Apa Itu Roaming Data? Berikut Penjelasan dan Fungsinya!

Apa itu roaming data? Pertanyaan ini sudah sering dipertanyakan oleh banyak orang. Sebab, istilah roaming data ini sudah cukup sering dibicarakan oleh sebagian besar orang, walaupun sebagian dari mereka ada yang belum tahu betul tentang apa yang dimaksud dengan istilah roaming data.

Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada suatu acuan yang digunakan oleh sambungan jaringan internet pada sebuah ponsel. Umumnya, roaming data seperti ini akan bekerja ketika seseorang tidak dapat menggunakan koneksi yang berada di luar area jangkauan.

Sementara itu, untuk membantu kamu dalam memahami apa yang dimaksud dengan roaming data secara lebih baik lagi, di sini kami akan membagikan penjelasan lengkapnya yang bisa kamu pahami dengan mudah.

Apa itu roaming data?

Saat ini sudah ada banyak paket roaming data yang dipromosikan secara langsung oleh media TV, internet, maupun surat kabar. Pada dasarnya, roaming data adalah layanan internet yang bisa kamu gunakan untuk tetap terhubung ke internet ketika sedang berada di area yang tidak terjangkau jaringan seperti di luar negeri. Untuk memahami tentang internet lebih dalam, kamu bisa membacanya di sini.

Cara kerja roaming data akan menggunakan jaringan dari provider lain (bukan provider yang sedang kamu gunakan seperti telkomsel, indosat, dll) yang memang tersedia di wilayah kamu berada pada saat itu.

apa itu roaming data
Roaming data dibutuhkan di luar negeri

Sebagai contoh, ketika kamu menggunakan layanan dari salah satu provider di Indonesia, dan setiap harinya kamu selalu memakai kartu SIM tersebut di ponsel kamu untuk mengakses internet. Kemudian, tiba-tiba kamu harus pergi ke luar negeri untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Tentu ketika kamu sudah sampai di negara tersebut, sinyal dari provider yang kamu gunakan akan seketika hilang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat lokasi di mana kamu berada tersebut sudah di luar jangkauan area provider milik kamu. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa memanfaatkan fitur roaming data yang ada di ponsel kamu.

Sebelum berangkat ke luar negeri, pastikan kamu sudah membeli paket roaming data dari provider kamu kemudian mengaktifkannya di hp kamu. Setiap provider menawarkan paket yang berbeda-beda. Perlu dicatat bahwa harga dari roaming data akan lebih mahal dari data internet yang biasa kamu gunakan.

Ketika kamu berada di luar jangkauan provider dalam negeri, provider dari negara tujuan yang sudah bekerja sama dengan provider dalam negeri akan memberikan akses internet kepada kamu apabila kamu sudah mengaktifkan roaming data.

Apa fungsi data roaming?

Setelah memahami apa itu roaming data, disini saya akan menjelaskan fungsi-fungsi dari roaming data itu sendiri. Untuk mengetahui apa saja beberapa hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan fitur roaming data ini, simak dengan baik informasi lengkapnya berikut ini:

1. Mengirim SMS

Perlu kamu ketahui bahwa fitur roaming data yang kamu aktifkan ketika sedang berada di area luar jangkauan, bisa membantu kamu mengirim pesan SMS ke orang lain. Sehingga, ketika kamu sedang berada di luar area jangkauan, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mengirim SMS penting ke keluarga, teman, atau pun pasangan kamu.

2. Mengirim MMS

Meski saat ini sudah lebih jarang orang yang suka mengirim MMS, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa di antaranya yang tetap gemar melakukan aktivitas ini. Dalam hal ini, fitur roaming data juga sebenarnya dapat membuat kamu tetap bisa mengirim MMS meski sedang berada di area luar jangkauan provider.

3. Menelepon

Meskipun kamu sedang berada di area luar jangkauan dari provider yang kamu gunakan, kamu tetap bisa menelepon orang-orang, seperti keluarga, teman, sahabat, dan juga pasangan, dengan menggunakan dengan menggunakan roaming data.

4. Melakukan video call

Saat ini, ada begitu banyak orang yang lebih suka video call dibanding audio call. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat video call itu sendiri dapat memberikan kesempatan kepada kamu untuk melihat langsung lawan bicara.

Umumnya, untuk bisa melakukan aktivitas ini Anda akan membutuhkan sinyal yang kuat. Namun, bagaimana jika Anda sedang berada di area luar jangkauan? Tenang saja, kamu bisa menggunakan roaming data untuk melakukannya.

5. Tersambung ke jaringan internet

Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan di beberapa paragraf sebelumnya bahwa dengan menggunakan fitur roaming data seperti ini, kamu tetap bisa tersambung dengan jaringan internet yang stabil.

Jadi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan akses internet ke media sosial ketika sedang berada di area luar jangkauan provider yang kamugunakan.

Akhir Kata

Nah sampai di sini kamu mungkin sudah memahami tentang apa itu roaming data dan fungsinya. Jadi, kamu tidak akan merasa bingung lagi ketika ada orang-orang di sekitar kamu yang sedang membicarakan fitur ini. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah dalam mengatasi permasalahan jaringan internet yang terjadi ketika kamu sedang berada di area luar jangkauan provider.

Tinggalkan komentar