8 Pilihan Aplikasi Terbaik untuk Belajar Anak TK dan SD

Kini orang tua harus memberikan pendidikan di rumah bagi anak dengan melibatkan teknologi.

Melalui berbagai macam aplikasi di smartphone orang tua jadi lebih mudah untuk mengajarkan anak belajar, seperti yang dikutip website BelokBelok.com.

Khusus anak TK ada banyak sekali aplikasi gratis yang bisa diunduh. Semua aplikasi ini memberikan banyak materi pembelajaran mulai dari berhitung, menulis atau membaca. Sebagian besar aplikasi bahkan menyuguhkan berbagai game menarik untuk diikuti.

Aplikasi Belajar Anak TK and SD Terbaik Jadi Favorit

Bagi Anda orang tua yang tak ingin kebingungan mencari materi belajar, aplikasi online ini bisa jadi alternatif yang tepat untuk belajar di rumah.

1. Quick Maths

Matematika adalah pelajaran pokok yang harus dipelajari kebanyakan anak-anak. Sayangnya banyak anak-anak yang tak suka dengan mata pelajaran ini. Supaya anak-anak suka sebaiknya perkenalkan matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan sejak dini.

Melalui aplikasi Quick Math, anak-anak akan belajar materi matematika dasar. Aplikasi ini akan mempersiapkan anak TK supaya paham hitungan dasar dan siap untuk masuk ke Sekolah Dasar. Pembelajarannya bukan hanya dalam bentuk angka namun jua gambar yang membuat lebih menarik.

2. Belajar Budaya Nusantara

Kenalkan anak Anda dengan berbagai budaya tradisional yang ada di nusantara. Mengenali budaya sendiri sangat penting untuk mengetahui asal usul. Melalui aplikasi ini anak-anak akan mengenali berbagai pakaian adat, rumah adat. tarian dan masih banyak lagi.

Semua disajikan dalam bentuk kartu bergambar yang bisa ditebak oleh anak-anak dan dipilih. Anda tinggal membuka dan mendampingi anak selama mereka menggunakan aplikasi.

3. Belajar Menulis Huruf dan Angka

Bagi anak TK belajar mengenali huruf serta angka adalah materi yang harus dikuasai setelah lulus nanti. Tujuannya agar bisa siap melanjutkan kegiatan membaca lancar di tingkat SD.

Aplikasi ini akan membantu Anda agar anak TK belajar bagaimana menulis huruf serta angka. Melalui touchscreen pada smartphone, anak-anak bisa mengikuti bentuk yang sudah disediakan untuk belajar menulis.

4. Marbel Lancar Membaca

Selain kemampuan menulis, anak TK juga harus mulai belajar membaca. Pembacaan suku kata harus mulai dipelajari dan aplikasi ini adalah yang paling tepat. Karena kemampuan lancar membaca suku kata menjadi dasar agar lancar membaca kalimat panjang.

Menariknya dari aplikasi ini bukan hanya memperlihatkan tampilan huruf saja tetapi juga animasi yang membuat kegiatan membaca lebih menyenangkan. Selain itu aplikasi ini juga memperdengarkan audio cara membaca yang benar agar anak bisa menirukannya.

5. Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris kini sudah mulai dipelajari oleh anak Sekolah Dasar. Asyiknya aplikasi ini adalah bukan hanya menawarkan materi bahasa Inggris dari alfabet tetapi juga dalam permainan. Ada banyak kartu-kartu menarik dengan gambar untuk bisa dihafalkan.

Belajar sambil bermain adalah ciri khas dari aplikasi ini yang akan membuat anak betah untuk terus belajar. Jenis permainan yang disediakan juga bervariasi jadi bisa tinggal dipilih saja.

6. Lagu Anak-Anak

Belajar mengenal musik paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi ini sangat menyenangkan sebagai hiburan setelah belajar membaca, menulis atau bahasa Inggris. Lagu anak-anak yang tersedia seperti Burung Kutilang, Balonku Ada Lima atau Dua Mata Saya dan masih banyak lagi.

Anak-anak bisa menirukan cara bernyanyi karena ada tampilan teks yang juga membantu untuk belajar membaca. Ditambah lagi ada animasi-animasi yang sangat menarik perhatian.

7. Suara Hewan

Anak TK memiliki waktu belajar sambil bermain lebih banyak dibandingkan anak SD. Salah satu media untuk belajar dan bermain adalah mengenali suara hewan. Media ini cocok juga digunakan untuk anak usia 1 sampai 5 tahun.

Aplikasi ini mengajarkan anak untuk mendengarkan suara hewan dengan grafik lucu. Uniknya lagi aplikasi ini tersedia bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja tetapi 14 bahasa lainnya.

8. Marbel Belajar Profesi

Ingin memperkenalkan profesi yang bisa menjadi cita-cita anak nanti? Pilih aplikasi yang bisa digunakan untuk mengenalkan berbagai macam profesi dalam bentuk animasi. Ditambah lagi ada narasi yang menerangkan fungsi dari masing-masing profesi.

Dalam game ini juga diperkenalkan beberapa permainan menarik seperti tebak gambar, kartu ingatan hingga puzzle jigsaw.

Tinggalkan komentar