7 Situs Pembuat Blog Gratis Terbaik dan Populer yang Perlu Anda Coba

Banyak platform situs pembuat blog gratis yang tersedia saat ini. Mulai dari yang sekedar sebagai tempat menulis biasa atau bahkan sebagai blog profesional. Cara membuatnya juga mudah, Anda hanya perlu mendaftar akun melalui email. Kemudian membuat blog, pilih tema dan terakhir tulis konten.

Melalui platform ini Anda tidak hanya bisa menulis artikel, bahkan bisa juga mengatur tampilan dan custom domain sendiri.

Daftar situs penyedia blog gratis terbaik dan populer

Berikut ini beberapa platform situs untuk membuat blog gratis yang bisa Anda coba:

1. WordPress.com

WordPress adalah platform pembuat website yang sangat terkenal saat ini. Sekitar 42% web yang ada di buat menggunakan WordPress. Nah WordPress sendiri ada dua yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Platform situs yang bisa kita gunakan membuat blog gratis adalah WordPress.com.

Cara membuat blog di WordPress juga mudah. Anda hanya perlu daftar dengan akun email, tentukan nama blog, dan pilih langganan Free. Tunggu beberapa saat hingga blog berhasil dibuat.

Kelebihan membuat blog menggunakan WordPress.com adalah proses pembuatannya yang mudah. Tema yang disediakan juga bervariasi dan bisa diatur dengan beberapa klik saja.

situs blog gratis di wordpress

Tidak hanya bisa mengatur tampilan web, Anda juga bisa mengganti domain wordpress.com dengan domain Anda sendiri. Sehingga web yang Anda buat akan tampak lebih professional dan mudah diingat.

Sedangkan kekurangan dari wordpress.com adalah kita tidak bisa menginstall plugin dan tema sendiri. Anda harus berlangganan minimal paket bisnis supaya bisa melakukannya. Kemudian kita juga tidak bisa menggunakan iklan Adsense. Hal ini wajib Anda pertimbangkan jika kedepannya ingin memonetisasi konten.

2. Blogger.com

Blogger adalah platform blogging yang sudah ada sejak 2003 dan dikembangakan oleh Google. Pada umumnya url blog yang dibuat dengan blogger.com akan memiliki akhiran url blogspot.com. Tapi kita juga bisa mengubahnya dengan melakukan custom domain sendiri.

Menurut saya platform ini merupakan salah satu platform blog terbaik. Karena selain gratis, jaminan keamanan dan integrasi dengan produk google lainnya (termasuk Adsense) akan membuat platform ini jauh lebih unggul dibanding lainnya. Tidak hanya Adsense, kita juga bisa monetisasi web dengan jaringan iklan apapun, baik itu mgid, adnow, adsterra dll.

Kemudian dari segi tampilan, web di blogger juga bisa dimodifikasi sesuka hati. Hanya saja, minimal kita harus tahu kode css. Karena modifikasi kebanyakan masih dilakukan secara manual dengan kode.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu agak sulit bagi pemula yang tidak tahu css untuk memodifikasi tampilan blog. Namun tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak template blogger yang bisa Anda pilih secara gratis di luar sana. Desainnya juga tidak kalah menarik dengan web professional yang berbayar.

3. Medium.com

Medium adalah salah satu platform penerbitan online gratis yang diluncurkan pada Agustus 2012. Situs ini dikembangkan oleh Evan Williams selaku mantan co-founder blogger dan twitter.

Berbeda dengan dua platform sebelumnya, di Medium kita lebih berfokus pada tulisan dibandingkan tampilan web. Banyak penulis yang tertarik dengan medium karena desainnya yang simple, bersih dan mudah digunakan. Baik itu penulis amatir hingga media besar, mereka juga menulis di Medium.

Kemudian untuk masalah monetisasi, Medium tidak mengizinkan penggunanya untuk memasang iklan apapun. Jadi penghasilan yang bisa Anda dapatkan jika membuat blog di Medium adalah dari Medium Partner Program (MPP) saja. Sistemnya adalah dengan mendistribusikan uang langganan anggota premium medium ke artikel yang dibacanya (artikel yang terdapat tanda bintang).

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan Medium untuk keperluan branding dan layanan digital marketing. Ya, kita tahu sendiri kekuatan situs medium seperti apa di mesin pencarian.

