Microsoft Office Button: Pengertian dan Fungsinya

Pernah menggunakan office 2007? Anda tentu masih ingat dengan yang namanya Office Button. Tombol ini terletak di pojok kiri atas lembar kerja office 2007, baik itu Word, Excel, maupun PowerPoint.

Uniknya Office button hanya ada di versi office 2007 saja. Karena di versi terbarunya Microsoft mengganti menu ini dengan menu File. Namun fungsinya pada dasarnya masih sama.

Buat Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai office button, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan office button?

Pengertian Office button adalah sebuah tombol dengan logo office yang berada di pojok kiri atas. Tombol ini memiliki 9 fitur utama yakni New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.

Sebutan ini muncul pertama kali pada office 2007 baik itu di Microsoft Word, Excel dan PowerPoint. Namun setelah versi 2007 hingga versi terbarunya yakni Office 2019, tombol Office ini dihilangkan. Digantikan dengan menu File di pojok kiri atas dengan fungsi yang lebih kompleks.

Berikut adalah gambar dari Office button:

Gambar Office Button

Fungsi office button dan Menunya

Fungsi Office button pada dasarnya adalah untuk memudahkan kita dalam mengerjakan beberapa hal dasar seputar office seperti membuat, membuka, menyimpan, mencetak dll.

Apabila kita mengklik Office button, maka akan muncul beberapa menu tambahan yang memiliki fungsi tertentu. Fungsi menu tersebut baik itu di Microsoft Excel, Word maupun PowerPoint semuanya sama. Tidak ada yang membedakan antara tombol Office di PowerPoint, Excel dan Word.

Menunya juga tetap ada 9 mulai dari New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.

Menu Office button

Berikut penjelasan fungsi dari masing-masing menu tersebut:

1. New

Menu ini berfungi untuk membuat file dokumen baru. Anda juga dapat mengakses menu ini dengan shortchut CTRL+N.

2. Open

Menu ini berfungsi untuk membuka file dokumen baik itu Word, Excel dan PowerPoint. Anda juga dapat menggunakan shortchut CTRL+O untuk membuka dokumen.

3. Save

Menu save berfungsi untuk menyimpan perubahan dokumen pada file yang sama. Misalnya ketika kita mngedit sesuatu pada dokumen Word dan ingin menyimpan perubahan tersebut, maka kita bisa menggunakan menu Save (CTRL+S).

4. Save as

Menu ini juga berfungsi untuk menyimpan dokumen. Hanya saja bedanya menu Save as menyimpan dokumen sebagai file baru. Sebagai contoh misalkan kita saat ini mengedit file dokumen A, kemudian kita tidak ingin file aslinya tersebut berubah. Maka kita perlu menyimpannya sebagai file baru dengan cara Save as.

5. Print

Menu Print berfungsi untuk mencetak dokumen ke hard copy (kertas). Ada beberapa pengaturan tambahan di menu ini seperti Print, Quick Print, dan Print Preview.

6. Prepare

Menu ini berfungsi untuk menyiapkan file dokumen sebelum didistribusikan. Secara khusus menu ini membantu kita untuk melihat dan memodifikasi properti dokumen. Seperti nama Author, password dll sebelum dokumen dibagikan ke orang lain.

7. Send

Menu Send berfungsi untuk mengirim atau berbagai file yang diinginkan melalui email dan Fax.

8. Publish

Publish berfungsi untuk mempublikasikan dokumen yang telah dibuat. Office 2007 memberikan kita pilihan untuk publikasi langsung ke Blog, Document Management Server, dan Create Document Workspace.

9. Close

Menu ini berfungsi untuk menutup lembar kerja office. Ini menurut saya menu yang paling Useless di office. Karena kita sebenarnya juga bisa menutup lembar kerja melalui tombol Close (X) di sudut kanan atas dokumen.

Demikian ulasan tentang pengertian dan fungsi menu Office button pada Office 2007. Semoga bisa menjadi referensi khususnya kepada Anda yang mungkin tidak sempat menggunakan versi office ini.

Tinggalkan komentar