Perbedaan Blog dan Website Yang Wajib Kamu Ketahui

Blog dan website merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi kebanyakan pengguna internet. Bagaimana tidak? Saat berselancar atau googling di internet, kita pasti akan mengakses salah satu atau bahkan keduanya.

Akan tetapi, banyak orang yang masih belum mengetahui perbedaan blog dan website. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa kedua hal tersebut adalah hal yang sama, padahal bedanya blog dan website cukup signifikan. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan perbedaan dari blog dan website secara lengkap di artikel ini.

Apa itu Blog?

Blog atau “web log” adalah bagian dari suatu website yang berisi konten informasi terkait topik-topik tertentu, seperti teknologi, kesehatan, otomotif, dan lain-lain.

Biasanya suatu blog hanya membahas satu topik saja, akan tetapi ada juga blog yang fokus pada beberapa topik. Pada halaman utama blog, artikel yang dipublikasi akan terurut secara kronologis dari yang terbaru hingga ke yang terlawas.

Bagi suatu brand, fungsi utama dari blog adalah untuk mendapatkan traffic atau kunjungan blog yang berkualitas dari mesin pencarian Google. Nah, nantinya traffic ini akan sangat berguna bagi suatu brand atau perusahaan, dikarenakan pengunjung blog kemungkinan akan melihat website brand secara keseluruhan dan menjadi pelanggan baru dari brand tersebut.

Itulah definisi dari blog dan penjelasannya secara detail. Berikutnya, saya akan menjelaskan mengenai pengertian dari website.

Apa itu Website?

Website adalah kumpulan halaman web yang terhubung dalam satu domain yang sama. Halaman-halaman web ini adalah halaman online yang bisa kamu akses melalui internet.

Sebagai contoh, tedieka.com adalah suatu website dan kamu sedang melihat halaman web di dalamnya (artikel ini) dengan menggunakan bantuan dari internet.

Website bisa dibuat oleh individual, perusahaan, dan organisasi untuk berbagai tujuan, seperti website pribadi, blog, online shop, profil perusahaan, dan berita. Untuk pembuatan website sendiri pun sudah lebih praktis, karena sudah ada banyak perusahaan web hosting yang menyediakan layanan pembuatan website.

Setelah membaca pengertian dari blog dan website, Anda seharusnya sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang perbedaannya. Tapi kalau masih bingung, di bawah ini saya akan menjelaskan perbedaan blog dan website secara mendalam.

Perbedaan Blog dan Website

Jenis Konten

Perbedaan halaman web dan web blog adalah jenis kontennya. Blog biasa memuat konten informasi atau artikel mengenai topik tertentu. Jenis artikel dalam suatu blog bermacam-macam, contohnya seperti artikel tutorial atau how to, artikel review, artikel opini, dan artikel promosi.

Sedangkan website biasanya berisi informasi lengkap mengenai suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh pemilik website. Selain itu, website juga memuat profil perusahaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan mempromosikan brand.

Pengelola

Kebanyakan blog pada saat ini dikelola oleh individual atau blogger. Ada juga perusahaan yang mengelola blog untuk tujuan bisnis mereka. Akan tetapi, jumlah blog yang dikelola perseorangan lebih banyak dibandingkan yang dikelola oleh brand. Hal ini dikarenakan pembuatan blog saat ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Sedangkan untuk website sendiri biasanya dikelola oleh perusahaan yang ingin melakukan ekspansi bisnis secara online. Perusahaan ini biasanya merekrut tim profesional seperti developer website, desainer website, copywriter, dll, untuk mengelola website mereka.

Arah Komunikasi

Perbedaan blog dan website yang ketiga adalah arah komunikasinya. Blog memungkinkan penulis dan pembaca untuk berinteraksi antara satu sama lain dengan menggunakan fitur komentar yang terdapat di halaman blog. Sehingga komunikasi yang terjadi adalah komunikasi dua arah.

Sedangkan website umumnya tidak memiliki fitur komentar seperti yang ada pada blog, sehingga pembaca tidak bisa memberikan feedback atau umpan balik untuk perusahaan. Oleh sebab itu, komunikasi yang terjadi adalah komunikasi satu arah.