4. Weebly.com

Weebly adalah web builder yang bisa Anda gunakan untuk membuat website tanpa perlu skil coding. Semua desain dilakukan dengan drag and drop saja. Sehingga sangat memudahkan pemula yang baru belajar cara membuat website.

Tema yang disediakan juga bervariatif, mulai dari blog biasa, portofolio, bisnis, personal, event bahkan hingga woocommerce. Semua itu bisa di edit dengan mudah tanpa bersentuhan dengan kode.

situs penyedia blog gratis weebly

Di Weebly, Anda juga bisa melakukan custom domain. Namun sayangnya, kita harus upgrade paket terlebih dahulu jika ingin melakukannya. Biayanya sekitar 5 dollar perbulan.

Oiya Weebly juga sudah support Adsense. Jadi tidak usah khawatir mengenai masalah monetisasi.

5. Wix.com

Sama halnya dengan weebly, Wix juga menawarkan kemudahan dalam membuat blog bagi pemula. Dengan Wix, Anda bisa membuat website apapun dengan tampilan sesuka hati. Tersedia juga berbagai tema yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

Selain kemudahan dalam desain web, Wix juga sudah mendukung custom domain. Hanya saja versi versi gratisnya tidak mempunyai fitur ini. Anda diharuskan membayar langganan perbulan sebesar 4.5 dollar (tidak termasuk domain).

Kabar baiknya Wix juga sudah bisa diintegrasikan dengan Adsense. Dengan syarat Anda harus menggunakan custom domain.

6. Tumblr.com

Tumblr sebenarnya pernah diblokir di Indonesia karena menjadi tempat penyebaran hal yang tidak pantas. Namun saat ini pemblokiran tersebut sudah dibuka Kembali. Jadi buat Anda yang ingin membuat blog, bisa mencoba platform Tumblr ini.

Menurut saya Tumblr lebih cocok dikatakan sebagai mini blog. Kenapa? Karena kebanyakan orang menggunakannya sebagai sarana sharing foto, video atau story dengan beberapa baris teks saja. Jarang orang yang menggunakan platform ini untuk menulis artikel yang panjang.

Mungkin lebih cocok jika Anda jadikan sebagai portofolio foto atau desain. Dengan melakukan custom domain, maka Anda sudah mempunyai blog portofolio sendiri.

7. Github

Github adalah salah satu gudang online terbesar di dunia yang digunakan untuk manajemen proyek bersama. Bahasa sederhananya Github bisa digunakan sebagai hosting gratis. Termasuk juga digunakan sebagai platform untuk membuat blog. Nantinya alamat blog Anda akan berakhiran github.io.

Buat Anda yang masih pemula dalam web, tidak saya sarankan untuk menggunakan platform Github. Github ini lebih cocok buat orang IT atau web development yang ingin membangun portofolio dirinya.

Hal ini karena proses pembuatannya yang bisa dibilang susah-susah gampang. Namun jika Anda tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru.

Kelebihan yang dimiliki github adalah kita bisa melakukan custom domain tanpa biaya hosting, dan juga support Adsense. Sedangkan kekurangannya adalah user interface yang tidak ramah untuk pemula. Karena memang Github didesain untuk para programmer.

Kesimpulan

Jadi situs mana yang sebaiknya digunakan untuk membuat blog?

Semua situs di atas sama-sama gratis. Hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah kemudahan, dan kemungkinan untuk monetisasi kedepannya. Apabila baru awal mulai menulis di blog, saya sarankan Anda membuatnya menggunakan platform Blogger.

Karena Blogger menjanjikan flexibilitas yang lebih tinggi dibandingkan platform gratis lain. Berikut beberapa alasan kenapa saya memilih blogger:

  • Custom domain tanpa bayar hosting.
  • Support semua jenis jaringan iklan.
  • Bisa ganti tema sesuka hati (meskipun bukan bawaan platform Blogger).
  • Aman tanpa batasan kuota.

Untuk perbandingan situs platform blog gratis lainnya, silahkan lihat di tabel berikut ini:

IndikatorWordPress.comBloggerMediumWeeblyWixTumblrGithub
PembuatanMudahMudahMudahMudahMudahMudahAgak Sulit
AdsenseTidakSupportTidakSupportSupportSupportSupport
Custom domainYaYaYaYa (Upgrade)Ya (Upgrade)YaYa
Custom desainMudahAgak SulitMudahMudahMudahMudahSulit

Tinggalkan komentar