisi Intel, AMD sangat dikenal sebagai prosesor gaming dengan kualitas grafis yang tinggi, AMD juga dikenal sebagai prosesor untuk kebutuhan desain grafis dan video editing yang mumpuni.

Pada saat AMD mulai mengambil posisi Intel dalam segi grafis, Intel mengeluarkan processor iris Pro, yang dengan harapan dapat mengalahkan posisi AMD sebagai prosesor dengan kekuatan grafis yang tinggi. Namun AMD tidak tinggal diam karena AMD membalas dengan merilis salah satu prosesor yang memiliki kualitas tinggi di bidang grafis dan juga sangat populer di kalangan gamer, yaitu processor Radeon.

Untuk saat ini processor AMD masih memenangkan kemampuan di bidang grafis dibandingkan dengan Intel, dan juga masih termasuk processor yang lebih murah dibandingkan Intel untuk kategori prosesor gaming.

Kecepatan

Dalam segi kecepatan tentunya kedua prosesor ini sangat kuat persaingannya, karena kedua prosesor ini memiliki masing-masing tipe prosesor unggulan dalam hal kecepatan. Sehingga tidak terlalu terlihat perbedaan dari segi kecepatan dari masing-masing prosesor ini.

Suhu

Perbedaan AMD dan Intel berikutnya adalah di bagian manajemen suhu. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dahulu AMD prosesor yang cepat panas, sehingga pada zamannya Intel tetap menguasai pasar. Namun beberapa tahun terakhir Intel mengeluarkan seri AMD ryzen, yang menghilangkan label prosesor cepat panas pada AMD dan menjadi salah satu processor paling laris milik AMD.

Untuk Intel sendiri, sejak awal memang dikenal sebagai prosesor yang tidak cepat panas. Sehingga di sini tidak ada perubahan antara Intel yang dulu dan yang sekarang dalam segi manajemen suhu.

Harga

Perbedaan AMD dan Intel berikutnya adalah dari sisi ekonomis. AMD bisa dibilang prosesor yang memenangkan persaingan di bidang harga, karena jika dibandingkan secara langsung AMD jauh lebih murah dibandingkan Intel.

Demikian perbedaan AMD dan Intel, serta kelebihan dan kekurangannya. artikel ini menjawab pertanyaan bagi kamu yang sedang mencari Apa perbedaan AMD dan Intel.

Tinggalkan komentar