Cara Mengatasi SASPlanet Error “Unable to Load Map(s) Aborting”

Jika Anda baru saja mendownload SasPlanet dan membukanya biasanya akan mendapatkan pesan error “unable to load map(s) Aborting“. Aplikasinya tidak bisa terbuka dan langsung kembali menutup dengan sendirinya.

Just info: SasPlanet adalah salah satu aplikasi portable yang bisa digunakan untuk mengunduh citra satelit resolusi tinggi.

Saya sendiri setiap mendownload aplikasi SasPlanet terbaru pasti mendapatkan eror ini. Awalnya cukup heran juga, kenapa aplikasinya tidak mau terbuka? Padahal saya juga juga sudah coba dari berbagai situs yang menyediakan aplikasi ini. Namun hasilnya tetap sama, selalu error ketika pertama kali dibuka.

Setelah saya telusuri, akhirnya saya mendapatkan link official pengembangan SasPlanet di github. Ternyata di sana sudah dijelaskan bahwa selain aplikasi, masih ada file tambahan berupa paket map. Nah kalau paket map ini belum ada di dalam aplikasinya otomatis sasplanet tidak bisa digunakan.

Astaga, betapa bodohnya saya ini!!!

Itulah resikonya jika download file tidak dari sumbernya langsung.

Jadi solusi masalah unable to load map(s) Aborting pada SasPlanet ini adalah cukup dengan menambahkan paket map, cukup simpel sekali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download terlebih dahulu paket mapnya.
  • Silahkan extract file tersebut.
  • Pastikan Anda juga sudah extract file aplikasi SasPlanetnya.
  • Copy semua file paket map, kemudian buka folder SasPlanet yang sudah diekstrak > buka folder Maps (paste di folder ini). Replace saja jika ada duplikat folder.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut:

Jika Anda tidak mau pusing dan ingin mendownload langsung SasPlanet yang sudah include paket map, silahkan download SasPlanet terbaru (Released 12-12-2020) yang sudah saya sediakan.

Tinggalkan komentar