Cara Membuat Sound of Text WA dengan Mudah

Jika kamu sudah bosan dengan notifikasi WA yang original, maka bisa mengganti notifikasi tersebut dengan memanfaatkan sound of text WA. Pada layanan ini kamu akan ditawarkan dengan beragam fitur yang dikhususkan untuk membuat suara notifikasi unik sesuai imajinasi kamu.

Baca juga: Trik Tersembunyi di Whatsapp

Hasilnya, tentu saja sangat menarik dikarenakan notifikasi dari aplikasi WhastApp yang kamu miliki berbeda dengan yang lain. Selain itu, proses pembuatan untuk suara notifikasi ini juga tergolong sangat praktis sehingga memudahkan kamu sebagai orang awam untuk melakukannya.

Cara Membuat Sound of Text WA dari Website

Saat ini terdapat banyak situs online yang menawarkan fungsi sebagai pengubah teks menjadi suara. Kemampuan ini lebih dikenal sebagai sound of text yang sering digunakan untuk nada dering ataupun notifikasi dari pesan lainnya. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan situs tersebut karena dijamin aman.

Selain itu, beberapa situs juga tidak memerlukan akses login sehingga kamu dapat menggunakannya secara bebas. Beberapa situs ini juga sangat terkenal karena kemudahannya dalam proses pengoperasian.

Di bawah ini beberapa situs sound of text yang bisa kamu gunakan untuk membuat nada dering WA ataupun yang lainnya.

1. Sound of Text

Sound of Text merupakan salah satu layanan berbasis website yang memiliki fungsi untuk membuat berbagai notifikasi suara unik. Website ini sangat terkenal dan banyak dipilih oleh pengguna dalam membuat nada dering untuk mengubah teks menjadi pesan suara.

Baca juga: Cara Kirim Video Ukuran Besar di WA

Layanan ini memiliki fungsi dan suara yang hampir sama pada Google Translate. Hal yang membuatnya berbeda, yakni kamu dapat mengunduh suara tersebut dan mengubah formatnya menjadi MP3. Adanya fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis suara yang bisa dijadikan sebagai notifikasi.

Cara Membuat Suara Notifikasi Via Sound of Text WA

Pada dasarnya, cara membuat suara atau nada dering melalui situs sound of text ini tergolong sangat mudah. Hal ini juga terlihat dari tampilan website yang sangat sederhana dan minimalis. Cukup memasukkan kata yang ingin dijadikan suara notifikasi dan pilih opsi untuk jenis suara yang kamu inginkan.

Berikut ini beberapa langkah dalam menggunakan Sound of Text untuk membuat nada dering.

  • Langkah pertama kamu bisa membuka terlebih dahulu situs https://soundoftext.com melalui aplikasi browser yang ada di perangkat HP ataupun laptop.
  • Setelah halaman utama tampil, geser sedikit ke bagian bawah tepatnya di kolom “Text” dan “Voice”.
  • Pada kolom “Text” kamu bisa memasukkan kata-kata yang nantinya akan dijadikan suara. Pastikan bahwa karakter yang kamu tulis tidak lebih 200 huruf.
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih jenis suara yang ingin dipilih. Perlu diketahui bahwa masing-masing negara memiliki jenis dan ciri khas yang berbeda. Jika kamu ingin mendapatkan suara seperti Google Terjemahan, maka bisa memilih negara English (United States).
  • Berikutnya, klik tombol “Submit” untuk melihat hasil dari teks suara yang telah kamu buat.
  • Jika sudah, maka pada bagian bawah akan tampil kolom baru yang berisikan suara dari teks tersebut. Kamu dapat memutarnya dengan cara menekan tombol “Play” dan apabila ingin mengunduhnya klik “Download” yang ada di bagian samping.
    sound of text wa

2. Botika (Text to Speech)

Situs website lainnya yang dapat kamu gunakan sebagai sound of text WA adalah Botika. Situs kecerdasan buatan atau Natural language Processing ini dikembangkan oleh developer asli orang Indonesia. Hadir dan diluncurkan sejak tahun 2017, membuat website ini telah memiliki banyak pengguna.

Menariknya, situs ini bisa kamu akses tanpa perlu login atau mendaftarkan akun terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakannya secara bebas dengan batas 10.000 karakter. Tentu saja ini termasuk sangat cukup bagi kamu yang hanya ingin membuat suara notifikasi.

Tidak hanya itu, Botika juga hadir untuk pengguna HP Android dalam bentuk aplikasi. Kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut di Google Playstore. Namun, untuk kamu pengguna iOS atau iPhone perlu cukup bersabar dikarenakan Botika perlu support untuk sistem operasi tersebut.

Cara Membuat Suara Notifikasi Via Botika (Text to Speech)

Perlu diketahui bahwa Botika tidak hanya hadir sebagai situs pengubah teks menjadi suara. Terdapat enam produk lainnya yang cukup terkenal dan telah banyak dipilih oleh berbagai pengguna. Meski demikian, cara untuk membuat notifikasi atau nada dering dari Botika termasuk sangat mudah.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat nada dering dari Botika seperti di bawah ini.

  • Langkah pertama kamu bisa mengunjungi website https://botika.online melalui situs browser yang ada di perangkat HP ataupun laptop.
  • Pada halaman utama dari situs website Botika, kamu bisa memilih menu navigasi “Products” yang ada di samping menu “About us”.
  • Berikutnya, pilih fitur “Text of Speech” dan klik “Learn More” untuk mengakses fitur tersebut.
  • Pada halaman baru ini kamu akan diperlihatkan dengan tampilan yang hampir sama dengan Sound of Text. Kamu perlu memasukkan kata yang ingin diubah menjadi suara dan pilih jenis suara yang diinginkan.
  • Terdapat dua jenis suara yang bisa kamu pilih, yakni “Female 1” dengan Mature dan Professional serta “Female 2” dengan Youngster dan Fast.
  • Selanjut, klik kolom kotak Captcha yang ada dibagian bawah untuk memastikan bahwa kamu bukan robot.
  • Terakhir, kamu bisa memutar suara tersebut dan melakukan unduhan untuk menyimpannya secara offline.
    sound of text wa botika

3. FakeYou

Situs lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai sound of text WA adalah FakeYou. Hadir dengan beragam kelebihan membuat situs ini juga banyak dipilih oleh pengguna. Salah satunya, yaitu pengubah teks menjadi suara anime yang unik dan lucu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih 1815 jenis suara lainnya secara gratis.

Baca juga: Cara Membuat Link WA

Situs ini dibangun dengan PayTorch dan Kubernetes yang memungkinkan pengguna dalam mengubah teks dan menjadi suara. Hebatnya, lagi di FakeYou kamu bisa menjadi contributor dalam menambahkan jenis suara. Kamu bisa mendaftarkan akun terlebih dahulu untuk menjadi contributor di FakeYou.

Cara Membuat Suara Notifikasi Via FakeYou

Cara membuat suara untuk notifikasi WhatsApp atau sound of text WA ini juga hampir sama dengan situs-situs sebelumnya. Pada situs ini kamu juga tidak perlu melakukan login untuk mengakses fitur tersebut.

Di bawah ini cara dalam menggunakan FakeYou sebagai pengubah teks menjadi suara.

  • Kamu bisa mengunjungi terlebih dahulu situs website https://fakeyou.com melalui laman browser.
  • Pada halaman utama kamu akan dihadapkan langsung dengan tampilan website dengan tulisan Text of Speech.
  • Di bagian kolom pertama, kamu bisa memilih kategori untuk jenis suara yang akan digunakan pada teks, seperti Anime, Cartoons dan lain sebagainya.
  • Berikutnya, kamu bisa memilih suara dari berbagai orang karakter yang terkenal, seperti Donald Trump, Chris Hansen hingga Bill Gates.
  • Selanjutnya, kamu dapat memasukkan teks pada bagian kolom bawah yang paling besar dari kolom sebelumnya. Menariknya, pada kolom ini tidak memiliki batasan untuk jumlah karakter.
  • Terakhir, kamu bisa menekan tombol “Speak” agar bisa memutar dan mengunduh hasil suara dari teks tersebut.
    fake you - sound of text wa

4. Myinstants

Jika kamu ingin mencari sound of text WA untuk notifikasi yang instan, maka situs ini wajib untuk kamu kunjungi. Pasalnya, kamu akan menemukan berbagai sound unik yang mungkin sering didengar Tidak hanya itu, Myinstans juga menyediakan ratusan sound trending yang ada di Indonesia.

Menariknya, kamu juga bisa menambahkan sound yang dibuat secara original dan mengunggahnya ke situs Myinstans. Tentunya, sound of text WA ini bisa diunduh oleh pengguna lainnya secara bebas.

Cara Download Suara Notifikasi via Myinstans

Pada cara download sound di Myinstans tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari sound yang diinginkan, kemudian klik tombol download yang ada di bagian bawah. Otomatis sound tersebut akan disimpan pada perangkat secara offline dan bisa kamu gunakan sebagai nada dering ataupun notifikasi pesan.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengunduh sound of text WA di situs Myinstans yang bisa kamu ikuti.

  • Langkah pertama, kamu bisa mengunjungi website https://myinstans.com melalui perangkat laptop ataupun HP.
  • Pada bagian halaman pertama, kamu akan diperlihatkan dengan banyak sound trending yang ada di Indonesia. Kamu dapat memilih ataupun mencari sound secara langsung melalui fitur pencarian yang ada di kolom atas.
  • Jika sudah menemukan sound yang kamu inginkan, klik judul dari sound tersebut.
  • Berikutnya akan tampil halaman baru yang menyediakan banyak tombol.
  • Kamu bisa klik tombol “Download MP3” untuk mengunduh sound tersebut agar bisa digunakan pada nada dering ataupun notifikasi pesa di perangkat HP.
    myinstans sound of text wa

Cara Menggunakan Sound of Text WA Pada HP

Setelah berhasil membuat sound of text WA yang kamu inginkan, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan nada dering WA tersebut pada notifikasi WhatsApp. Pada proses ini bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa perlu memasang aplikasi tambahan ataupun pihak ketiga.

Hal ini dikarenakan aplikasi WhatsApp memang mengizinkan pengguna untuk mengganti nada dering WA tanpa ada batasan. Kamu hanya perlu masuk ke pengaturan HP dan mengganti sound default dengan sound yang sebelumnya telah berhasil di unduh dan disimpan.

Jika kamu merasa bingung untuk pengaturan tersebut, maka bisa mengikuti panduan lengkap yang ada di bawah ini.

  • Cara pertama kamu dapat masuk terlebih dahulu ke bagian menu “Pengaturan” atau Settings yang ada di HP.
  • Kemudian, masuk ke opsi menu “Sound & Vibration” dan klik submenu “Ringtone”.
  • Pada tampilan baru ini kamu bisa menekan ikon tambah yang ada di bagian atas untuk menambahkan sound yang sebelumnya sudah di unduh.
  • Berikutnya, pilih sound yang ingin kamu tambahkan pada “Ringtone.
  • Jadikan sound yang kamu pilih sebagai ringtone default perangkat agar suara notifikasi sebelumnya bisa berubah.

Pada dasarnya, cara ini bisa kamu terapkan pada semua merek HP Android. Hanya saja mungkin terdapat sedikit perbedaan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan perangkat HP yang dimiliki. Namun, tetap pastikan bahwa sound yang sebelumnya kamu unduh memiliki format MP3.

Hadirnya sound of text WA ini menjadi alternatif terbaik bagi kamu yang mungkin bosan dengan ringtone default yang ada di perangkat HP. Kamu bisa mencoba berbagai jenis suara dengan teks yang unik. Tidak hanya itu, semua situs ini juga bisa kamu akses secara bebas dan gratis tanpa ada biaya sedikitpun.

Tinggalkan komentar