Gaya Bahasa

Salah satu bedanya blog dan website adalah gaya bahasanya. Gaya bahasa yang digunakan di blog cenderung menyesuaikan dengan audiens atau pembaca, sehingga lebih fleksibel. Gaya bahasa yang digunakan di blog cenderung santai dan informal.

Berbeda dengan gaya bahasa yang diterapkan oleh pada website. Umumnya, website akan menggunakan gaya bahasa yang lebih formal, karena gaya bahasa yang formal dapat memberikan kesan yang lebih profesional kepada pengunjung website. Bahasa formal diperlukan perusahaan untuk menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa dengan baik.

Tujuan Pengelolaan

Melanjutkan perbedaan blog dan website, di sini saya akan membagikan informasi terkait tujuan pengelola masing-masing platform. Pertama, kami akan membahas tentang tujuan orang membuat blog, yaitu:

  • Menjangkau target pengunjung yang relevan dengan isi kontennya
  • Menjaring traffic dengan menerapkan sistem SEO atau Search Engine Optimization
  • Mendapatkan pelanggan baru

Jika daftar di atas merupakan tujuan pengelola situs blog, untuk tujuan pengelola platform website sendiri adalah:

  • Memperluas brand awareness dengan menjaring trafik yang bersifat organik
  • Melakukan aktivitas digital marketing untuk meningkatkan keberhasilan suatu strategi bisnis tertentu
  • Menyediakan informasi yang lengkap terkait bisnis perusahaan tertentu

Isi konten

Dikarenakan tujuannya yang berbeda, isi konten dari masing-masing platform tentunya juga berbeda. Isi konten blog lebih berfokus kepada informasi yang bermanfaat mengenai suatu topik. Sedangkan isi konten dari website berfokus pada marketing yang dilakukan oleh perusahaan tertentu.

Intensitas rilis dan update konten

Salah satu perbedaan blog dan website terletak pada intensitas rilisnya. Blog biasanya akan diupdate secara berkala oleh sang penulis atau blogger. Hal ini dikarenakan setiap artikel yang ditulis memiliki potensi untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Sedangkan untuk website sendiri tidak ada ketentuan khusus dalam intensitas pengunggahan konten. Rilis konten cenderung bergantung pada perencanaan atau planning dari tim marketing suatu perusahaan.

Tujuan Berlangganan

Jika suatu blog memiliki konten yang berkualitas mengenai suatu topik, maka pengunjung blog mungkin saja akan mengikuti update dari blog tersebut. Dikarenakan mereka ingin memperluas pengetahuan mereka terkait topik yang dibahas.

Hal ini berbeda dengan pengunjung website yang ingin mengikuti perkembangan mengenai suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Bagaimana Cara Membuat Blog dan Website?

Cara Membuat Website

  • Tentukan jenis website yang ingin dibuat
  • Tentukan CMS yang ingin kamu gunakan seperti Blogger dan WordPress
  • Pilih hosting dan domain sesuai kebutuhan
  • Optimasi website sebaik mungkin, mulai dari tema, sistem keamanan, fitur di dalamnya, dan lain sebagainya

Apabila merasa ribet dan ingin terima beres, kamu dapat menggunakan layanan pembuatan website, contohnya adalah Niagaweb dari Niagahoster Hosting Murah. Niagaweb menyediakan pelayanan pembuatan website untuk berbagai kebutuhan.

Dengan menggunakan jasa ini, kamu tidak perlu pusing lagi mengenai pemilihan hosting dan domain, optimasi website, pemilihan server, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, kamu hanya terima beres. Harga dari layanan ini pun tidaklah terlalu mahal.

Baca juga: Cara Memilih Web Hosting Indonesia

Contoh Blog dan Website

Untuk semakin mengenal perbedaan blog dan website secara lebih jauh lagi, berikut kami berikan beberapa contoh blog yang bisa kamu kunjungi secara bebas, yaitu:

Contoh Blog

Humans of New York

image 4

Anak Jajan

perbedaan blog dan website

Naked Traveler

perbedaan blog dan website

Rumah Inspirasi

image 7

Contoh Website

Hijup

perbedaan blog dan website (contoh website)

Ecofun

image 9

Siemens

image 12

Lukoil

image 11

HSBC

image 13

Akhir Kata

Nah itulah perbedaan blog dan website secara lengkap. Sampai di sini kamu seharusnya sudah memahami bedanya dari blog dan website. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar