tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Kumpulan Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline Paling Mudah

1 min read

Memperkecil pdf online dan offline

Cara memperkecil ukuran file pdf adalah suatu hal yang sangat sangat dibutuhkan oleh banyak orang sekarang ini. Banyak lamaran kerja dan formulir online yang mengharuskan kita untuk mengupload file pdf dengan ukuran yang kecil. Artikel ini saya buat sebagai jawaban sekaligus rangkuman tentang beberapa cara memperkecil ukuran pdf secara online maupun offline yang sudah saya terbitkan sebelumnya. Ada banyak cara yang saya kumpulkan disini. Silahkan kamu pilih cara mana yang paling mudah dan pastinya hasilnya bagus.

1. Cara memperkecil ukuran file pdf menjadi 300 kb

Jika kamu seorang CPNS pasti akan membutuhkan cara ini. Biasanya jika kita melakukan pendaftaran secara online seperti CPNS, kita akan diminta untuk mengupload berkas dalam bentuk pdf dan ukurannya tidak boleh melebihi 300 kb. Maka cara ini adalah cara paling mudah dan pilihan terbaiknya.

Pada artikel tersebut saya menyajikan dua pilihan yaitu secara online maupun offline. Pastinya cara yang saya berikan adalah cara mudah dengan kualitas kompres tidak buruk.

2. Cara terbaik memperkecil atau mengurangi ukuran file pdf secara online maupun offline

Cara ini adalah cara terbaik untuk mengurangi ukuran file pdf menjadi lebih kecil. Pada artikel tersebut saya menyajikan dua cara lengkap baik itu kompres secara online maupun offline. Sehingga kamu bebas bisa memilih cara yang paling mudah untuk dilakukan. Cara ini saya katakan cara kompres file pdf terbaik karena mempunyai beberapa kelebihan yaitu:

  1. Dari segi kemampuan kompresnya cara ini sangat efektif. Terbukti dari file hasil scan yang semula 36.8 MB setelah saya perkecil menjadi 3.07 MB saja.
  2. Kualitas file setelah dikompress, terutama gambar masih bagus alias tidak pecah.

Sangat luar biasa bukan?

3. Memperkecil file pdf menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro DC

Cara yang ketiga adalah menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro DC. Adobe Acrobat pro DC ini adalah generasi penerus dari adobe reader. Bedanya dengan generasi sebelumnya yaitu aplikasi ini mempunyai segudang tools edit pdf mulai dari kompres, edit, menggabungkan file dan lainya.

Cara menggunakannya juga sangat mudah silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasinya
  2. Klik menu tools, dan ketikkan optimize pdf.
  3. Selanjutnya akan tampil tiga pilihan untuk memperkecil pdf yaitu reduce file size, Advanced Optimization, dan Optimize Scanned pages. Pilih reduce file size kemudian akan ada kotak dialog muncul klik OKE saja.
  4. Pilih tempat penyimpanannya kemudian klik save, silahkan tunggu sampai proses selesai.

Kamu juga bisa memilih Advanced Optimization untuk hasil kompres yang lebih baik dengan mengurangi parameter downsample dan kualitasnya serta memilih setting custom.

memperkecil ukuran pdf di Adobe acrobat dc

Catatan penting yang harus diperhatikan agar berhasil memperkecil file pdf dan formatnya tidak buruk adalah file yang dikompres harus file pdf asli bukan hasil compres dari aplikasi lain.

Sekian kumpulan cara memperkecil ukuran file pdf, semoga bermanfaat.

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *