tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Apa itu Pembukuan Sederhana? Simak Definisi dan Contohnya Berikut!

1 min read

Aplikasi pembukuan gratis adalah salah satu inovasi saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembukuan secara online. Dalam dunia usaha baik dalam skala besar maupun kecil, pembukuan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan dengan pembukuan Anda bisa mengetahui keuangan usaha, keuntungan maupun kerugian Anda.

Berbicara mengenai pembukuan seperti di aplikasi akuntansi gratis, biasanya erat kaitannya dengan pembukuan sederhana. Pembukuan sederhana adalah suatu kegiatan pencatatan informasi keuangan yang dilakukan secara teratur. Pencatatan tersebut biasanya meliputi harta, kewajiban, modal, pembiayaan, penghasilan, dan jumlah harga barang masuk dan keluar atau juga jasa.

Bagi perusahaan besar pembukuan ini sudah barang tentu mereka lakukan dengan staff akuntan andal mereka yang sudah paham dan mahir dalam melakukan pembukuan. Namun, bagaimana jika bagi usaha menengah dan kecil yang belum tahu betul mengenai proses pembukuan sederhana.

Tenang, bagi Anda yang masih belum mengetahui secara detail mengenai pembukuan, melalui aplikasi pembukuan gratis Anda akan terbantu. Agar anda lebih paham, berikut akan diberikan contoh tentang bagaimana contoh cara pembukuan sederhana berdasarkan jenis-jenisnya, diantaranya yaitu:

1. Contoh pembukuan catatan kas

Dalam pembukuan ini Anda bisa menggabungkan transaksi antara buku kas pemasukan dengan pengeluaran. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui secara detail mengenai berapa keuntungan atau kerugian Anda. Anda juga bisa mengetahui besarnya anggaran perusahaan yang dapat Anda gunakan sebagai perencanaan dan strategi usaha Anda.

Jadi, Anda memiliki cadangan ketika sewaktu-waktu ada pengeluaran yang tidak terduga. Lalu, aspek yang ada dalam pembukuan ini biasanya berisi judul, uraian, tanggal, penerimaan (debit), pengeluaran (kredit), saldo, total dadi debit dan kredit.

2. Contoh pembukuan inventaris barang

Dalam pembukuan itu, tidak hanya keuangan saja yang ditulis melainkan barang juga harus Anda masukkan. Hal-hal yang perlu Anda tulis dalam pembukuan ini meliputi judul, nomor, jenis barang, jumlah barang, tangga pembelian, nomor inventaris, keterangan, dan kolom tanda tangan.

3. Contoh pembukuan persediaan barang

Dengan melakukan pembukuan persediaan barang, Anda bisa mengontrol dan mengawasi persediaan barang yang ada dalam usaha Anda. Dalam pembukuan ini biasanya berisi judul, tanggal, transaksi, nomor, deskripsi, mutasi, dan jumlah stok barang yang tersedia.

Setelah mengetahui mengenai pembukuan sederhana beserta contoh dari pembukuan tersebut, diharapkan Anda yang belum mengetahui tentang pembukuan agar terbantu melalui artikel ini.

Pembukuan perlu Anda lakukan agar usaha Anda bisa termonitor dengan mudah. Ditambah lagi sekarang sudah ada aplikasi pembukuan gratis khususnya aplikasi BukuKas yang bisa Anda akses melalui smartphone.

Aplikasi akuntansi gratis ini dapat digunakan untuk mengatur arus kas Anda dengan lebih baik. Di sana Anda akan mendapatkan panduan secara detail mengenai pembukuan dan trik khusus untuk mengatur keuangan Anda. Selamat mencoba!

tedieka Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, blogger, dll serta mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *