Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Hasil Scan Hingga 91%

Cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan merupakan pengetahuan yang wajib kita ketahui. Terutama bagi mahasiswa yang sering bergelut dengan file dokumen. Dari sekian banyak cara di internet, saya menyimpulkan ada dua cara yang paling baik untuk mengecilkan ukuran file pdf.

Kenapa cara ini saya katakan terbaik?

  1. Dari segi kemampuan kompresnya cara ini sangat efektif. Terbukti dari file hasil scan yang semula 36.8 Mb, setelah saya perkecil menjadi 3.07 Mb saja (berkurang 91.6%).
  2. Kualitas file setelah dikompress, terutama gambar masih bagus alias tidak pecah.

Itulah alasan dasar saya sehingga mengelompokkan dua cara ini kedalam kategori terbaik. Masih ada banyak cara lain untuk memperkecil ukuran file pdf, namun tidak semua memiliki hasil yang bagus. Cara ini juga yang selama ini sering saya gunakan untuk mengecilkan ukuran setiap dokumen pdf yang saya buat.

Kenapa kita perlu memperkecil ukuran file pdf?

Alasan yang paling utama adalah agar file tersebut mudah kita kirim dan tidak membebani kinerja komputer saat membukanya. Bayangkan saja apabila kita menyatukan banyak file gambar hasil scan ke pdf. Satu gambar saja ukurannya hampir 1 Mb, kalau ada 30 file yang discan berarti sekitar 30mb. Padahal apabila dikompres ukurannya tidak sampai 3 mb.

Apabila kamu mempunyai file gambar hasil scan yang telah diubah ke dalam pdf, kamu wajib menggunakan cara ini terlebih dahulu sebelum mengirim file tersebut. Lumayan untuk hemat kuota! 😀

Cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan

1. Cara mengecilkan pdf hasil scan secara online

Apabila kamu sedang terburu-buru untuk mengirim file tersebut dan mencari cara untuk memperkecilnya, saya sarankan mengunakan smallpdf.com. Cara ini tentu membutuhkan akses internet. Kamu harus relakan beberapa MB kuotamu untuk melakukan ini.

Mengenai hasilnya jangan diragukan, sudah banyak review mengenai aplikasi gratis ini. Namun belum ada yang menuliskan kesan buruk. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs smallpdf. Kemudian klik “pilih file” (cari file pdf yang ingin diperkecil ukurannya). Tunggu beberapa saat hingga file berhasil terunggah dan terkompres. Lama tidaknya tergantung dengan besar file pdf yang diunggah dan kecepatan internet yang digunakan.

Kemudian pilih “Kompresi Dasar” (ini versi gratisnya karena sekarang ada yang berbayar) dan klik “Pilih Opsi”. Terakhir silakan klik “Unduh” untuk mendownloadnya.

2. Cara memperkecil pdf hasil scan secara offline

Cara ini sangat berguna apabila file pdf yang ingin dikompres berukuran ratusan Mb. Apabila hanya puluhan Mb kita bisa memanfaatkan tools online, namun kalau ukurannya sudah mencapai ratusan Mb masih mau memperkecilnya secara online? Yang ada kuota langsung jebol seketika! Beruntung juga kalau jaringannya lagi bagus.

Nah, buat kamu yang mempunyai file pdf dengan ukuran besar lebih baik menggunakan cara ini. Namun kamu terlebih dahulu harus menginstall aplikasinya yaitu pdf compressor versi pr0.

Silahkan cari di internet banyak kok aplikasinya. Saya belum sempat upload dikarenakan jaringan dikampung yang tidak memungkinkan. Sebenarnya tidak terlalu besar filenya yaitu sekitar 9 Mb saja. Namun kondisi jaringan disini tidak memungkinkan.

Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu:

  1. Buka aplikasi tersebut
  2. Klik pada Add pada pojok kiri atas
  3. Cari filenya setelah itu klik start
  4. Tunggu hingga proses selesai

cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan dengan pdf compressor

Jika cara di atas tetap tidak berhasil, silahkan gunakan cara memperkecil pdf dengan hasil jauh lebih kecil.

Itulah cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan yang paling bagus semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment