Sim Card Tidak Terbaca Dan Cara Mengatasinya

Sim Card Tidak Terbaca – Salah satu masalah saat menggunakan smartphone adalah SIM Card tidak terbaca, masalah ini kerap kali mengganggu aktivitas kita saat menggunakan Smartphone, terlebih lagi jika SIM tidak terbaca ini terjadi ketika saat-saat penting ketika menggunakan Smartphone. SIM card tidak terbaca bisa saja terjadi di semua merk HP dan juga semua operasi sistem, karena banyak faktor yang bisa menyebabkan sim-nya tidak terbaca. untuk itu di artikel ini kita akan membahas sedikit mengenai penyebab sim card tidak terbaca, Mengapa simcard tidak terbaca, dan bagaimana solusi mengatasinya.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, penting untuk diketahui biasanya sim card tidak terbaca dikarenakan terjadi benturan pada smartphone, sehingga apabila anda mengetahui bahwa smartphone anda belum lama ini terjatuh, bisa jadi sim card tidak terbaca itu disebabkan dengan benturan yang terjadi saat HP tersebut jatuh. Sehingga tanpa berpikir panjang lagi, dan tanpa perlu khawatir silakan Anda buka bagian dari Slot SIM, kemudian coba untuk lepas pasang lagi. Namun jika cara itu tidak memberikan solusi. Silakan Anda lakukan beberapa cara di bawah ini.

sim card tidak terbaca

Kenapa SIM Card Tidak Terbaca?

Sim card tidak terbaca tentu saja bukan tanpa alasan, tentu saja ada faktor-faktor yang mempengaruhi dari SIM card tidak terbaca. Berikut beberapa hal penyebab SIM  card tidak terbaca yang mungkin bisa terjadi.

Kartu SIM Kadaluarsa

Seperti kita ketahui kartu SIM memiliki masa aktif tertentu, masing-masing operator memiliki kebijakan mengenai masa aktif sebuah kartu. masa berlaku kartu juga biasa dipengaruhi oleh pengguna pengisian pulsa, baik itu pulsa reguler maupun pulsa data. Semakin sering pulsa itu diisi maka masa aktif itu akan semakin panjang, Sehingga kartu sim kadaluarsa tidak akan terjadi.

Namun jika anda memiliki kartu SIM yang tidak terbaca, sudah selayaknya Anda coba untuk mengecek masa berlaku kartu SIM Anda. karena ini merupakan salah satu penyebab sim card tidak terbaca.

Kuningan Kartu SIM Sudah Rusak

Penyebab lain sim card tidak terbaca adalah bagian Kuningan, jika kita melihat kartu SIM semuanya memiliki bagian kuningan atau lempengan Kuningan yang berada di tengah-tengah kartu, bagian ini tidak boleh tergores ataupun terkelupas karena bagian ini adalah bagian yang sangat penting dalam kartu SIM. Sementara di bagian sisinya yang putih bukanlah bagian terpenting dalam kartu SIM.

Sehingga dibagian ini perlu diperhatikan dan dipastikan agar tidak tergores ataupun tidak terkelupas, karena jika itu terjadi maka simcard tidak terbaca, dan satu-satunya cara untuk memperbaiki nya adalah Anda harus menghubungi kantor operator dari layanan telekomunikasi anda, sehingga Anda mendapatkan ganti SIM yang baru dengan nomor HP anda tetap sama

Sim Card Terlalu Panas

Kartu sim terlalu panas merupakan salah satu penyebab dari SIM card tidak terbaca, namun ini bukan dikarenakan oleh kartu sim-nya yang dengan sendirinya panas, melainkan panas dari kartu SIM ini berasal dari smartphone Anda. Jika performa smartphone Anda semakin tinggi tentu saja penggunaan perangkat keras akan semakin besar, sehingga dapat menyebabkan HP Anda menjadi panas. Sebagian HP memiliki kemampuan atau teknologi untuk meredam panas, namun jika fitur tersebut tidak bekerja dengan baik tentu saja HP kamu akan overheat atau kelebihan panas.

Kelebihan panas ini akan menyebabkan sim card tidak terbaca, satu-satunya cara mengatasinya adalah Anda harus mematikan HP anda dalam beberapa menit, hingga suhu HP anda menjadi normal kembali. Di saat suhu HP menjadi normal kartu SIM Anda akan bekerja seperti semula.

Cara Lain Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Beberapa penyebab di atas, sudah kami jelaskan dengan bagaimana cara mengatasinya. Namun ada juga cara lain untuk mengatasi sim card tidak terbaca. Mungkin saja Anda sudah menggunakan beberapa tips diatas namun tetap saja simcard anda tidak terbaca, nah beberapa tips dibawah ini dapat membantu anda untuk mengatasi kartu sim tidak terbaca.

Bersihkan SIM Card

Cara pertama mengatasi sim card tidak terbaca, adalah dengan membersihkan SIM card. Jika kamu sering menggunakan HP kamu di tempat yang atau berdebu, mungkin saja debu kecil itu masuk diantara sela-sela slot SIM HP kamu. Yang bisa menyebabkan simcard terganggu performanya karena terhalang oleh debu yang masuk ke Slot SIM.

Untuk itu cara mengatasinya harus dibersihkan dengan perlahan dan hati-hati, sehingga tidak merusak lempengan kuning yang terdapat pada bagian SIM card. Buka slot simcard kamu dan lepas dengan hati-hati bersihkan lalu masukkan kembali ke HP kamu.

Coba Dengan SIM Card Lain

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba dengan memasukkan simcard lain ke HP anda, dengan cara ini anda bisa mendiagnosa Apakah kartu SIM Anda yang rusak ataupun smartphone anda yang rusak tidak lagi dapat membaca data dari simcard manapun. Dengan cara ini anda bisa menyelesaikan masalah dengan cepat, jika memang smartphone anda tidak lagi dapat membaca kartu manapun. Tentu saja Anda harus melakukan servis ataupun mengganti smartphone anda.

Namun jika menggunakan kartu SIM lain HP Anda bisa membaca dan menangkap sinyalnya, maka sudah bisa dipastikan ada yang salah di kartu SIM Anda, bisa jadi simcard Anda atau kartu SIM Anda sudah rusak, kotor ataupun hal-hal yang sudah dijelaskan di atas.

Pengaturan Jaringan

Cara lain untuk mengatasi sim card tidak terbaca adalah melakukan pengaturan ulang jaringan, hal ini jarang terjadi tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba lagi. Dengan cara yang sangat mudah Anda bisa masuk ke menu pengaturan di HP anda, cari pengaturan jaringan dan coba untuk mengaktifkan dan menonaktifkan jaringan, atau jika HP anda memiliki fitur reset jaringan maka gunakan fitur tersebut.

Lengkapi cara ini dengan cara merestart atau menyalakan kembali HP anda, sehingga pengaturan yang tersimpan bisa dijalankan dengan maksimal. Jangan lupa juga untuk mencoba menukar slot 1 SIM ke slot 2, jika HP anda memiliki dua slot kartu SIM yang tersedia. Karena bisa jadi salah satu dari Slot SIM itu telah rusak, sehingga menyebabkan simcard tidak terbaca.

Factory Reset

Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan di HP Anda saat simcard tidak terbaca, cara ini akan mereset semua data yang ada di HP Anda, kembali ke pengaturan awal pabrik. Sehingga cara ini tidak direkomendasikan, sebelum anda mencoba semua cara diatas terlebih dahulu. dengan cara factory reset anda akan memulai HP seperti keluar dari pabrikan, tanpa ada data apapun yang telah Anda masukkan sebelumnya.

Hubungi Customer Service

Cara mengatasi sim card tidak terbaca yang terakhir adalah menghubungi nomor service dari layanan operator anda, disini anda akan mendapatkan panduan ataupun bantuan, mungkin saja mereka akan mengganti kartu SIM Anda dengan kartu SIM yang baru.

Demikian cara mengatasi sim card tidak terbaca, semoga artikel ini bermanfaat dan jika bermanfaat jangan lupa di-share.

Tinggalkan komentar